Dari Surga Chrisye  Merilis  Single Baru  “Rindu Ini” 

29 September 2020

Sebagai sebuah perusahaan rekaman tertua di Indonesia yang masih sangat aktif berpoduksi, Musica Studios patut dipujikan memiliki penyimpanan data lagu yang sangat  baik, bahkan bisa disebut sempurna.

Terbukti, single terbaru Chrisye berjudul “Rindu Ini”, sempat terselip sepanjang 28 tahun,  sebelum dirilis dan diedarkan pada bulan kelahiran Chrisye, September 2020.  Atau tepatnya, setelah 13 tahun ia wafat.

Direktur Musica Studio's, Indrawati Widjaja, dalam konferensi pers virtual Senin, 28/09, menjelaskan “Lagu "Rindu Ini" yang menyimpan suara asli Chrisye dalam pita 2 inch dan sudah dimixing dan mastering itu,  “tidak sengaja  ditemukan ketika Musica sedang memeriksa dan menata ulang arsip-arsip lama,” kata Indriati Wijaya yang akrab dipanggil Bu Acin ini.

Bu Acin mengelak menyebut lagu ciptaan Tito Sumarsono dan Cecep yang diaransir Dwiki Dharmawan  pada tahun 1992 tersebut,   pernah direject  untuk  dimasukan dalam abum Chrisye di masa lalu.  

Jika menghitung usia “Rindu Ini”, pada masa itu, almarhum Chrisye sedang mempersiapkan album “Sendiri Lagi” (1993). Besar kemungkinan “Rindu Ini” awalnya dirancang untuk masuk ke album tersebut.

"Pada masa itu, rekaman untuk penyanyi selalu  dalam bentuk album berisi 10 lagu.  Bukan  rekaman single seperti sekarang. Kemungkinan besar, lagu ini ditunda masuk album Chrisye produksi  tahun itu, dan disiapkan untuk  dirilis  pada album berikutnya,” ungkap Bu Acin lagi

“Ini kehendak semesta alam dan persetujuan Tuhan untuk diedarkan pada tahun 2020,” kata Indriati Wijaya.  Jadi  dulu tidak diedarkan bukan karena di reject.  Ini benar-benar tersimpan.” 

Dilupakan Penulis dan Arangger

Pada awal ditemukan, “Rindu Ini”  sudah dilupakan penulisnya  (Tito Sumarsono) maupun arrangernya  (Dwiki Dharmawan).

“Saya kaget dan tidak percaya waktu dikasih info oleh Musica. Sampai kemudian lagu ini diperdengarkan kembali, saya baru sadar pernah menulis lagu itu.  Awalnya,  saya pikir, saya bekerja sama untuk penulisan lirik dengan  Cecep AS, ternyata bukan. Ini Cecep teman saya, yang tetangga!” kata Tito Sumarsono.

Sementara itu, Dwiki Dharmawan mencoba menggali ingatan, saat proses rekaman lagu tersebut.  “Belakangan   ini baru teringat,  ternyata ikut menemani Chrisye  take vocal, dan Chrisye juga memberi masukan untuk penggunaan  solo synthesizer di lagu ini,” ungkap  Dwiki

Pengisi Rindu Fans 

Bagi penggemar fanatik Chrisye, diedarkannnya  lagu “Rindu Ini,  seperti menjawab kekosongan rasa,  yang sudah terpendam cukup lama terhadap sang idola. 

“Sesuai judul lagu “Rindu Ini”, rasanya lagu ini seperti menjawab rasa kangen dan kerinduan kami,” kata Ferry Mursyidan Baldan, Penggagas berdirinya Komunitas Kangen Chrisye (K2C) .

Musica yang kini   dipercaya  pihak keluarga Chrisye menjadi Rumah  bagi pengelolaan seluruh karya dan Image Chrisye, menurut Ferry perlu lebih sering memberi ruang untuk kebebasan berekspresi bagi  para penggemar yang ingin mengenang  Chrisye dalam berbagai bentuk. 

“Tentu kami tidak melupakan apa yang disebut dengan kewajiban dari penggunaan karya dan image.” Kata Ferry.

Di luar itu, Ferry berharap, Musica masih   menyimpan suara dan lagu Chrisye lain yang nasibnya sama seperti “Rindu Ini”, “dan Bu Acin mau  mengedarkannya. Sebagai fans kami tidak rela jika masyarakat melupakan Chrisye. Sesuatu yang jadi peninggalan musisi adalah lagu. Kami akan   terus menjaga dan menghormati karya-karyanya.”

"Rindu Ini" dari Chrisye sudah bisa dinikmati di Spotify, YouTube, dan seluruh kanal digital.  XPOSEINDONESIA/NS Foto : Dokumenasi Musica Studio

 

More Pictures

 

Last modified on Tuesday, 29 September 2020 12:26
Login to post comments

Music

July 13, 2013 0

Andi Auriec Menunggu Berkah ‘Sampai Mati’

Jika sekali waktu Anda berkunjung ke  Ancol Beach City...
July 27, 2013 0

Metalica Live in Jakarta

Metallica, akan manggung di Jakarta pada Minggu, 25...
July 27, 2013 0

“Best Song Ever” dari One Direction

Superstar global, One Direction merilis single terbaru...
July 29, 2013 0

Alicia Keys Manggung di Jakarta

Alicia Keys terkenal di dunia musik sebagai pelantun...