Pentas Nostalgia EYC di Jakarta & Surabaya

20 December 2018

Sejarah  musik Indonesia, dalam satu fase mencatat kreativitas tiga nama terkenal, Erros Djarot, Chrisye dan Yockie Suryoprayogo.

Kehadiran mereka  dipanggung  musik Indonesia, telah menorehkan sejarah  kuat, sebagai creator pencipta musik  anak pusat dan selatan yang gedongan dan bergizi. Kata Pusat (merujuk lokasi radio Prambors) dan Selatan  (merujuk pada daerah Kebayoran, tempat Guruh Soekarno Putra  yang membangun Swara Mahardika ).

Lewat lagu 'Lilin Lilin Kecil' yang termuat dalam Album Lomba Cipta Lagu Remaja Prambors I (1977),  kolaborasi Chrisye dan Yoekie terjalin.  Kemudian datang projek pembuatan soundtrack film Badai Pasti Berlalu (1977),  di mana Erros  mengajak Chrisye dan Yockie bersama-sama menggarap musiknya.

Kerja sama Chrisye dan Yockie tertuang lagi dalam album Sabda Alam (1978), Percik Pesona (1979), Puspa Indah Taman Hati (1980), Pantulan Cinta (1981).

Muncul  nama Erros kembali di album Resesi (1983),  Metropolitan (1984), dan Nona  (1984) mempertemukan  kreativitas bermusik mereka  dan sebagian masyarakat jaman itu paham ketiganya bersama dan  seperti membentuk  trio  “Erros, Chrisye. Yockie" (“ECY"), karena pada sampul kaset tertera nama ketiganya

Menyabut tahun 2019, sebuah evet organizer (EO) bernama Bertiga Satu Rasa, ingin mengangkat karya “Eros, Chrisye, Yockie" (“ECY") dalam bentuk konser, yang bakal digelar di Jakarta Concert Hall iNews TV pada 1 Februari 2019 dan Grand City Convex, Surabaya  pada 14 Februari 2019.

Novi Madjedi dari Bertiga Satu Rasa, mengatakan, event ini  bertujuan mengedepankan, dan mengomunikasikan peran ECY secara kolaboratif, kepada generasi muda penggemar musik Indonesia, atas pengabdian dan karya cipta ECY dalam sejarah musik pop di Indonesia.

"Kegiatan “ECY” ini juga akan menggunakan media sosial untuk megedukasi sejarah, dan kiprah ECY," kata Oppie, panggilan Novi Madjedi di Hard Rock Cafe Jakarta, Kamis (20/12).

Oppie menyebut, event  ini juga dimaksudkan sebagai sarana diskusi interaktif dari para penggemarnya, dalam rangka melestarikan serta mengapresiasi karya serta kiprah ECY dalam peta musik Indonesia.

Oppie  berharap pentas ini jga akan menjadi medium yang secara organik akan terbentuk sebagai wadah pelestarian karya dan kiprah ECY.

Pentas yang diberi tagline: ““Erros Chrisye Yockie Tembang Persada Sang Tritunggal" di dua kota Indonesia. Dalam konser nanti, akan didukung band lengkap, sebagalmana kekuatan seorang Yockie. Dengan menghadirkan karya-karya penting ECY yang terangkum di empat album magnum opusnya. Plus beberapa Iagu penting Chrisye, terutama yang terangkum di album "Puspa Indah Taman Hati., dan Yockie (terutama dari abum Musik Saya Adalah Saya).

Krisna Prameswara akan duduk sebagai Music Director dan beberapa penyanyi Indonesia dari beragam generasi muncul sebagai pembawa lagu, di antaranya Dian Pramana Putra, Marcel Siahaan hingga Sheryl Sheinafia.

"Kurasi sejumlah penyanyi melibatkan mbak Tiwi (istri alm Yockie) dan mbak Yanti (istri alm Chrisye), juga mas Seno M. Hardjo," kata Oppie, sembari menyebut, , sebagai lokasi konser.

Dengan dukungan Telkomsel dan bank Mandiri, dan mematok harga tiket mulai Rp 350-750 ribu rupiah di Jakarta dan Rp 250-500 ribu rupiah di Surabaya.
 
Dalam formasi ECY hari ii,  dua nama sudah wafat. Crisye Wafat 30 Maret 2007, sementara Yockie 5 Februari 2018.  Dalam press conference acara ini  hadir  isteri kedua musisi besari itu , yakni Yanti Noor dan Tiwi Puspitasari

Menurut Yanti Chrisye acara  macam ini  bagus diselenggarakan bukan hanya untuk jadi satu tontonan, dan sekadar nostalgia, justru untuk anak-anak muda bahwa kita tidak bisa pungkiri sejarah bertiga ini pernah ada dan mereka berkolaborasi cukup panjang, cukup lama," ujar Yanti.

More Picture 

 

Last modified on Monday, 24 December 2018 15:54
Login to post comments

Music

July 13, 2013 0

Andi Auriec Menunggu Berkah ‘Sampai Mati’

Jika sekali waktu Anda berkunjung ke  Ancol Beach City...
July 27, 2013 0

Metalica Live in Jakarta

Metallica, akan manggung di Jakarta pada Minggu, 25...
July 27, 2013 0

“Best Song Ever” dari One Direction

Superstar global, One Direction merilis single terbaru...
July 29, 2013 0

Alicia Keys Manggung di Jakarta

Alicia Keys terkenal di dunia musik sebagai pelantun...