Dilarang Menyanyi di Kamar Mandi, Komedi tanpa Komika

22 June 2019

Cerpen Seno Gumira Ajidarma berjudul ‘Dilarang Menyanyi Di Kamar Mandi’ diangkat ke layar lebar, oleh sutradara John De Rantau dengan judul yang sama.

 

Cerpen  dari Rektor Institute Kesenian Jakarta (IKJ) ini, dinilai banyak kalangan  sebagai cerpen yang terlihat cerdas dalam memperolok-olokkan zaman, tanpa terasa nyinyir dalam menyindir pemerintahan secara kasar.

Dalam penggarapan film, Seno diminta pula sebagai penulis skenario. “Karena saya yang menulis cerpennya dan juga menulis skenario. Saya hampir tidak punya keberatan apa pun atas hasil karya John de Rantau ini. Bahkan saat menyaksikan hasilnya sebelum editing saya tertawa terus dari awal sampai akhir. Artinya ini film berhasil,” kata Seno disela-sela jumpa pers peluncuran trailer dan poster di XXI Epicentrum, Kuningan, Jakarta, Jumat (21/6/2019).

Tentang ide cerita cerpennya sendiri, menurut Seno, digarapnya di masa orde baru, di mana orang sulit untuk mengungkapkan pendapat.  “Bahkan untuk menyanyi di kamar mandi pun orang takut karena masa itu betul betul represif. Itulah ide cerita cerpen saya,” kenangnya.

Sementara sutradara John de Rantau menyebut film “DMKM” adalah film terbaiknya. Dibuat serius memperhatikan berbagai aspek hiburan seperti tari, lagu dan dialog-dialog yang lucu.

Meskipun bergenre komedi, John menegaskan sengaja tidak memakai comedian atau komika, yang belakangan ini bertebaran di berbagai film nasional.

“Saya ingin sesuatu yang beda. Saya tidak mau terjebak dengan pemain yang cenderung mencari efek melucu. Saya tidak mau lucunya dibuat-buat. Makanya disini saya pakai pemain dengan berbagai latar belakang mulai model, kontes kecantikan, aktor lulusan sekolah, aktor-aktor otodidak, penari sampai wartawan,” ujar John.

Film “DMKM” produksi bersama Himaya Pictures dan JDer Syndicate ini berkisah tentang seorang wanita berama Sophia (Elvira Devina), gadis cantik yang bikin heboh kampung Lapak yang dihuni multi etnik, multi karakter.

Para suami, termasuk para pemuda, mulai menjadi nakal sejak kehadiran Sophia. Fantasi dan imajinasi seks mereka melambung ketika Sophia menyanyi di kamar mandi yang berakibat mereka melakukan maturbasi bersama.

Akibatnya, para isteri protes karena tidak pernah lagi disentuh oleh suami-suami mereka. Mereka menuntut pak RT (Mathias Muchus) agar Sophia diusir dari kampung.

Namun sejak gadis sexy itu pergi, para suami seperti kehilangan kebahagiaan dan gairah. Mereka semua lemas.

“DMDKM” yang akan tayang 18 Juli 2019 ini dibintangi puluhan aktor-aktris senior seperti Mathias Muchus, Anna Tarigan, Ricki Malau, Jurika Prastika, Yan Widjaya, Inggid Wijanarko, Iwan Gardiawan, Anne J.Cotto, Anisa Sheban, J. Sebastian, dll. Sedang pada wajah muda ada Elvira Devina, Fiki Alman, Kathy, Poppy Asya Azzahra, dll. XPOSEINDONESIA/Foto : Dudut Suhendra Putra.

More Pictures

[widgetkit id=

Last modified on Wednesday, 26 June 2019 11:57
Login to post comments