33.3 C
Jakarta
Wednesday, May 18, 2022

Film Pendek “One Place, Different Space” Raih Golden Award

- Advertisement -
- Advertisement -

Film One Place, Different Space disutradarai Haris Supiandi diumumkan sebagai pemenang Gold Award di gelaran Virtual Award Juree ID 2021.

Pengumuman   ini disiarkan secara daring di situs resmi Viddsee pada 3 Desember 2021. 

Viddsee sendiri merupakan platform pencerita terkemuka yang didukung oleh AI untuk penonton,  pencerita dan brands. Dengan lebih 2 miliar penayangan hingga kini, Viddsee memberdayakan 3.000 komunitas para pencerita untuk membangun generasi penerus sukses di industri kreatif.

Panel juri  Virtual Award Juree ID 2021 terdiri dari Sébastien Simon (Programmer Busan International Short Film Festival), Linh Duong (Sutradara film Vietnam), dan Ahsan Adrian (Editor film Indonesia) juga memilih Boxes of Man and the Sea yang disutradarai Decky Putra sebagai pemenang Silver Award.

- Advertisement -

Film One Place, Different Space bercerita tentang hubungan ayah dan anak, dengan isu lingkungan dan masyarakat adat yang kerap terpinggirkan.

Sedangkan film dokumenter pendek Boxes of Man and the Sea bercerita tentang sang pembuat film dalam perjalanannya mengarungi Samudra Hindia serta hubungan manusia dengan lautan yang kerap terlupakan saat membicarakan kekayaan maritim Indonesia.

Kedua film tersebut berhasil mengalahkan delapan film finalis lainnya yang terpilih pada 19 Oktober 2021 lalu.

Menurut Linh Duong, sutradara film Vietnam dan salah satu panel juri internasional, “Film One Place, Different Space tak hanya menampilkan jarak antargenerasi, tetapi juga isu lingkungan, politik serta masyarakat adat melalui pendekatan konseptual yang dieksekusi dengan sangat baik.

Kedua pemeran utama yang sama-sama menjadi protagonis juga memiliki kemampuan akting yang natural.”

Ahsan Andrian, editor film dan salah satu panel juri internasional, menyebut “Film Boxes of Man and the Sea dipilih sebagai pemenang Silver Award,  karena film ini bercerita tentang kehidupan orang-orang biasa tetapi memiliki visual dan audio yang mendukung dalam cara bertutur. 

Baca Juga :  Film Garapan Livi Zheng Berlatar Bali Segera Tayang di Indonesia

“Ini yang membuat penonton ikut larut serta melebur ke dalam perjalanan tersebut,”  kata Ahsan Andrian

Selain kedua film tersebut, film Nggabrul yang disutradarai Philipus Maliobowo didapuk sebagai pemenang Audience Choice Award.

Masa pandemi COVID-19 yang sudah berlangsung selama hampir dua tahun tidak mengurangi antusiasme pembuat film pendek Indonesia untuk berkarya dengan mengangkat beragam isu dan mendaftarkan filmnya ke Viddsee Juree Awards Indonesia. 

“Kekayaan dan keragaman budaya Indonesia tak pernah gagal untuk menginspirasi saya. Hal ini direfleksikan dari film-film yang kami terima tahun ini yang meliputi beragam topik dari isu lingkungan hingga pandemic,” ujar Ho Jia Jian, CEO Viddsee,

“Kreativitas, perspektif unik, keragaman serta semangat para pembuat film di tengah masa pandemi menjadi hadiah Indonesia bagi panggung dunia,” lanjut Ho Jia Jian, mengapresiasi film dan peserta Viddsee Juree Awards Indonesia tahun ini.


Sebagai bagian dari Juree Indonesia 2021, Viddsee juga meluncurkan kerja sama dengan MNC Pictures bertajuk Etalase Kota, program akselerator bagi para pembuat film dalam jejaring Viddsee.

Etalase Kota yang merupakan program di bawah naungan Viddsee Labs adalah serial antologi yang menjadi tema utama dari program ini. Selengkapnya mengenai Etalase Kota bisa mengunjungi tautan https://vidds.ee/EtalaseKota.   

Semua rekaman gelaran Virtual Award Juree ID 2021 dan sepuluh film nominasi dapat disaksikan di tautan https://www.viddsee.com/c/juree-indonesia-2021.

Pantau terus akun media sosial Viddsee untuk informasi terkini terkait program Viddsee lainnya dan nantikan Viddsee Juree Award Indonesia 2022! XPOSEINDONESIA- Foto : Dok

- Advertisement -

Latest news

- Advertisement -

Related news

- Advertisement -