Dengan Protokol Kesehatan Ketat, Festival Tanjung Kelayang 2020 Diresmikan

16 November 2020

Tidak biasanya, suasana meriah terlihat di Pantai Tanjung Kelayang, Kecamatan Sijuk, Belitung, Minggu 15/11/2020. Hari ini  dengan protokoL Kesehatan yang ketat resmi dimulai Festival Tanjung Kelayang 2020 yang akan berakhir pada 19 November 2020.

 

Festival yang masuk 100 Kalender Wonderful Indonesia tersebut menampilkan beragam lomba, seperti lomba vlog dan lomba pidato berbahasa Inggris.

Pada hari penutupan akan digelar Parade Pelangi Budaya yang dimulai pukul 14.00 diikuti 27 peserta.  Di tambah lagi, ada pertunjukan tari kolosal yang melibatkan 60 penari dan pemain musik. Tari berjudul “Legenda Batu Bedil” akan ditampilkan pada malam penutupan Festival Tanjung Kelayang.

Pembukaan festival berlangsung semarak dengan beragama atraksi seni dan budaya. Tampak hadir membuka acara Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Abdul Fatah dan  dihadiri  antara lain Bupati Belitung Sahani Saleh, Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie dan  Sekretaris Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Event  Kemenparekraf Edy Wardoyo.

Festival yang diselenggarakan  dengan menerapkan protokol kesehatan ketat, memperlihatkan Wagub Abdul Fatah  bersama sejumlah pejabat daerah melakukan pelepasan tukik di Pantai Tanjung Kelayang.

Wagub Abdul Fatah mengatakan pelaksanaan festival merupakan  upaya kerja keras Pemerintah Kabupaten Belitung dalam mencari solusi, agar pariwisata tetap berjalan di tengah Covid-19.

"Hari ini kami membuktikan Kabupaten Belitung tetap konsisten dalam melaksanakan agenda nasional, karena Festival Tanjung Kelayang masuk di dalam agenda nasional kepariwisataan Indonesia," kata Wabup Abdul Fatah.

Sementara itu, Bupati Belitung Sahani Saleh mengungkapkan  evalusi terhadap penanganan Covid-19 di Kabupaten Belitung menjadi acuan digelarnya Festival Tanjung Kelatang tahun ini. Dari hasil evalusi diputuskan Festival tetap digelar dengan memprioritaskan penerapan protokol kesehatan.

"Sebagaimana perarutan yang ada,  kita coba mengevaluasi penanganan penyebaran Covid ini, dari hasil evaluasi kita mampu menyelenggarakan event ini," ungkap Bupati Sahani.

Sekretaris Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Event  Kemenparekraf Edy Wardoyo mengapresiasi komitmen Pemerintah Kabupaten Belitung yang  mengekedepankan protokol kesehatan dalam menggelar festival ini.

Meskipun di Kabupaten Belitung jumlah penderita Covid sangat rendah, tetapi pemerintah Kabupaten Belitung dan masyarakat tetap memperhatikan protokol Kesehatan.

 “Saya kita itu yang harus kita garis bawahi  bahwa perhatian terhadap protokol kesehatan adalah prioritas dalam event seperti ini," ujar Edy. XPOSEINDONESIA Teks dan Foto Dudut Suhendra Putra

More Pictures

 

Last modified on Monday, 16 November 2020 07:29
Login to post comments