Nonton Bareng Chrisye By Erwin Gutawa di Java Jazz 2020

29 February 2020

Di antara 11 panggung  penyelenggaraaan BNI Java Jazz Festival 2020 hari pertama,  rasanya pentas  Chrisye Live by Erwin Gutawa with Special Guest Gerald Situmorang, yang  paling “pecah”. 

Bagaimana tidak,  ribuan penonton   dengan beragam kelas usia sudah antri memadati ruang depan BNI Hall, sebelum waktu pertunjukan  dimulai pukul 21.00 WIB. 

Dan ketika Erwin Gutawa dengan sejumlah musisi pengiring membuka panggung dengan lagu “Semusim” disambung  medley   lagu “Aku Cinta Dia”,  “Nona Lisa”, “Hura Hura” dan “Anak Sekolah”, penonton  bukan hanya ikut menyanyi,  dengan lagu-lagu yang asli dinyanyikan Chrisye lewat video, tapi juga ikutan bergoyang.

Ini membanggakan sekaligus mengharukan. Mengingat Chrisye sudah 13 tahun lalu wafat.  Namun pesona keindahan lagu Chrisye  tak pernah surut dari  ingatan  penonton.

Konsep panggung yang  memadukan  video dokumentasi live show Chrisye  (sejak Konser Sendiri  1994) dengan musik live  garapan Erwin Gutawa,  dipadu permainan lighting dan video mapping  ini,  memang terasa baru. Penonton  seperti  diajak nonton bareng  video musik yang dinyanyikan Chrisye.

Namun dengan cerdik  Erwin memberi sentuhan baru, pada beberapa bagian. Baik dalam penggarapan aransemen musik yang  terdengar lebih fresh, juga menempatkan special guest.

Malam itu,  gitaris akustik Gerald Situmorang sengaja diajak untuk memainkan  gitar akustik mengiringi Chrisye menyanyi “Sendiri”, serta medley “Selamat Jalan Kekasih” dan  “Untukku”.

“Gerald ini adalah musisi milenials, dengan banyak enerji dan multi talenta. Ia banyak ide, banyak  bikin band, dan bisa main bass juga gitar,” puji Erwin sebelum Gerald tampil

Pentas ini, menurut Erwin, “Sengaja diabadikan untuk mengenang tokoh dan legenda musik Indonesia, Chrisye. Di mana, lagu-lagu yang dinyanyikan Chrisye  sejak tahun 1977, telah menjadi kenangan dari perjalanan cinta sebagian besar dari kita,” ungkapnya.

Mendekati akhir pertunjukan, Erwin Gutawa  mempersembahkan lagu  “Kidung Abadi” yang liriknya ditulis Gita Gutawa, sebuah lagu khusus yang diciptakan Erwin  setelah lima tahun Chrisye wafat.  

“Berkat teknologi, kami  berhasil menciptakan lagu baru yang dinyanyikan Chrisye. Kami mengumpulkan 246 suku kata dari dokumentasi suara asli  Chrisye, dan  membentuk rangkaian nada baru,” kata Erwin.

Dan kemudian panggung menjadi gelap, hanya ada suara Chrisye bernyanyi. Cahaya terang hanya muncul pada video, yang  memperlihatkan barisan lirik “Kidung Abadi” yang terasa mencekat juga mengharukan ….

Ku sadari waktu telah berlalu

Dunia pun tak seperti dulu

Lihatlah masa, berganti semua

Ku disini, dan kau disana

Andai ku bisa mengulang kembali

Tapi sadar aku tak mungkin

Walau pun kidung rindu hati ini

Biarkan semua jadi mimpi

Walau kini ku jauh darimu

Ku kan selalu tuk tetap bernyanyi

Kau dengar alunan melody ku

Persembahan ini untukmu

Suasana sendu pelan-pelan diubah Erwin dengan menggulirkan “Kisah Cintaku”, “Cintaku”  dan “Pergilah Kasih”. Tiga lagu yang mengesankan penonton, hingga mereka masih tetap menyanyi, ketika meninggalkan ruangan.

Erwin Gutawa berhasil merancang dan mewujudkan konsep pentas yang terbilang langka dalam seni pertunjukan Indonesia.  Ia berkreasi secara lengkap, dari membuat aransememen seluruh lagu, sekaligus menjadi pemain musik (bahkan memainkan bass, alat musik pertama yang membuatnya dikenal publik)

Di luar itu, sumbangan dokumentasi video musik Chrisye yang digarap Jay Soebijakto maupun Taba Sancabachtiar dan kerja kreatif prduser Gita Gutawa, memungkinkan ide “liar” pentas  ini terwujud indah dan sempurna. XPOSEINDONESIA/NS  Foto : Muhamad Ihsan

More Pictures

 

Last modified on Sunday, 01 March 2020 20:38
Login to post comments

Music

July 13, 2013 0

Andi Auriec Menunggu Berkah ‘Sampai Mati’

Jika sekali waktu Anda berkunjung ke  Ancol Beach City...
July 27, 2013 0

Metalica Live in Jakarta

Metallica, akan manggung di Jakarta pada Minggu, 25...
July 27, 2013 0

“Best Song Ever” dari One Direction

Superstar global, One Direction merilis single terbaru...
July 29, 2013 0

Alicia Keys Manggung di Jakarta

Alicia Keys terkenal di dunia musik sebagai pelantun...