NusantEro Gabungkan musisi lokal dengan Eropa Siap Tampil di Java Jazz Festival

26 February 2020

NusantEro Big Band merupakan kolaborasi 25 musisi jazz dari Indonesia, Belgia, Denmark, Jerman, Hongaria, Italia Belanda, Polandia, Slovakia, Spanyol, Swedia, dan Swiss.  Untuk pertama kalinya, Big Band Jazz gabungan Eropa dan Indonesia akan tampil di Jakarta International BNI Java Jazz Festival.

Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia, Vincent Piket, menuturkan bahwa musik terbukti dapat menyatukan banyak orang. Pada kesempatan ini, NusantEro Big Band menyandingkan musisi Indonesia dengan musisi Eropa.

NusantEro Big Band Jazz nantinya akan membawakan karya dari sejumlah komposer. Dari Indonesia ada karya para musikus legendaris seperti Gesang, Ismail Marzuki, hingga Maladi.

Sementara dari Eropa, ada karya dari Nino Rota (Italia), Johann Sebastian Bach (Jerman), Toots Thielemans (Belgia), Krzysztof Komeda (Polandia), Charles Trenet (Perancis), Jens Winther (Denmark) dan lain-lain sebagainya.

Menurut Direktur Musik dan Vokalis asal Indonesia, Nita Aartsen, NusantEro Big Band Jazz adalah sebuah mimpi yang menjadi nyata. Proyek kolaborasi Indonesia dan Eropa ini sangat indah meskipun dalam perjalanannya tidak lepas dari berbagai tantangan.

Tak hanya menampilkan lagu-lagu populer seperti Bengawan Solo, Als de orchideen bloien (Bunga Anggrek), Di Bawah Sinar Rembulan, Minuet in G, La mer, atau Bluessette, NusantEro Big Band Jazz nantinya juga hendak membawakan lagu daerah (Folklore).

Lagu daerah dari Indonesia yang dibawakan adalah 'Jali-Jali', sementara dari Eropa diwakili dengan lagu daerah asal Swedia yaitu 'Dear old Stockholm'.

NusantEro Big Band Jazz akan manggung sebanyak dua kali di 'Jakarta Internasional BNI Java Jazz Festival 2020'. Mereka akan membawakan 16 lagu, dan dijadwalkan tampil pada 28 Februari, pukul 18.30 - 19.30 WIB, dan 29 Februari pada pukul 17.00 - 18.00. Ke-16 lagu tersebut juga hendak dibawakan di Erasmus Huis pada Rabu, 26 Februari, mulai pukul 19.00 WIB. (M-4). XPOSEINDONESIA.COM/Ihsan

Media

Last modified on Wednesday, 26 February 2020 14:43
Login to post comments

Music

July 13, 2013 0

Andi Auriec Menunggu Berkah ‘Sampai Mati’

Jika sekali waktu Anda berkunjung ke  Ancol Beach City...
July 27, 2013 0

Metalica Live in Jakarta

Metallica, akan manggung di Jakarta pada Minggu, 25...
July 27, 2013 0

“Best Song Ever” dari One Direction

Superstar global, One Direction merilis single terbaru...
July 29, 2013 0

Alicia Keys Manggung di Jakarta

Alicia Keys terkenal di dunia musik sebagai pelantun...