Perihal Harta Karun Warisan Karya Cipta Lagu Alm. Didi Kempot 

11 May 2020

Merujuk pada UU Hak Cipta no. 28/2014 ttg Karya Cipta Ilmiah, Sastra dan Musik serta merujuk pada PP no. 16/ 2020 ttg Pencatatan Karya Cipta dan Hak Terkait, sebaiknya negara hadir dalam sosialisasi UU RI dan PP yang berkaitan dgn Karya  Intelektual itu. 

 

 

Bisa dibayangkan, sesuai dengan pengakuan alm. Didi Kempot Prasetyo (31 Des 1966 - 5 Mei 2020 ) bahwa penggiat seni campursari ini telah menciptakan sekitar 700 - 800 lagu (masih sekitar, berarti belum terdata secara benar), maka ini artinya ada harta karun yang tersimpan di rumah Beliau. 

UU Hak Cipta no. 28/2014 mengamanatkan, Pemilik Hak Cipta akan tetap memperoleh royalti dan kepemilikan atas karya intelektualnya sampai 70 tahun sejak meninggal dunia, dengan demikian ahli waris harus secepatnya mengurus pengalihan kepemilikan karya cipta itu, jika terkait dengan karya lagu Didi Kempot sesuai pengakuannya, maka 700 – 800 an lagu itu akan dapat dinikmati oleh anak cucu, bahkan cicitnya. Jika sudah menikah, ahli waris tinggal menyerahkan foto kopi KTP, KK, Buku Nikah pada Lembaga Manajemen Kolektif tempat alm Didi Kempot mendaftarkan karyanya.

PP No. 16/ 2020 tentang Pencatatan Karya Cipta dan Hak Terkait tentu pencatatan karya pada Kementerian Hukum dan HAM. Karena bentuknya hanya 'pencatatan' pasti urgensinya cuma berkaitan dgn 'bukti bahwa pemilik hak cipta telah mencatatkan karya ciptanya pada negara, jika nantinya ada kasus pelanggaran hak cipta atas karya intelektual yang sdh dicatatkan -  pencatatan ini hanya sebagai bukti'. 

Artinya boleh dicatatkan atau boleh tidak. Selama ini pencatatan karya cipta lagu, karya sastra atau karya ilmiah ke Kementerian Hukum HAM, selalu diminta membayar sejumlah uang, ratusan ribu rupiah / satu karya. Nah jika jumlah lagu karya alm Didi Kempot ada 700 - 800 an dari satu orang pencipta lagu, dari mana duit milyaran rupiah disiapkan? 

Perpustakaan Nasional RI hadir untuk perlindungan karya cipta ini melalui UU no. 13/2018 ttg Serah Simpan Karya Cetak dan Karya Rekam yg diundangkan tahun 2018. Karya Lagu dan Karya Cetak disimpan oleh negara sebagai aset seni budaya karya anak bangsa. Free of charge, gretonk atawa gratis.

Sehubungan dengan hal di atas, segera terfikir ahli waris alm Mas Didi Kempot, juga Glenn Fredly, Andy Ayunir, Yankson Jet Liar,  Erwin Prasetya, Victor Rompas - yang wafat rentang waktu pandemi Covid 19 segera mengurus pelindungan karya ciptanya dengan mengalihkan dan mencatatkan hak ciptanya pada ahli warisnya ( isteri/ anak atau saudara sedarah/ sekandung). 

Didit Miranda, isteri Erwin Prasetya telah mengurus peralihan karya cipta lagu melalui LMK PAPPRI, tempat Erwin Prasetya mendaftarkan lagu-lagu ciptaannya.

Koes Bersaudara / Koes Plus dengan pencipta lagu 6 - 7 orang ( selama Koes Bersaudara ada Nomo Koeswoyo dan sepanjang Koes Plus ada Koeswoyo Senior dan keluarga yang lain sebagai song writer ) diakui 'hanya melahirkan' sekitar 1000 lagu (banyak yang belum direkam. Nah jika dari Didi Kempot sendiri, seorang diri diakui telah menciptakan 700 - 800 lagu, sementara lagu hits dari genre campursari pop ( dengan sedikit ornamen keroncong )  ini ( mungkin ) tak lebih dari 40 an lagu, kemana gerangan lebih 600 - 700 an lagu yang lain disimpan almarhum? 

Mbakyu    Saputri dan Yan Vellia - Ny. Didi Kempot Prasetyo  sebaiknya mendata ini dan segera mengurus pengalihan kepemilikan Hak Ciptanya. 

Mari kita bantu memikirkan carut marut masalah hak cipta ini, apalagi di era digital, banyak YouTuber baru menjadi kondang dgn mencover karya cipta orang lain, tanpa ijin Pencipta atau Pemegang Hak Cipta, spt produser rekaman. 

Support para kreator seni budaya Indonesia. XPOSEINDONESIA/Bens Leo. Foto : Dudut Suhendra Putra

 

More Pictures

 

Last modified on Tuesday, 12 May 2020 11:15
Login to post comments

Music

July 13, 2013 0

Andi Auriec Menunggu Berkah ‘Sampai Mati’

Jika sekali waktu Anda berkunjung ke  Ancol Beach City...
July 27, 2013 0

Metalica Live in Jakarta

Metallica, akan manggung di Jakarta pada Minggu, 25...
July 27, 2013 0

“Best Song Ever” dari One Direction

Superstar global, One Direction merilis single terbaru...
July 29, 2013 0

Alicia Keys Manggung di Jakarta

Alicia Keys terkenal di dunia musik sebagai pelantun...