Festival Palang Pintu XIV Dibuka Gubernur DKI

29 April 2019

Dalam rangka menyambut HUT DKI Jakarta ke 492 di sepanjang jalan Kemang Raya, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, digelar Festival Palang Pintu Ke XIV  sepanjang dua hari, pada Sabtu dan Minggu (27-28/4/2019). 

Acara yang dibuka Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan ini  selalu menarik antusiasme masyarakat. Ribuan orang sejak pagi berbondong-bondong  meramaikan acara  yang  dipenuhi  pegiat UMKM. Mereka menjajakan produk-produk kesenian, beberapa di antaranya adalah topeng ondel-ondel dan kain batik Betawi. Juga berbagai kuliner tradisional khas Betawi seperti kerak telor, dodol, bir pletok

Dalam festival ini, sebanyak sembilan peserta Palang Pintu dari berbagai wilayah DKI Jakarta mengikuti kompetisi. Palang Pintu sendiri adalah sebuah tradisi yang menjadi bagian dari upacara pernikahan masyarakat Betawi. Palang pintu menggabungkan seni beladiri dengan seni sastra pantun. Dalam tradisi ini, jawara yang bertindak sebagai perwakilan mempelai laki-laki dan perempuan akan saling menunjukan kemampuan memperagakan gerakan silat sambil melontarkan pantun satu sama lain.  XPOSEINDONESIA/Dudut Suhendra Putra.

 

Last modified on Monday, 29 April 2019 17:38
Login to post comments