AMI AWARDS 2019 Persaingan Head to Head Antar Musisi

05 August 2019

Penjurian Kategorisasi AMI Awards 2019 sudah digelar pada 29 – 31 Juli 2019, sebanyak 1973 lagu ‘dinilai’ oleh 19 Anggota Team Kategorisasi, hasilnya akan diserahkan pada 2600 Anggota AMI, guna menentukan 5 Nominasi pada masing-masing Kategori calon penerima AMI Awards 2019.

Lebih Banyak, Lebih Ketat

Jika tahun 2018 hanya ada sekitar 1600-an lagu yang terverifikasi layak dinilai oleh anggota Team Kategorisasi, dan tahun ini ada 1973 lagu, artinya kian ada persaingan ketat musisi, penyanyi, produser yang karya layak diapresiasi dalam AMI Awards 2019.  Dan persaingan itu terutama terjadi di ranah Lagu Populer, disusul Rock, dan Dance Music. 

Tingginya jumlah  lagu yang terverifikasi ikut serta pada AMI Awards 2019 banyak berkaitan dengan sistem kerja Panitia yang kali ini banyak memanfaatkan publikadsi melalui sosial media. Persyaratan mengikuti AMI Awards 2019 dapat dengan mudah dishare melalui WA komunitas musisi penyanyi (yang puluhan jumlahnya), web Panitia juga memasangnya di laman facebook. 

Publikasi melalui sosmed seperti ini dianggap berhasil menggantikan sejumlah acara Road Show AMI Awards, yang sebelumnya beberapakali digelar Panitia AMI Awards.

Yang menarik tentu saja terjaringnya para pekerja seni musik yang berkarya di ranah indie. Apalagi di wilayah ini juga hadir  musisi penyanyi bernama besar yang awalnya berada di bawah major label, tapi seiring dengan datangnya era digital – saat fisik CD mengecil, toko CD tiarap sejak sekitar 10 tahun yang lalu – banyak musisi yang berada diranah major label, memutuskan tidak memperpanjang kontraknya dengan major label seperti dilakukan oleh Sheila on 7, GIGI, Raisa, Andien, Padi dan sejumlah nama populer lainnya. 

Mereka inilah yang kemudian bersaing dengan pemusik independent seperti Mocca, Endah n Rhesa, Tulus, atau band-band rock, metal dan punk yang dari dulu bertahan di ranah indie seperti Burgerkill, The Hydrant, Navicula, SID dan Endang Soekamti atau dkk Indra  Lesmana yang bereksperimen merilis lagu rock.

Persaingan Head to Head

Mudah diduga, persaingan terketat saban tahun selalu terjadi di ranah Lagu Lagu Pop, disusul kemudian Lagu-Lagu Rock, Dance, Rock, Dangdut, Instrumentalia, Lagu Anak-Anak, Dance, Soul / R&B, Folk / Balada, Jazz, Rap / Hip Hop, World Music, Progressive, Alternative, Urban dan seterusnya. 

Panitia menyiapkan sedikitnya 60 trophy AMI Awards 2019, yang baru dilakukan dua tahun terakhir adalah Kategori  Lagu Religi Islami dan Lagu Religi Nasrani dan juga Kategori Re-Aransemen. 

Tahun 2019,  AMI Awards juga memberi apresiasi untuk Lagu Berbahasa Asing yang dinyanyikan penyanyi dan produser Indonesia dan Lagu Bahasa Daerah .

Sejumlah nama kondang yang berendeng memasuki pertarungan head to head menuju kotak Nominasi AMI Awards 2019 antaralain Noah, D’Masiv, Kahitna, Mocca, Pee Wee Gaskin, Krakatau, Equtez, The Titans, Superman is Dead, Burgerkill, Maliq D’Essential, The Hydrant, Navicula, The KadriJimmo, atau sejumlah nama kondang dari dunia penyanyi seperti Andien, Raisa, Titi DJ, Isyana Sarasvati,Yura Yunita, Sheryl Sheinafia, Eva Celia atau Tulus, Anji, Afgan, Vidi Aldiano, Kunto Aji, Marcell.....Ada juga pendatang baru dari Bali, Alien dalam satu album menyanyikan lagu-lagu baru berbahasa Inggris.

Yang tidak banyak pesaing antaralain di sektor World Music seperti lagu-lagu karya Djaduk Ferianto, Balawan, Diddi Agephe, Bintang Indrianto atau di ranah  lagu-lagu Instrumentalia ada saxophonis Yuyun, gitaris Dewa Budjana, bassist Indro Hardjodikiro.

 Harus Publikasi di Sosial Media

Sedikit menebar data dari entry masing-masing Kategori Musik AMI Awards 2019 yang harus ditindak lanjuti dengan berpromosi lewat sosial media karena begitu banyaknya pesaing calon nominee. 

Dari 1973 lagu setelah dinilai oleh 19 Anggota Team Kategorisasi, akhirnya diputuskan  Kategoroi Pop (989 lagu), Kategori Rock (173), Dance Music (128), Soul /R&B (86), Jazz (66), Folk / Country / Balada (75), Rap / Hip Hop (55),Urban (42 ), Reggae (20), Keroncong ( 20 ), Lagu Anak-Anak (lebih dari 90 lagu), sisanya terbagi untuk Dangdut (cukup banyak, dinilai oleh 4 anggota Team Kategorisasi Dangdut ), dan World Music.

Anggota Team Kategorisasi AMI Awards 2019antara lain Syaharani, Aria Baron, David Tarigan, Badai, Ari Fade 2 Black, Bary Likumahuwa, Mudya Mustamin, Bens Leo, Octav Panggabean, Rithaony, DJ Riri, Stevan ‘Coconut’, Teddy Riyadi dan dari dangdut antara ada Ikke Nurdjanah dan H. Ukkat.  

Panitia akan mengumukan Nominasi AMI Awards 2019 pada akhir September dan Pergelaran AMI Awards 2019yang akan diliput secara on air oleh RCTI pada 28 November 2019.  XPOSEINDONESIA - Bens Leo Foto : Muhamad Ihsan

More Pictures

 

Last modified on Monday, 05 August 2019 18:50
Login to post comments

Music

July 13, 2013 0

Andi Auriec Menunggu Berkah ‘Sampai Mati’

Jika sekali waktu Anda berkunjung ke  Ancol Beach City...
July 27, 2013 0

Metalica Live in Jakarta

Metallica, akan manggung di Jakarta pada Minggu, 25...
July 27, 2013 0

“Best Song Ever” dari One Direction

Superstar global, One Direction merilis single terbaru...
July 29, 2013 0

Alicia Keys Manggung di Jakarta

Alicia Keys terkenal di dunia musik sebagai pelantun...