31.3 C
Jakarta
Thursday, August 11, 2022

Dicari! Zebra Cross Special Untuk Citayam Fashion Week

- Advertisement -
- Advertisement -

Ada sebuah zebra cross yang sangat terkenal di Indonesia dalam dua bulan terakhir. Zebra cross itu terletak di kawasan Dukuh Atas, Sudirman Jakarta Pusat.

Zebra cross ini mendadak terkenal karena di sepanjang sore hingga malam hari (terutama di Sabtu-Minggu), digelar fashion show oleh anak-anak dari kawasan Citayam, Depok, Bojong Gede dan lain-lain.

Mereka nongkrong di dekat situ, kemudian ada yang berlenggak-leggok di zebra cross  bak model professional. Baju yang mereka kenakan seadanya. Tapi diyakini sebagai fashion yang trendy.

Media kemudian menyebutnya sebagai Citayam Fashion Week. Karena sebagian besar anak-anak itu datang dari kawasan Citayam.

- Advertisement -

Dan ternyata kegiatan ini mewabah jadi trend. Belakangan banyak tokoh terkenal yang meniru aksi anak-anak Citayam untuk sekedar melintas di zebra cross.

Ada Gubernur DKI Anies Baswedan,  Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan didampingi  rombongan Ojol,  bahkan model papan atas Indonesia Paula Venhouver, Athala Naufal, anak Vena Melinda  juga secara suka cita memanfaatkan trend dadakan ini.

Belakangan anak Jakarta Selatan seperti mengambil alih cat walk di Dukuh Atas. Mereka meniru Bonge, Roy, JJ yang pertama kali memanfaatkan sekaligus mempopulerkan  zebra cross menjadi catwalk  Citayam Fashion Week.

Lomba Fashion Ratusan Juta

Melihat animo masyarakat terhadap kegiatan di kawassan ini, Baim Wong dan isterinya, Paul Verhoven berencana menggelar lomba fashion dengan nama Citayam Fashion Week. Lomba ini menyediakan hadiah ratusan juta rupiah.

“Peserta lomba wajib pakai baju yang keren. Kayak di Harajuku, Jepang ya!” kata Baim termuat dalam Vlog BaPau.

Baim sangat serius memikirkan event ini. Terbukti lewat PT Tiger Wong Entertainment, perusahaan miliknya, nama Citayam Fashion Week telah lebih dulu didaftarkannya sebagai merek ke Pangkalan Data Kekayaaan Intelektual (PDKI) pada 20 Juli 2022.

Dan lomba fashion tersebut dirancang bakal diselenggarakan secepatnya di tahun 2022. “Hadiah pertama akan mendapat uang tunai Rp 100 juta, hadiah kedua Rp 50 Juta, hadiah ketiga Rp 25 juta. Penonton pun bisa dapat voucer yang berhadiah motor, handphone dan lain-lain,”kata Baim lagi.

Lokasi Bakal Dipindah?

Pada 24 Juli 2022,  akun Instagram Pikiran Rayat melansir pernyataan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria yang mengusulkan mencari tempat baru bagi aktivitas Citayam Fashion Week karena zebra cross yang digunakan sekarang, dianggap telah mengganggu ketertiban umum.

Baca Juga :  Festival Sriwijaya XXIII, Membaur Lokal dalam Kemasan Modern.

Pelaksanaan  Citayam Fashion Week  yang memakai tempat publik membuat pejalan kaki dan pengguna kendaraam kesulitan melintas di Jalan Tanjung Karang Dukuh Atas.

”Kegiatan fashion week ini ke depan mari kita cari  tempat lebih baik,“ kata Wagub Ahmad Riza Patria.

Wagub menyebut, Citayam Fashion Week yang menggunakan zebra cross berpotensi menimbulkan bahaya.

Apa Sesungguhnya Fungsi Zebra Cross?

Hampir di  setiap  jalan raya di  seluruh dunia, bisa  kita temui yang  namanya zebra cross.

Marka jalan ini ditandai dengan garis membujur warna putih dan hitam, dengan tebal garis marka sekitar 300 mm dan celah diantara warna sekitar 2.500 mm.

Fungsi zebra cross sebagai tempat penyeberangan para pejalan kaki.

Zebra cross dibuat melintang di tengah jalan untuk memberitahu pengendara kendaraan bahwa di situ ada jalur bagi pejalan kaki untuk menyeberang.

Maka seluruh kendaraan, baik itu motor, mobil, truk, bahkan bus, harus memperlambat lajunya ketika mendekati marka jalan ini.

Karena fungsi zebra cross sebagai area penyeberangan, maka baik pejalan kaki ataupun pengendara kendaraan bermotor wajib memahami dan mematuhi rambu-rambu lalu lintas yang ada.

Maksudnya, apabila kami sedang berjalan kaki dan ingin menyeberang, maka gunakanlah zebra cross ini sebagai fasilitas yang sudah diberikan.

Sedangkan, apabila Anda adalah pengendara mobil, maka dahulukan orang yang menyeberang, dan jangan membunyikan klakson untuk memburu-buru pejalan kaki yang sedang menggunakan zebra cross.

Meskipun fungsi rambu dengan garis-garis hitam dan putih ini adalah sebagai area penyeberangan para pejalan kaki, penempatannya pun tetap mempertimbangkan pengguna jalan lain. 

Pemasangan zebra cross tidak boleh di sembarang tempat dan harus sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Area yang diperbolehkan untuk dipasangi zebra cross antara lain adalah jalan dengan arus lalu lintas pengendara dan pejalan kaki yang relatif rendah.

Lalu, lokasi pemberian zebra cross pun harus di jalan dengan cukup jarak pandang. Beberapa tempat yang tidak boleh dipasangi marka jalan ini antara lain adalah di tanjakan, turunan, dan tikungan. Itu sedikit  penjelasan mengenai zebra cross.

Sebagai pengguna jalan, tentu kita harus taat peraturan lalu lintas, demi keselamatan bersama. Dan ini juga bisa diartikan bebas, sepanjang acara Citayam  Fashion  Week masih berlangsung di situ, siapapun yang bakal melintas, diharapkan pengertiannya untuk lebih sabar! XPOSEINDONESIA-NS Foto : Dudut Suhendra Putra

berlomba lomba menyebrang
berlomba lomba menyebrang
kerumunan padat mirip kampanye
kerumunan padat mirip kampanye
siapapun jadi ingin melintass di catwalk citayem fashion festival
siapapun jadi ingin melintass di catwalk citayem fashion festival
zebra cross yang menadi catwalk
zebra cross yang menadi catwalk
zebra crross milik citayem fashion week
zebra crross milik citayem fashion week
- Advertisement -

Latest news

- Advertisement -

Related news

- Advertisement -