#KawanSinema Putar  Empat Film  Pendek Berdonasi  

29 April 2020

Sejak pemerintah Indonesia menganjurkan untuk bekerja dari rumah dan menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona, banyak kegiatan terpaksa berhenti. Termasuk produksi film.  Sehingga banyak pekerja film dan seni yang kehilangan sumber pendapatan. Padahal banyak dari mereka adalah tulang punggung keluarga.

 

Namun Corona yang sangat meresahkan  sekaligus menakutkan  dan telah menjadi musibah dunia terbesar abad ini,  ternyata  tetap menyimpan  celah hikmah. 

Setidaknya,  virus itu memancing lahirnya tantangan kreativitas  baru.  Seperti yang dilakukan Novy Astria dan #KawanSinema

Novy Astria  berniat mulia, ingin membantu meringankan beban pekerja film dan seni dengan jalan mengumpulkan donasi dari memutar film pendek via live steaming. 

“Melihat banyaknya acara live streaming melalui kanal digital,  kami terpikir, ini jadi kesempatan untuk mengajak para penonton sekaligus berdonasi. Karena itu bersama Infoscreening yang diwakili oleh Panji Mukadis, #KawanSinema akan membuat live streaming film pendek sebagai langkah awal untuk mengumpulkan donasi,” ucap Novy. 

“Live streaming ini sekaligus bisa jadi hiburan untuk para penikmat film yang sementara waktu tidak bisa pergi nonton ke bioskop,” lanjut Novy. 

Untuk gerakan  #KawanSinema ini, menurut Novy,   mereka tidak mematok jumlah minimal untukberdonasi. 

“Pertimbangannya, saat ini orang-orang juga sedang berhemat, jadi kami tidak mau membebani penonton dengan mematok harga. Namun ada donasi minimal, sebesar Rp 10.000,-. Pembayaran bisa dilakukan  lewat platform saweria.co/novyastria. Pembayaran bisa dengan Gopay, OVO dan Dana,” ungkap Novy.

Live streaming tersebut akan diadakan pada hari Sabtu, 2 Mei 2020 pukul 20:00 WIB pada kanal YouTube Infoscreening

Ada  beberapa film pendek yang ditayangkan antara lain “It Could Have Been a Perfect World” (Adhyatmika Pandu), “Tos” (Andra Fembriarto), “Blessed” (Candra Aditya), dan “Lukisan di Dinding” yang belum lama hadir dalam jaringan, karya Orizon Astonia. 

Selain pemutaran 4 film pendek,  menurut Novy akan diadakan juga sesi bincang sinema dengan para pembuat film pendek tersebut.  

“Diskusi akan membahas berbagai pengalaman bekerja di industri film. Tentunya disertai tips dan trik agar penonton bisa mendapat ilmu dan sudut pandang baru,” ujar Novy lagi 

Untuk pertunjukan live streaming film pendek selanjutnya, #KawanSinema berencana akan menayangkan film-film pendek dari  karya mahasiswa. 

Film yang layak diputar, akan dikurasi terlebih dahulu oleh team Infoscreening. Khusus pemutaran film mahasiswa, donasi akan diberikan kepada mahasiswa yang juga terkena dampak pademi Corona. 

Sementara itu, hasil donasi dari program #KawanSinema menurut Novy, akan disalurkan kepada pekerja film dan seni yang filmnya diputar. 

“Kami berharap donasi bisa terkumpul dalam jumlah cukup signifikan untuk dibagikan tunai kepada  mereka yang membutuhkan bantuan. Kenapa uang tunai? Karena setelah kami riset,  di masa pademi ini, para pekerja film ada yang kesulitan membayar sewa rumah atau bagi perantau mungkin mereka perlu mentransfer uang untuk keluarga di luar kota,” ungkap Novi

Namun,  masih menurut Novy,  jika ada kolega atau badan usaha yang ingin turut membantu dengan menitipkan sejumlah dana untuk dibelikan sembako, “Kami siap membantu. Kami percaya dengan semangat gotong royong kita bisa melewati semua ini sampai waktunya nanti kita kembali ke keadaan yang lebih baik.” XPOSEINDONESIA/NS Foto : Dok. #KawanSinema

More Pictures

 

 

 

 

 

 

 

 

Last modified on Wednesday, 29 April 2020 20:50
Login to post comments

Film

August 4, 2020 0

Pafindo Rayakan Ultah Ke 4 dengan Banyak Karya

Perkumpulan Artis Film Indonesia (Pafindo), merayakan...
June 13, 2020 0

FTV Suara Hati Istri, Undang Wartawan Jadi Penulis Cerita 

Sejak ditayangkan di Indosiar pada 12 Oktober 2019,...
April 29, 2020 0

#KawanSinema Putar  Empat Film  Pendek Berdonasi  

Sejak pemerintah Indonesia menganjurkan untuk bekerja dari...
February 27, 2020 0

Formula Pictures rilis DVD Film Original terbaru “Shaun The Sheep Farmageddon”

California Fried Chicken (CFC) dan Formula Pictures...