Idealisme Livi Zheng Terkuak di Bali: Beats of Paradise

20 July 2019

Film Bali: Beats of Paradise karya Livi Zheng resmi akan diluncurkan di Indonesia pada 22 Agustus mendatang. “Sebelumnya, film ini sudah lebih dulu sukses diterima dan ditayangkan di bioskop-bioskop Amerika dan Korea Selatan,” ujar  Livi di gedung Kemenpar, Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, (17/7/2019).

 

Film dokumenter  yang sangat menginspirasi ini, mengangkat kisah nyata dari kehidupan seniman gamelan bernama I Nyoman Wenten. Ia  bermukim  lama di Amerika sebagai seniman yang mendapat beasiswa kemudian menjadi pengajar etnomusikologi di University of California Los Angeles (UCLA) dan CalArts School hingga kini.

Livi Zheng, sutradara asal Blitar, Jawa Timur, yang bermukim di Los Angeles, Amerika Serikat (AS) ini,  memperlihatkan kisah hidup Nyoman sejak kanak kanak  ditinggal Ibunya. 

“Meski diwarnai kesedihan,  dengan pengorbanan besar, ia  bisa mengejar mimpi sebagai seniman di Amerika Serikat lewat musik gamelan Bali. Dan memperkenalkan Indonesia di Amerika! This is very inspiring stories,” kata Livi. 

Nyoman Wenten menyebut, pada masa kanak-kanak yang penuh kesedihan  itu, ia larikan dengan menari  dan main musik, “Kakek saya  yang  banyak memberikan pengajaran untuk bertahan hidup dan mengisinya dengan  latihan menari juga main gamelan!” kata Wenten .

Saat penggarapan Bali: Beats of Paradise Wenten berpikir  Livi akan membuat film dokumenter biasa. “Eh, dia malah membawa kamera-kamera besar saat syuting,” kata Nyoman Wenten  tentang kesungguhan Livi dalam menggarap film  ini.

Livi selain tertarik mendokumentasikan kehidupan pribadi Nyoman Wenten, yang penuh dengan perjuangan dan harapan,  juga  memperlihatkan kecintaan Wenten yang  besar pada  budaya Bali dan musik gamelan.  

“Bukan secara kebetulan, alat musik tradisional dari Indonesia ini, sudah sangat mendunia. Gamelan juga  pernah  dijadikan ilustrasi musik dalam film Avatar, TV seri Star Trek, game Nintendo, hingga NASA pada 1977 dalam program komunikasinya,” kata Livi.

Dalam film ini, Livi  juga melibatkan  peran bl, penyanyi da penulis lagu asal Amerika yang  melejit lewat  acara kompetisi nyanyi The Voice. Ia pernah menjadi backing vocal untuk Michael Jackson, Josh Groban dan Stevie Wonder. Secara khusus,  Judith pernah dipilih Michael Jackson  menjadi teman duet  pada lagu "I Just Can't Stop Loving You"  yang dibawakan sepanjang tour “This Is It” pada 2009.

“Dalam film ini Judith Hill  diceritakan tertarik untuk mempelajari musik gamelan yang memiliki karakter khas,” kata Livi lagi.

Didukung Petinggi Negeri

Di dalam negeri, promosi film Bali: Beats of Paradise sendiri didukung oleh para petinggi negeri. Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menpar Arief Yahya, hingga Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian  diminta Livi untuk bicara dalam video pendek yang isinya mengajak masyarakat untuk menonton film ini.

Bali: Beats of Paradise memang film yang layak untuk ditonton. “Ia sukses besar mengangkat budaya Indonesia di AS secara menyeluruh. Apa yang dilakukan Livi dengan idealismenya sangat menginspirasi. Film memang media yang ideal untuk mempromosikan budaya dan alam Indonesia,” kata Menpar Arief  lewat siaran pers  tertulisnya.

Sebagai film dokumenter, Bali: Beats of Paradise memang punya daya pukau yang besar. Film yang telah diputar di teater dengan layar terbesar di dunia di Korsel  ini akan didistribusikan oleh iQiyi, salah satu perusahaan online streaming terbesar di dunia, yang berbasis di Beijing, Cina.

Perusahaan milik taipan China, Baidu, yang memiliki 96,8 juta pelanggan di dunia tersebut, juga akan menayangkan Bali: Beats of Paradise yang sempat masuk seleksi nominasi Oscar untuk kategori The Best Picture.

Bali: Beats of Paradise juga sempat dilirik dan akhirnya tayang di Walt Disney Animation Studios. 

Livi menaruh harapan besar, “film ini bisa berperan  untuk mempopulerkan budaya Indonesia pada dunia dan menginspirasi remaja Indonesia untuk mencintai budaya bangsanya!” XPOSEINDONESIA/NS Foto Dudut Suhendra Putra

More Pictures

 

Last modified on Saturday, 20 July 2019 12:17
Login to post comments

Music

July 13, 2013 0

Andi Auriec Menunggu Berkah ‘Sampai Mati’

Jika sekali waktu Anda berkunjung ke  Ancol Beach City...
July 27, 2013 0

Metalica Live in Jakarta

Metallica, akan manggung di Jakarta pada Minggu, 25...
July 27, 2013 0

“Best Song Ever” dari One Direction

Superstar global, One Direction merilis single terbaru...
July 29, 2013 0

Alicia Keys Manggung di Jakarta

Alicia Keys terkenal di dunia musik sebagai pelantun...