Obati Kangen, We The Fest 2020 Digelar Virtual

16 October 2020

 Konser musik akbar tahunan We The Fest, untuk pertama kalinya diadakan secara virtual dipandu Reza Chandika dan Vidi Aldiano

 

Pandemi Covid-19 tidak membuat acara festival yang sudah diadakan sejak 2014 itu berhenti. Dengan mengusung tema ‘We The Fest 2020 Virtual Home Edition,’ festival ini berlangsung dua hari, 26 dan 27 September. 

"We The Fest 2020 Virtual Home Edition" tidak dipungut biaya sama sekali atau gratis. Penonton bisa menikmati festival musik di rumah aja dengan mengunjungi website www.wethefest.com. Namun,  sebelumnya perlu melakukan registrasi dengan mengisi data diri berupa nama, tanggal lahir, email dan nomor handphone. 

Awalnya, acara musik ini  direncanakan bakal diselenggarakan pada 14, 15, dan 16 Agustus 2020 di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Namun, pelaksanaannya terpaksa ditunda, karena meledaknya pandemi Covid-19 dan munculnya Pembatasan Sosial Berskala Besar, yang melarang kegiatan  berkumpul banyak orang.

Virtual dan Menghibur

Festival ini  semakin menarik, karena banyak nama musisi dalam negeri maupun luar negeri mengisi acara We The Fest 2020 Virtual Home Edition. 

Pada hari pertama, musisi yang dijadwal tampil di antaranya, Isyana Sarasvati, Jason Ranti, Yura Yunita, Moon Gang, Kallula, Maliq & D'Essentials, Hondo, Oh Wonder, Autograf, Gabber Modus Operandi dan Patricia Schuldtz.

Terasa, penampilan Oh Wonder, Isyana Sarasvati, dan Maliq & D’Essentials menjadi penampilan paling ditunggu.  Ini terlihat dari ramainya chat-room pada saat penampilan mereka.  Memuji dan memberi semangat

Isyana Sarasvati membawakan beberapa lagu, seperti ‘Lexicon, ‘Sikap Duniawi’, dan ‘Untuk Hati Yang Terluka’. Sementara Maliq & D’Essentials menyanyikan hits mereka seperti ‘Dia’, ‘Terdiam’, dan ‘Sriwedari’. Sedangkan Oh Wonder membawakan single terbaru ‘I Wish I Never Met You’.

Sedangkan di hari kedua muncul Vidi Aldiano, Endah & Rhesa, Nadin Amizah, Hindia, Mantra Vultura, Pamungkas, Kunto Aji, Diskoria, Keshi, Masego, Lewis Capaldi, Goldroom dan W.W.   Dan Keshi, Lewis Capaldi,  juga Masego merupakan penampil internasional yang paling ditunggu oleh para penonton di rumah. 

Kemeriahan hari kedua dibuka dengan mengajak para penonton untuk melakukan olahraga yang seru diiringi dengan set musik energik. Kegiatan tersebut bernama Chilli Dip, kolaborasi pasangan suami istri, Dipha Barus dan Vanessa Budihardja.

Penyanyi, penulis lagu, produser dan multiinstrumentalis dari USA yang terkenal dengan fallsettonya yang unik, Keshi membawakan single terbaru berjudul ‘Always’ sambil memainkan gitar. Dilanjutkan penampilan Lewis Capaldi, yang membawakan ‘Someone You Loved,’ dan beberapa lagu hits lainnya.

Walaupun “We The Fest 2020” mengusung konsep konser virtual, acara ini tetap mengesankan dan memberi pengalaman menonton festival musik yang meriah dan berbeda. 

Konsep Memukau

Sama seperti tahun sebelumnya, “We The Fest Virtual Home Edition” menyajikan 3 stage edisi virtual, yakni This Stage is Pyjamas, WTF Blanket Stage dan Another Room Stage. Tiap-tiap stage menampilkan visualisasi panggung dan warna musik yang berbeda.

Misalnya dengan mengusung konsep home edition, para penampil di This Stage is Pyjamas memberikan kesan akrab serta suasana hangat kepada penonton, seperti penampilan Hondo (Kamga dan Chevrina). Keduanya  membawakan beberapa lagu terbaru yaitu ‘Thirty’ dan ‘Soldier’ 

Penampilan Duo Hondo menyajikan visual set yang indah. Sekan-akan mereka bernyanyi bersama dalam satu ruangan, padahal mereka tampil di ruang berbeda. Selain itu, kostum yang dikenakan oleh Duo Hondo ini mengusung konsep casual, gaya berpakaian mereka terlihat santai dengan mengenakan kaos dan celana panjang.

Berbeda dengan WTF Blanket Stage, perlengkapan panggung didesain dan dibangun secara menarik. Panggung yang besar terdapat elemen visual yang dihadirkan pada layar panggung, sehingga dapat mengobati kerinduan para penonton terhadap kemegahan panggung festival. 

Lain halnya di Another Room Stage, set panggung didesain seperti dalam sebuah studio dengan mengusung tema indie. Hal tersebut menjadi pelengkap kemeriahan di rangkaian acara We The Fest Virtual Home Edition.

Keseruan acara musik We The Fest 2020 Virtual Home Edition ditutup manis dengan penampilan Goldroom dan DJ W.W yang menyajikan alunan musik elektro. 

“Tidak terasa sudah dua hari kami menemani Anda di rumah. Terima kasih kepada penonton yang telah mengikuti rangkaian acara WTF 2020 Virtual Edition. Sampai bertemu di We The Fest tahun depan,” kata Reza Chandika dan Vidi Aldiano, menutup acara. XPOSEINDONESIA-Resa Saphira Foto : Dudut Suhendra Putra/NS

 

More Pictures

 

 

\

Last modified on Friday, 16 October 2020 08:59
Login to post comments

Music

July 13, 2013 0

Andi Auriec Menunggu Berkah ‘Sampai Mati’

Jika sekali waktu Anda berkunjung ke  Ancol Beach City...
July 27, 2013 0

Metalica Live in Jakarta

Metallica, akan manggung di Jakarta pada Minggu, 25...
July 27, 2013 0

“Best Song Ever” dari One Direction

Superstar global, One Direction merilis single terbaru...
July 29, 2013 0

Alicia Keys Manggung di Jakarta

Alicia Keys terkenal di dunia musik sebagai pelantun...