Lewat TVRI Bandung, Chrisye Kembali Dikenang 

17 September 2020

TVRI Stasiun Bandung dan Komunitas Kangen Chrisye (#K2C) menggelar acara live music berjudul “In Memoriam Chrisye”, persis di tanggal  kelahiran almarhum  Chrisye  pada 16 September 2020. 

Sepanjang satu jam  pertunjukan (16.30-17.30), “In Memoriam Chrisye” memperlihatkan kepintaran sejumlah penyanyi asal Bandung antara lain Agus Wisman, Tiara, Lina Hara, Nazwa KM, Indri AFI  2005, Isni Raihan dan Trio Asti, Putri dan Diva dalam menginterpretasikan lagu lagu yang hits dalam suara Chrisye.

Ferry Mursyidan Baldan, Penggagas #K2C yang bukan penyanyi itu, ikut pula diminta naik panggung untuk bersama-sama membawakan lagu “sulit”  berjudul “Damai Bersamamu” karya Jhony Sahilatua

“Ini sebetulnya bukan lagu jagoan saya. Lagu favorite saya 'Merpati Putih',’’ ungkap Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional yang menjabat dari 27 Oktober 2014 - 27 Juli 2016, setengah protes dari atas panggung. Tapi toh, the show must go on, meski bukan lagu favorite Ferry, “Damai Bersamamu”  harus berjalan hingga finish.  

K2C  = Komunitas Merawat Cinta Chrisye

Buat  Ferry pribadi, semua lagu Chrisye memiliki rasa berbeda dari semua lagu yang ada. “Di sana ada keindahan dan kelembutan. Mendengar lagu-lagunya selalu menimbulkan rasa bahagia," kata Ferry mengungkap keunggulan lagu dan suara idolanya.

Bagi Ferry, Chrisye bukan sekadar penyanyi idola, ia juga penyemangat. “Seandainya almarhum masih hidup, hari ini ia memasuki usia 71 tahun,” ungkap Ferry.

“Sejak Chrisye ada, kami selalu memperingati  hari kelahiran beliau. Dan setelah ia wafat kami mengenang beliau di hari kepergiannya di setiap tanggal 30 Maret,”  tutur Ferry.

Sebagai sebuah komunitas penggemar, #K2C didirikan  untuk merawat cinta dan kekaguman pada almarhum Chrisye yang tidak boleh surut. meski Chrisye sudah berpulang sepanjang 13 tahun. 

Bukti cinta itu,  diperlihatkan Ferry bersama #K2C dengan menerbitkan tiga buku tentang Chrisye yakni 'Kesan di Mata Media, Sahabat dan Fans’ (2012), ‘10 Tahun Setelah Chrisye Pergi’ (Ekspresi Kangen Penggemar (2017), ’11 Tahun Kangen Chrisye (Kumpulan Tulisan Jurnalis Tentang Chrisye (2018) . 

Bukan hanya buku, K2C juga pernah menggelar  lomba menyanyi lagu Chrisye khusus untuk wartawan  pada tahun 2016,  dan  mementaskan lagu-lagu Chrisye yang dikemas dalam irama Melayu pada  tahun 2019. 

“Semua kegiatan yang dilakukan K2C sepengetahuan keluarga. Dulu, semasa  isteri Chrisye ada, yakni  Yanti  Noor, kami berkomunikasi dengan  beliau. Setelah ia wafat  pada Februari lalu, kami terhubung dengan anak-anak sebagai ahli waris Chrisye,”  ujar  Ferry .

Nama Chrisye memang terus hidup di banyak hati fans fanatik. Menurut pandangan Ferry, mungkin, sampai hari ini, satu satunya penyanyi pria dari Indonesia yang sudah wafat, namun terus dikenang namanya, dan dibuatkan pentas musik untuk mengenangnya,  dengan tiket yang selalu laris terjual, ya baru terjadi  pada Chrisye. 

Tahun 2020, dalam rangka memperingati  hari lahir Chrisye,  Musica  Studios, perusahaan rekaman yang menaungi Chrisye,  bakal merilis single lama yang pernah direkam Chrisye pada tahun 80-an, namun tak sempat dirilis sepanjang ia hidup.  

“Dari keterangan yang saya dapat, lagu itu berjudul  “Rindu Ini” karya Cecep dan Tito Sumarsono. Di luar itu ada sebuah acara  drama musikal yang  akan menggunakan  lagu lagu Chrisye  dan akan dipentaskan tahun depan, persis di tanggal Chrisye wafat 30 Maret . Mereka mengkontak  saya. Padahal saya bukan orang musik loh,”  ungkap Ferry menutup percakapan.  XPOSEINDONESIA/NS Foto : Dudut Suhendra Putra

 

 

More Pictures

 

 

Last modified on Wednesday, 23 September 2020 16:47
Login to post comments

Music

July 13, 2013 0

Andi Auriec Menunggu Berkah ‘Sampai Mati’

Jika sekali waktu Anda berkunjung ke  Ancol Beach City...
July 27, 2013 0

Metalica Live in Jakarta

Metallica, akan manggung di Jakarta pada Minggu, 25...
July 27, 2013 0

“Best Song Ever” dari One Direction

Superstar global, One Direction merilis single terbaru...
July 29, 2013 0

Alicia Keys Manggung di Jakarta

Alicia Keys terkenal di dunia musik sebagai pelantun...