Baliyanto Genjot Pskyject Jadi Terkenal

12 August 2020

Akun Instagram Musisi, Arranger sekaligus Produser, Baliyanto Wahyudi Kurniawan  (@baliyantowahyudi) belakangan sering memposting foto dan video seorang pria tengah bersepeda. Ia memakai kostum berwarna elektrik. Bahkan juga pada rambut jabrik dan kaca matanya.

"Ya, itu penyanyi baru yang sedang saya orbitkan. Namanya Pskyject membawakan lagu  ciptaan sendiri. Video klipnya baru tayang di Youtube, 6 Agustus lalu. Judul lagunya "Sepeda," (Genjot Genjot Genjot). Kita distribusikan di bawah bendera HP Music " kata Bali ketika www. xposeindonesia.com mengkonfirmasi  via telepon tentang kehadiran foto dan video  Pskyject yang banyak menayang di akunnya.

Bali kemudian merinci, awalnya Pskyject  menyerahkan lagu "Sepeda" untuk dinyanyikann oleh penyanyi remaja wanita yang  juga tengah diproduserinya.

Pas lagu “Sepeda” didengarkan,  menurut Bali musik dan gaya nyanyi Pskyject itu ternyata sangat unik, dan sangat beda dengan yang ada di industri musik hari ini. 

"Saya kemudian berani memutuskan untuk memproduseri lagu itu dan dinyanyikan oleh si penciptanya sendiri. Karena karakterya terasa lebih kuat!" ujar Bali.

Uniknya, Pskyject sendiri bukan orang baru bagi Bali.  Pskyjet yang punya nama  lengkap Prihadi itu, sebetulnya tehnisi computer untuk studio rekaman pribadi milik Bali.

“Jadi, kami sudah berteman lama. Anak ini saya kenal suka nge band dan bisa main gitar. Ia  juga bekerja di radio, di kelompok Mahaka.  Jadi, profesinya tidak jauh dari pembuatan musik. Tapi untuk menyanyi apalagi untuk direkam dan diedarkan secara komersil, ini memang kerja kreatif Pskyject yang pertama,” kata Baliyanto yang kini juga merangkap jadi manager Pskyject.

Video Music yang Tengil

Saat  xposeindonesia mengkonfirmasi pekerjaan Pskyject,  via telepon ia mengakui  sejak  tahun 2014 memang bekerja di kelompok Mahaka sebagai Audio Production Commercial/Program.   

“Tapi sejak Pandemi Covid 19 merebak, saya kebagian jaatah menjadi karyawan yang dirumahkan,” ungkap pria kelahiran 12 Desember 1974 ini tanpa beban. “Hikmah Pandemi, malah saya bisa bikin dua lagu baru.  Pertama berjudul “Gara-Gara Covid” featuring Kojek Rap Betawi  yag bisa didengar di Spotify. Kedua berjudul “New Normal” sudah  di upload  di Youtube dan dipakai  menjadi  theme song acara radio Program GEN  98.7 FM,” ia menambahkan penuh  semangat.

Sementara soal lagu “Sepeda”, Pskyject menyebut nada lagu itu sebetulnya sudah lama ada dalam memorinya.

“Mungkin sejak saya SMA. Waktu itu saya jatuh cinta dan sempat bikin lagu. Saya keingetin lagu itu, kemudian mengganti liriknya,” ujar Pskyject sambil menyebut  nada lagu itu terinspirasi dari warna musik  yag hits di era tahun 1920-an.

“Musiknya sengaja  saya buat berbeda  dengan yang sedang trend saat ini, seperti EDM atau mungkin music dangdut koplo. Kalau disamain, malah perangnya nanti susah,” ungkap pria itu tergelak.

Lirik  lagu “Sepeda”  sendiri bercerita tentang mimpi seorang pria untuk memiliki sepeda  mahal yang sedang booming saat ini.  Tetapi  kemudian ia menyadari bermain sepeda tidak perlu melihat brand atau harga yang mahal, asalkan  ada  yang biasa, ia sudah merasa bahagia,  karena bisa menggenjotnya setiap saat.

Demi membuat music video lagu “Sepeda”,  yang digarap sutradara Ardy Octaviand,  Pskyject  harus rela diriya “dipermak”.  

Pertama, rambutnya harus dicat berwarna. Kedua, ia harus mengenakan baju kedombrongan dengan warna warni mencolok.

“Ini  bukan image aku banget. Biasaya aku mengenakan baju pas badan,” katanya bernada protes.

Tapi kemudian adik Pskyject yang kerja di bagian wardrobe di ANTV membujuknya dengan mengatakan. “Itu  sengaja untuk branding, sesuai lagu. Ya saya ikutin. Tapi jujur, pertama kali lihat kostum untuk video itu, saya protes,”kata Pskyject

Namun setelah  video jadi, apalagi Ketika sudah di upload ke YouTube,   Pskyject cukup kaget mendengar komentar banyak orang yang justru terdengar positif. 

“Kata teman-teman, gaya tegil aku  keluar banget  di situ. Saya paham sekarang, sutradaraya pintar untuk membuat visual yang sesuai dengan karakter lagu yang saya nyanyikan,” kata Pskyject yang siap untuk naik panggung  live membawakan  “Sepeda” .

"Kita sedang mempersiapkan single kedua. Judulnya "Karena Rupiah".  Kita sudah bicarakan soal ini sampai ke masalah image video musiknya dengan sutradara Ardy," kata Baliyanto mengakhiri percakapan     Xposeindoensia/NS Foto  Dok : Baliyanto

 

Media

Last modified on Wednesday, 12 August 2020 08:46
Login to post comments

Music

July 13, 2013 0

Andi Auriec Menunggu Berkah ‘Sampai Mati’

Jika sekali waktu Anda berkunjung ke  Ancol Beach City...
July 27, 2013 0

Metalica Live in Jakarta

Metallica, akan manggung di Jakarta pada Minggu, 25...
July 27, 2013 0

“Best Song Ever” dari One Direction

Superstar global, One Direction merilis single terbaru...
July 29, 2013 0

Alicia Keys Manggung di Jakarta

Alicia Keys terkenal di dunia musik sebagai pelantun...