Film Mantan Manten : Belajar Ikhlas dari Yasnina

02 April 2019

Visinema Pictures dengan sutradara Farishad Latujuba  dan penulis skenario Jenny Jusuf  dengan cemerlang  berhasil  membuat film tentang perempuan  muda  yang kuat  dan bermartabat lewat film  berjudul  menggoda, “Mantan Manten” yang direncanakan tayang di seluruh bioskop di Indonesia  pada 4 April mendatang.

 Film ini berbeda  dari drama kebanyakan.  Mengambil sisi  kehidupan yang jarang ditengok: Dukun Manten adat Jawa.  

Mengisahkan tentang Yasnina (Atiqah Hasiholan), manager investasi kaya  yang  dianiaya cinta, juga disiksa oleh nasib yang kurang mujur. Nina,  terpaksa mendadak beralih profesi jadi asisten paes/dukun penganten Marjanti (Tutie Kirana). Karena sang dukun  tak akan melepas jual kembali,  satu-satunya  investasi yang masih dimiliki Nina,  berupa vila di Tawangmangu yang sudah dijual namun belum dibalik nama.  Nina berniat membelinya kembali. 

Marjanti memberi tawaran berat, harga villa kini sudah turun drastis dibanding harga beli. Kalaupun Nina  berminat, ia  terlebih dulu harus menjadi asisten Marjanti selama tiga bulan. 

Nina  tersentak, ia mencoba gigih menawar.  Namun juga tidak punya pilihan lain. Terlebih hartanya sudah terkuras, lantaran terbelit investasi bodong,  yang dirancang  Iskandar (Tyo Pakusadewo), ayah dari tunangannya Surya (Arifin Putra).

Ikhlas itu Membalas dengan Kebaikan

Dikhianati  calon mertua yang juga boss kantor,  disusul ditinggalkan tunangan  adalah peristiwa pahit tak terperi. Di tengah keterpurukan pahit itu, Nina   yang anak metropolitan terpaksa tinggal bersama Marjanti,   dan harus bangun subuh, demi mendapatkan bahan-bahan perlengkapan untuk sajen prosesi pernikahan.  

Ini belum seberapa.  Ia pun wajib latihan berjalan  sambil berjongkok seperti  yang terdapat dalam tradisi Jawa, sekaligus mempelajari tahapan-tahapan merias  pengantin. 

Jalan cerita  film ini terasa cocok dengan karakter Atiqah. Ia  bisa manja dan lembut ketika  bersanding dengan Surya. Mudah tersulut  dan meletup-letup marah tak terkendali, terlebih ketika tahu dirinya dikorbankan Iskandar, demi  ambisi pribadi dan perusahaan Iskandar.  Nina juga bisa masygul saat patah hati dan dikhianati. 

Yang membuat mata penonton bisa mendadak berkabut air mata adalah ketika Nina dengan luar biasa tegar  dan kuat hati, merias Surya mantan tunangannnya,  yang memilih perempuan lain untuk dinikahi. 

Tak ada ekspresi dendam, ia malah yang menenangkan Surya, terutama ketika beskapnya terasa kekecilan. Dan dari bibirnya pula,  ia memberi mantera dengan meniupkan rokok  linting,  agar beskap memuai  sesuai ukuran.  Ini adalah tradisi dan ilmu yang diturunkan sang guru, Marjanti.

Film  tentang  bagaimana seorang wanita dijatuhkan dengan semena-mena, dan bangkit kembali secara bermatabat yang dibalut dengan budaya Jawa tersebut,  dibintangi  pula oleh Marthini Lio,   Ria Irawan, Arswendi Nasution, Asri Welas,  Melisa Karim, Oxcel.

Di tengah rasa yang mengharu biru, termuat komedi pendek namun cerdas  lewat peran Dodit Mulyanti (Darto) sebagai asisten awal Marijanti. Dengan kumis melintang, plus bahasa Jawa medok,  perannya sungguh segar dan  sangat mencuri perhatian.

“Mantan Manten” yang diproduksi Visinema Pictures bekerja sama dengan JD.ID dan Kaskus ini adalah film layak tonton sebagai semangat pembelajaran hidup bagi perempuan dan manusia  bermartabat. Ia juga layak masuk penilaian penjurian beragam film festival di dalam maupun luar negeri untuk tahun 2019 ini. Terutama untuk kategori penyutradaraan, penulisan skenario, pemeran utama wanita,  pemeran pembatu pria dan wanita. XPOSEINDONESIA/NS Foto Muhamad Ihsan

More Pictures

 

Last modified on Tuesday, 02 April 2019 16:08
Login to post comments

Film

September 10, 2019 0

Webseries Cinta Abadi Diluncurkan Ragnarok

Gravity Game Link penyedia layanan game online “Ragnarok”...
September 10, 2019 0

Rasy Alrizky  :  Menjajal  Kemampuan di Film Horor 

Industri perfilman  semakin berkembang. Perkembangan ini...
August 29, 2019 0

Kapal Goyang Kapten : Humor Ringan yang Bikin Penonton Ngakak

Mega Pilar Pictures akan merilis film drama komedi...
August 20, 2019 0

Menpar Bangga Film Bali: Beats Of Paradise Angkat Budaya Musik Gamelan

Menteri Pariwisata bangga terhadap film Bali: Beats Of...