ST 12  : Menunggu Nasib Baik Mengulang Sukses

11 October 2019

Firman Siagian  (mantan vokalis The Fly dan alumni Indonesian Idol di musim kedua yang beberapa tahun terakhir dikenal sebagai penyanyi solo) resmi bergabung  dengan ST 12 dan mengambil peran sebagai frontman menggantikan Charly van Houten.

Firman  merapat    ke dalam band  beraliran musik melayu itu melengkapi  formasi ST 12, bersama Indra (bass band) dan Pepep (drum).

 “Saya akan kasih sentuhan rock, tapi basic-nya tetap melayu,"  kata Firman tentang peran  barunya dalam ST 12 dalam jumpa pers peluncuran singel baru ST12 bertajuk "Kepingan Hati" di Band Kafe, Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (9/10/2019).

Meski dikenal sebagai penyanyi pengusung slow rock, sejatinya Firman sangat terbiasa  dan merasa dekat dengan budaya melayu, termasuk musiknya. 

"Saya terlahir di Tapanuli di kampung melayu, jadi tidak asing dengan budaya melayu. Terus musik saya menjalani karir di music rock, tapi dalam 10 tahun terakhir  ini, saya di melayu juga," ucapnya. 

Ketertarikan Pepep drummer ST 12, untuk mengajak Firman bergabung sesungguhnya sudah terjadi sejak tahun 2014 lalu. Pepep waktu itu mengajak Firman  dalam sebuah menggarap projek kolaborasi, namun hingga kini belum terwujud. 

"Jadi Pepep sudah pernah datang ke saya untuk menggarap semacam project featuring," kata Firman . "Tapi  waktu itu, saya baru  garap proyek solo, akhirnya enggak jadi. Waktu juga yang mempertemukan kami tahun ini, Pepep datang ke saya, saya langsung 'oke, ayok kita jalan'," sambungnya.

Indra  menyebut alas an kuat mengajak Firman menggantikan posisi Charly, “Pertama dari segi karakter, vokal Firman bisa mengisi sesuatu yang kurang di ST12," kata Indra. "Dia beranjak dari Sumatera, di mana music melayu sangat kental  di sana.  Itu yang membuat dari segi teknis,  di studio  pekerjaan kami lebih gampang. Apalagi kita juga sudah tahu kiprahnya di industri musik seperti apa," sambungnya. 

Firman sadar,  pekerjaan barunya itu tidak gampang.  "Bukan hal yang mudah untuk nge-mix dengan ST12. Karena mereka memiliki karakter yang kuat," ujar Firman. "Namun kepercayaan ini sebuah kebanggaan tersendiri  buat saya,"  tutur Firman

Dalam perjalannnya Bersama ST 12 ke depan, Firman  bertekad ingin memopulerkan kembali musik melayu di kalangan anak-anak muda. "Lagu saya lagu pop melayu modern. Jadi perjuangkan melayu agar bisa diterima. Sekarang ketemu sama ST12, kami punya misi yang sama agar melayu diterima anak-anak sekarang," kata Firman. 

Mampukah Firman mewujdukan idealisme itu? Mampukah ia menyamai pesona Charly van Houten yang terlalu kuat melekat dan membawa ST 12 berkibar dengan gagah?  Sabar. Firman perlu waktu untuk membuktikannnya. Kita tunggu perjalanan nasib baik berpihak pada ST 12, dan khususnya  pada Firman. XPOSEINDONESIA/NS Foto : Muhamad Ihsan

More Pictures

 

Last modified on Friday, 11 October 2019 10:50
Login to post comments

Music

July 13, 2013 0

Andi Auriec Menunggu Berkah ‘Sampai Mati’

Jika sekali waktu Anda berkunjung ke  Ancol Beach City...
July 27, 2013 0

Metalica Live in Jakarta

Metallica, akan manggung di Jakarta pada Minggu, 25...
July 27, 2013 0

“Best Song Ever” dari One Direction

Superstar global, One Direction merilis single terbaru...
July 29, 2013 0

Alicia Keys Manggung di Jakarta

Alicia Keys terkenal di dunia musik sebagai pelantun...