Bunga Jelitha Ibrani : Bangga Tenun dan Songket Nusantara

22 September 2019

Namanya sesuai KTP : Bunga Jelitha Ibrani. Ia adalah  Supermodel of Asia Pacific 2011 juga Puteri Indonesia 2017, yang kini mulai  aktif menjadi presenter acara infotainment di televisi. 

“Aduh… selalu deg degan,  tiap camera on dan  harus mulai bicara di depan kamera. Profesi ini benar benar beda dengan menjadi model,” kata Bunga dari back stage fashion show tenun dan songket karya Anna Mariana  di Atrium Lippo Mall Kemang, 21 September 2019.

Tapi berprofesi menjadi  modelpun menurut Bunga,  tidak semudah yang dibayangkan.  Bunga yang sudah berkarir di dunia fashion sejak tahun 2005, tetap masih deg degan ketika akan memulai  show. 

“Terutama, jika sepatu yang akan digunakan tidak nyaman. Pasti itu  akan bikin senewen luar biasa. Takut jatuh. Dan saya pernah jatuh di cat walk. Kata banyak orang kalau belum pernah jatuh di catwalk  artinya belum sungguh sungguh bisa dapat label sebagai peragawati!”  ujar gadis kelahiran Jakarta, 6 September 1991 dengan tertawa.

Dalam perjalanannya sebagai model, Bunga  yang memiliki tinggi 181 cm itu,  mengaku bukan hanya  semata  memeragakan pakaian  bagus,  tampil cantik  sempurna dan mendapat honor. 

“Tapi   saya  juga bisa mendapat banyak wawasan baru dari orang-orang di sekeliling saya. Terlebih kalau memperagakan busana dari bahan tenun seperti yang didesain Anna Mariana seperti malam ini!” ungkap kekasih Syamsir Alam, pemain sepakbola Madura United .

Bunga mengaku bangga  dilibatkan sebagai model  dalam fashion show yang digelar Anna.  “Saya bisa mengenal detail tentang tenun dan songket dari  Bunda Anna Mariana. Ia sangat bersemangat dalam mengembangkan  dan mempromosikan wastara ini  di dalam negeri,  bahkan  sampai ke luar negeri,” kata peserta Miss Universe 2018 ini.

Sebagai Puteri Indonesia, Bunga mengaku semakin lebih terbuka matanya, tentang pentingnya pelestarian wastra  nusantara ini. Ia juga  baru mengetahui  kerja keras dan gigihnya Anna Mariana, dalam  hal mengembangkan dan melestarikan  tenun dan songket. Terutama dalam hal memperjuangkan penetapan Hari Tenun dan Songket  Nasional oleh Pemerintah sama seperti Hari Batik . 

“Saya mendukung akan ditetapkannnya Hari Tenun dan Songket Nasional yang akan segera diresmikan Bapak Presiden dan Ibu Iriana Jokowi,” kata Bunga yang lahir di bawah rasi Virgo ini .  

“Sebagai Putri Indonesia,  saya bangga, Pemerintah peduli pada budaya warisan dari para leluhur. Kalau bukan kita, siapa  lagi yang akan menghargainya,” tuturnya  XPOSEINDONESIA Foto  Muhamad Ihsan

More Pictures

 

Last modified on Sunday, 22 September 2019 08:08
Login to post comments