Puan Maharani Ajak Masyarakat Bersatu, Cegah Corona Secara Mandiri

18 March 2020

Pandemi  Covid-19 atau virus Corona tengah  menjangkiti seluruh dunia. Di Indonesia sendiri tercatat ratusan masyarat yang telah tertular, bahkan belasan orang meninggal dunia.

Melihat kondisi tersebut, Ketua DPR  RI Dr (HC) Puan Maharani  Nakshatra Kusyala S.I.Kom, menghimbau seluruh lapisan masyarakat  wajib bersatu  menghadapinya. Ia juga mengajurkan untuk melakukan pencegahan pandemik ini secara mandiri.

“Seperti rajin mencuci tangan dengan sabun, menjaga kebersihan diri, keluarga dan lingkungan, makan makanan bergizi dan sehat, mengkonsumsi vitamin tambahan, rajin berolahraga agar tubuh tetap bugar,” kata Puan di Gedung DPR, Kamis, 18/03. 

Secara terbuka, Ketua DPR perempuan pertama sepanjang sejarah RI ini,  mengucapkan  terima kasih atas upaya para dokter dan tenaga medis yang bekerja di garis depan  dalam penanggulangan wabah Corona ini.  

“Karena itu, saya meminta seluruh lapisan masyarakat untuk ikut meringankan beban para dokter dan tenaga medis dengan melakukan tindakan pencegahan secara mandiri,” ungkapnya lagi.

Lebih jauh, Puan yang pernah magang  sebagai jurnalis di majalah Forum Keadilan itu mengimbau agar masyarakat bersikap positif dan bahu membahu,  bergotong royong dalam menghadapi pandemi ini.  

Penanggulangan wabah ini, kata Puan,  membutuhkan kerja bersama dari seluruh pihak;  baik pemerintah, TNI, Polri,  pihak swasta dan masyarakat.

Pemerintah bersama TNI dan Polri bersinergi melalui upaya- upaya  penanganan yang terintegrasi dan terpadu dalam memberikan edukasi, sosialisai, mitigasi, serta penanganan pasien.

“Sementara itu, masyarakat mengambil peran dalam ikut menjaga kesehatan diri, kebersihan lingkungan, dan mendukung praktek sosial distance (menjaga jarak antar individu) dan mematuhi protokol penanganan wabah,” katanya serius.

Lebih lanjut, Puan  mengatakan, pihak swasta perlu ikut mengambil peran dengan mendukung praktik bekerja dari rumah bagi para karyawan, serta membantu penyediaan fasilitas kesehatan bagi penanggulangan. “Gedung-gedung milik swasta yang tidak terpakai bisa difungsikan sebagai rumah sakit sementara,”  ujatnya memberi usul. 

Khusus untuk pengelola rumah sakit swasta, Puan mengimbau, “sekarang ini saatnya membantu sesama dengan berpartisipasi optimal membantu pencegahan dan penanggulangan Corona. 

Mari kita gotong royong dan fokus menanggulangi pandemi Covid -19 ini. Kami meminta pemerintah fokus menyelamatkan dan menjaga kesehatan masyarakat, karena menjaga dan menyelamatkan  kesehatan masyarakat  sama artinya  menyelamatkan ekonomi nasional,” ucap Puan.

Puan menyebut, bangsa Indonesia adalah bangsa yang lahir dan besar karena selalu mampu mengatasi tantangan dengan  semangat gotong royong,  sebagai semangat asli Indonesia.  

“Saya yakin, pada akhirnya bangsa ini akan melewati tantangan wabah virus Corona. Selanjutnya, kita akan menjadi bangsa yang lebih tangguh dan maju.” 

Puan lebih lanjut mengajak masyarakat untuk menjauhkan sikap egois, dan mau selamat sendiri. “Karena virus Corona hanya bisa dilawan kalau kita bersatu menghadapinya. Virus Corona akan menyerang siapa saja tanpa  memandang status, agama, profesi, suku dan warna kulit kita. Maka untuk melawannya, kita harus bekerjasama, bersatu sebagai sesama anak bangsa dan menjalankan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat!” tutupnya. XPOSEINDONESIA /Foto: Istimewa

 

Last modified on Wednesday, 18 March 2020 22:55
Login to post comments