Print this page

Dari FESMI, Sebuah Ikhtiar Kemanusiaan untuk Jurnalis.

17 May 2020
Dari FESMI, Sebuah Ikhtiar Kemanusiaan untuk Jurnalis.

Federasi Serikat Musisi Indonesia (FESMI) yang baru didirikan di  penghujung 2019 memberi kejutan manis buat  para wartawan hiburan. 

Organisasi yang didirikan dengan tujuan untuk menciptakan wadah kolektif bagi keberlangsungan hidup para musisi di Indonesia hingga hari tua mereka itu,  mengucurkan donasi kepada jurnalis melalui Komunitas Pewarta Hiburan Indonesia (KOPHI). 

Ketua FESMI, Candra Darusman, mengatakan jurnalis merupakan bagian penting dari ekosistem musik yang harus mendapat perhatian pada masa kini. "Pemberian ini sebuah ikhtiar dari kami untuk membantu sebagian teman jurnalis yang terkena dampak pandemi Covid-19 ini," ujar Candra. 

Menurut Candra donasi yang diberikan berasal dari berbagai sumber antara lain Komunitas Biduan, Konser Musik #dirumahaja Najwa Shihab Cs dan Kitabisa.com. 

Pada tahap awal, kata Candra, pihaknya mengucurkan dana senilai Rp 15 juta untuk 30 jurnalis terdampak.

Sementara itu, Kadri Mohammad, salah satu anggota FESMI, mengapresiasi KOPHI yang telah bersedia memfasilitasi proses bantuan ini. Ia menyadari pada masa krisis seperti sekarang, hampir semua sektor terkena dampak. 

"Untuk tahap awal, kami mendonasi untuk 30 jurnalis yang benar-benar terkena dampak dari pandemi ini. Insya Allah akan ada tahap berikutnya," ujar lawyer yang juga menjadi vokalis dari grup band The KadriJimmo ini. 

Humas KOPHI Ginting Bagaskara menyampaikan terima kasih atas kepedulian para musisi kepada jurnalis. 

Ginting  lebih lanjut menjelaskan, kriteria yang digunakan untuk jurnalis yang mendapatkan donasi ini,  pertama adalah jurnalis  yang bertugas di desk hiburan. Selanjutnya, jurnalis tersebut sudah tidak lagi menerima gaji dari perusahaan atau usaha pers yang dijalaninya. 

Dan yang tak kalah penting, kata Ginting, KOPHI juga mengutamakan donasi kepada jurnalis yang sekarang  sedang mengalami sakit parah. 

"Di antaranya ada yang hanya terbaring akibat stroke. Ataupun ada yang secara runtin menjalani cuci darah.  Mereka ini  tidak hanya tinggal di Jakarta, melainkan di Semarang dan Makassar. Untuk mereka-mereka ini kami akan salurkan pula bantuan dari FESMI," kata wartawan berkacamata yang murah senyum ini. XPOSEINDONESIA Foto : Dokumentasi KOHPI

More Pictures

Last modified on Sunday, 17 May 2020 12:55
XPOSE INDONESIA
Login to post comments