BNI Java Jazz Festival 2020 Tetap Incar Milenial

16 January 2020

BNI Java Jazz Festival (BNI JJF) 2020 akan digelar dari tanggal 28 dan  29  Februari hingga 1 Maret 2020 di JIExpo Kemayoran Jakarta. Kali ini  dengan tiket dibandrol sebesar Rp1,875 juta untuk tiga hari dan Rp 775 ribu untuk tiket harian. Khusus  untuk tiket Special Show  tahun ini adalah The Jacksons Rp 375 ribu, dan Omar Apollo Rp 250 ribu.Mahalkah harga tiket yang dijual?

“Kalau dilihat dalam satu hari pertunjukan di JJF ada 11 panggung, dan tiap panggung menggelar 3 konser, harga tiket  nonton JJF jelas tidak mahal.  Karena mereka bisa menonton 33 pertunjukan, meski mungkin nggak kuat nonton semuanya, paling  hanya di 5 panggung. Harga tiket ini tidak mahal terlebih jika dibandingkan dengan menonton hanya satu pertunjukan musik,” kata Dewi Gonta,  President Director Java Festival Production menjawab pertanyaan wartawan saat menggelar jumpa press di kawasan Senayan, (15/1/2020). 

Dewi juga dengan cerdas  menjawab pertanyaan seorang wartawan senior yang  menyebut kelihatannya beberapa  penyanyi dan musisi  internasional yang tampil di BNI JJF 2020 adalah nama-nama yang sudah tidak  laku  di luar  negeri.  Terutama The Jakson. 

“The Jakson  itu kalau diperhatikan baru saja merayakan ulang tahu ke-50 tahun. Dan mereka justru sedang menggelar tur dunia tahun lalu untuk merayakannya,’ kata Dewi yang mengaku senang mendapat pertanyaan macam ini. 

“Karena berkesempatan  pada saya untuk memberi penjelasan!” kata puteri Peter Gontha itu.

Mengincar Penonton  Milenial

Sebagai pelopor festival musik jazz di tanah Air,  yang sudah 16 tahun berturut-turut digelar,  Dewi menyebut  mereka selalu mencari cara agar bisa melakukan regenerasi penonton. 

Salah satu caranya dengan mengincar penonton anak milenial.  Menurut Dewi, kalau diperhatikan,  sebenarnya usia penonton JJF sangat lebar. 

“Dari dulu sudah lebar. Kalau dulu pertama kali  saya nonton umur 15, maka sekarang sudah 31. Kalau sekarang saya tidak mengincar yang masih 15, lama-lama pengunjungnya akan habis!” 

Menurut Dewi, regenerasi perlu dilakukan dan tidak menghilangkan penonton lama, “namun menambahkan dengan penonton baru," ujar Dewi Gonta.

Dalam rangka mendekatkan dengan selera pasar pula, Java Production Festival tahun ini mengusung tema doodle. Tema ini berbeda dengan tahun sebelumnya yang mengusung dekorasi broadway dan motown. 

Doodle dengan basis kebebasan sedikit menjadi kesulitan untuk diaplikasikan ke lapangan.

Dewo Gontha menjelaskan, warna-warna yang digunakan diprediksi menjadi tren baru di 2020. Tema doodle ini diselaraskan dengan tagline “Redeem Yourself Through Music”.

"Desain doodle karena mengikuti tren desain 2020. Warna yang akan tren di tahun 2020," lanjutnya.

Sementara itu, Direktur Program JJF 2020, Nikita Dompas mengungkapkan, dalam line-up JJF tahun ini,  mereka berusaha menghibur penonton tidak sekadar menyaksikan festival musik, namun juga bentuk discovery platform  untuk mengedukasi dan semakin mengenalkan penonton kepada talenta-talenta musik berbakat dan terkenal lain.

JJF 2020 bakal diramaikan 70 penampil dari tanah Air dan 30 mancanegara. Untuk musisi luar negeri, terdapat nama-nama The Jacksons, Omar Apollo, Anomalie, Ari Lennox, Brass Against, The Steve McQueens, Tony Monaco and Friends dan banyak lagi. 

Sedangkan dari dalam negeri ada Ardhito Pramono, Cantika, Dwiki Dharmawan feat. Nadin Amizah, Idang Rasjidi Syndicate, Marcell, Maya Hasan, MLDJAZZPROJECT All Star feat. Devinta, MLDJazzProject S4 feat. Potret, Fariz RM & Humania, Mondo Gascaro feat. Rien Djamain, dan lainnya.

Sementara itu, penampil-penampil lain, baik dari dalam maupun luar negeri, akan terus di-update melalui situs resmi www.javajazzfestival.com XPOSEINDONESIA/NS Foto : Muhamad Ihsan

More Pictures

 

Last modified on Thursday, 16 January 2020 13:14
Login to post comments

Music

July 13, 2013 0

Andi Auriec Menunggu Berkah ‘Sampai Mati’

Jika sekali waktu Anda berkunjung ke  Ancol Beach City...
July 27, 2013 0

Metalica Live in Jakarta

Metallica, akan manggung di Jakarta pada Minggu, 25...
July 27, 2013 0

“Best Song Ever” dari One Direction

Superstar global, One Direction merilis single terbaru...
July 29, 2013 0

Alicia Keys Manggung di Jakarta

Alicia Keys terkenal di dunia musik sebagai pelantun...