D’Masiv Makin Dewasa di Usia 17

01 February 2020

Setelah 17 tahun berdiri, untuk pertama kalinya  D’Masiv  menggelar konser tunggal bertajuk ‘Love Concert’, di The Pallas,  SCBD, Jakarta, 31 Januari 2020.   

Di atas pentas itu,  Rian Ekky Pradipta  (vokalis) dan kawan-kawan mengajak para penggemar untuk bernostalgia, dengan memperdengarkan 19 lagu, termasuk lagu  yang termuat di album terbaru bertajuk Love (2019). 

“Kenapa pentas ini dinamakan Love Concert, karena disesuaikan dengan judul album baru kami,” ungkap Ryan  usai  menyanyikan lagu  baru yang termuat di album Love yakni “Lelaki Pantang Menyerah”, “Kesempatan Bersamamu”,  “Pernah Memiliki”.

Dari panggung itu, Ryan juga jujur mengaku,  bahwa perjalanan  kariernya  dalam D’Masiv bersama Dwiki Aditya Marsall (gitar), Rayyi Kurniawan Iskandar Dinata (bass), Nurul Damar Ramadan (gitar), Wahyu Piadji (drum), tidaklah mudah. 

“Ngeband itu seperti membina rumah tangga. Harus saling pengertian, saling menyayangi dan bisa menahan ego,” kata Ryan, sambil menyebut di kelompok lain, malah banyak vokalis yang tergoda keluar dari grup band, entah untuk bersolo karier, atau untuk menjadi pejabat publik, misalnya. 

“Tapi, saya akan terus menjadi vokalis D’Masiv,” ungkap Ryan sebelum menyuarakan lagu bertajuk “Ingin Lekas Memelukmu Lagi”, sebuah lagu yang  tercipta setelah  Ryan diprotes Ralia, anaknya  lewat video call,  lantaran  ia terlalu lama menggelar tur dan tak pulang-pulang. 

Bisa berjalan sepanjang 17 tahun dan  tetap bisa bersama, menghasilkan enam  album sambil menebar puluhan lagu hits yang mendayu,  ternyata tidak melulu jadi jaminan bagi D’Masiv untuk menggelar pentas dengan sukses. 

Karena sesungguhnya pentas tunggal pertama ini,  telah dirancang untuk digelar pada September 2019. Namun karena, “ada hambatan teknis,  baru bisa digelar sekarang,”  ujar Ryan lagi.

Pada babak berikutnya,  Ryan membawakan lagu yang pernah hits dibawakan Chrisye. “Meski menyesal kita tidak pernah bertemu secara langsung dengan Chrisye, namun dengan bantuan dan ijin Musica, kita  bisa bernyanyi bersama,” kata Ryan sebelum menyuarakan “Selamat Jalan Kekasih” secara duet, kemudian melanjutkan secara solo lagu “Pergiah Kasih”.  

Pentas yang didatangi sejumlah selebgram Jakarta itu kemudian dihiasi lagu-lagu  hits  nostalgia seperti, “Aku Percaya Kamu”, “Jangan menyerah”, “Rindu Setengah Mati” dan lain-lain. 

Menoreh Sejarah

Hari ini, D’Masiv bisa disebut grup band pop  rock, yang masih menjadi anak emas dari Musica Studios, selain Noah Band.  

Band ini sudah memilik trade merk kuat sebagai band pop yang  sering melejitkan lagu dengan lirik khas, mudah dicerna namun dengan pilihan kata yang tidak pasaran. 

Liriknya berkisah tentang perasaan, dengan  mengggunakan bahasa hati yang berirama. Simak pada judul  “Cinta Ini Membunuhku”,  “Rindu Setengah Mati”, “Ingin Lekas Memelukmu Lagi, dan lain-lain.

Di awal karir rekaman mereka pada 2008 lewat album  “Perubahan”,  D’Masiv banyak mendapat kritikan.  Terutama karena beberapa lagu di situ, memiliki kemiripan dengan  lagu barat.  

Di YouTube issue tentang ini  bahkan dibuat dalam bentuk video khusus dan  bisa disimak via  https://www.youtube.com/watch?v=ZUmx8la3LTU

Ryan dalam sebuah jumpa pers yang digelar di Hard Rock Cafe Jakarta 1 April 2009, menyebut ia hanya terinspirasi dengan lagu-lagu dari Muse, Switchfoot dan Incubus dan tidak menjiplak.

Perjalanan D’Masiv akan terus panjang. Mereka akan semakin dewasa dan lebih berhati hati dalam berkarya dan membuat catatan prestasi. Karena rekaman perjalanan itu bukan hanya untuk diri sendiri, melainkan juga untuk catatan sejarah perjalanan musik Indonesia. XPOSEINDONESIA/NS Foto : Muhamad Ihsan

More Pictures

 

Last modified on Thursday, 06 February 2020 19:55
Login to post comments

Music

July 13, 2013 0

Andi Auriec Menunggu Berkah ‘Sampai Mati’

Jika sekali waktu Anda berkunjung ke  Ancol Beach City...
July 27, 2013 0

Metalica Live in Jakarta

Metallica, akan manggung di Jakarta pada Minggu, 25...
July 27, 2013 0

“Best Song Ever” dari One Direction

Superstar global, One Direction merilis single terbaru...
July 29, 2013 0

Alicia Keys Manggung di Jakarta

Alicia Keys terkenal di dunia musik sebagai pelantun...