Print this page

Berada di Makassar? Temukan Wisata Edukasi Ramah Anak di Kota ini

20 January 2019
Berada di Makassar? Temukan Wisata Edukasi Ramah Anak di Kota ini

Berekreasi bersama keluarga dipastikan tidak hanya bisa menghadirkan keceriaan, kesegaran dan juga kulitas hubungan antar individu menjadi lebih solid. Tapi ternyata tidak itu saja, berekreasi juga bisa memberikan pendidikan kepada anggota keluarga terutama anak-anak. Sambil berekreasi, juga memberikan edukasi juga tentang sejarah hingga ilmu pengetahuan untuk kehidupan mereka kelak.

Nah, salah satu kota besar di tanah air yang banyak memiliki tempat wisata yang sarat dengan pendidikan di wilayah Indonesia Timur adalah Makassar. Kota ini telah dinobatkan sebagai “Kota Layak Anak” sejak dua tahun lalu, yang ditandai dengan dibangunnya fasilitas-fasilitas yang membantu perkembangan dan pertumbuhan anak. Dengan begitu, anak-anak pun dapat bermain dengan leluasa, aman, serta nyaman. 

Berikut beberapa destinasi wisata di Makassar yang mampu memberikan kesenangan sekaligus pendidikan bagi anak: 

Kawasan Adat Ammatoa

Kawasan Adat Ammatoa adalah tempat yang tepat untuk memperkenalkan kebudayaan lokal terutama kepada anak-anak. Kawasan adat ini, terletak di Kecamatan Kajang, Bulukumba. Di tempat ini wisatawan akan  menemukan penduduk desa yang sangat tradisional dan berpakaian serba hitam. Ini merupakan simbol dari keseragaman dalam keserdahanaan dan kedekatan dengan sang pencipta. 

Masyarakat suku Kajang Dalam yang mendiami daerah itu juga masih menolak arus modernisasi sehingga tidak ada listrik dan hal-hal berbau kehidupan modern. Di kawasan adat ini, selain dapat melihat rumah-rumah adat berbentuk panggung terbuat dari bahan-bahan alam, wisatawan bisa belajar sekaligus mengajarkan ke anak pentingnya melestarikan lingkungan. Sebab suku Kajang Dalam memanfaatkan hutan secara berkelanjutan dan menganggap hutan sebagai sumber kehidupan sehingga perlu dijaga dan dimanfaatkan sewajarnya saja. 

Museum Balla Lompoa

Kerajaan Gowa merupakan salah satu kerajaan terbesar di Sulawesi. Sebelum menjadi bagian dari Indonesia, Kerajaan Gowa telah tumbuh dan berkembang menjadi kerajaan yang kuat, berani, serta makmur. Bahkan mampu memberikan perlawanan yang sengit kepada VOC yang dilengkapi dukungan persenjataan yang lebih canggih. 

Untuk mengenang kejayaan kerajaan ini, wisatawan dapat mengunjungi Museum Balla Lompoa. Dalam museum yang berdesain seperti rumah besar khas Bugis ini dapat ditemukan benda-benda peninggalan Kerajaan Gowa. Tersedia pula pemandu yang dapat menjelaskan sejarah kehebatan Kerajaan Gowa kepada anak-anak yang dibawa oleh pengunjung.

Benteng Rotterdam

Benteng yang letaknya tidak terlalu jauh dari pusat kota, hanya sekitar 1 km dari Pantai Losari ini

didirikan pada tahun 1545 oleh Raja Gosa ke-9, I Manrigau Daeng Bonto Karaeng Lakiung Tumapa’risi’ Kallona dan diberi nama Benteng Ujung Pandang. Pendudukan oleh Belanda membuat benteng ini berubah nama menjadi Benteng Rotterdam atau Fort Rotterdam. 

Benteng ini termasuk yang paling terawat dan terawet di Indonesia. Suasana bersih dan asri terlihat ketika menginjakkan kaki di benteng ini. Pengunjung yang membawa anggota keluarga dapat mempelajari sejarah Kerajaan Gowa serta mendalami budaya leluhur di museum La Galigo yang terdapat di dalam komplek benteng ini.

Taman Maccini Sombala

Taman yang terletak di Jalan Nuri Baru, Kota Makassar ini merupakan lahan terbuka hijau yang digagas oleh Pemerintah Kota Makassar sebagai sarana hiburan bagi warganya. Taman ini dilengkapi berbagai fasilitas seperti jogging track, air mancur, lapangan terbuka untuk anak-anak bermain, serta gazebo untuk beristirahat sembari menikmati pemandangan hijau dan kanal-kanal buatan. 

Taman ini juga merupakan taman serbaguna sehingga sering digunakan untuk pertunjukan seni. Pengunjung juga bisa belajar bagaimana caranya berkebun bersama si buah hati karena di taman ini terdapat kebun-kebun yang ditanami buah buahan, sayur mayur, dan aneka tanaman obat. 

Sekolah Alam Bosowa

Di Sekolah Alam Bosowa, wisatawan dapat mengajarkan kesederhanaan kepada anak-anak dan juga memperkenalkan permainan-permainan edukatif tentang alam dan budaya. Anak-anak bisa bermain air, lumpur, bahkan berkebun, sembari berinteraksi dengan anak-anak lainnya. 

Kegiatan ini tidak hanya baik untuk perkembangan motoriknya, tapi juga baik untuk perkembangan kognitif dan emosional buah hati Anda. Sekolah Alam Bosowa terletak di Jalan Danau Tj. Bunga, Maccini Sombala, Tamalate, Kota Makassar. 

Nah, itulah berbagai destinasi wisata ramah anak yang tersedia di Kota Makassar yang dapat anda temukan. Bagi warga di luar daerah atau yang ingin mudik ke kota ini tidak perlu risau jika membawa anggota keluarga. Persiapkan saja waktu dan sebaiknya menggunakan transportasi pesawat yang memiliki jadwal penerbangan yang banyak seperti Garuda Indonesia.XPOSE INDONESIA /AM

More Pictures

 

Last modified on Monday, 21 January 2019 14:05
XPOSE INDONESIA
Login to post comments