Ramadan Berkah  : Dari Jurnalis untuk Jurnalis juga Masyarakat Umum

15 May 2020

Ramadan  adalah bulan berkah sekaligus bulan berbagi.  Ini yang dirasakan  penuh oleh Gerakan Peduli Jurnalis. Pada tahap ketiga ini, gerakan 'Peduli Jurnalis' berhasil  menyalurkan paket sembako untuk 100 jurnalis,  yang terdampak secara ekonomi akibat wabah Corona (Covid-19).

Sejak Selasa hingga Rabu (12-13/5), silih berganti para jurnalis mendatangi posko 'Peduli Jurnalis' di kawasan Pejaten, Jakarta Selatan untuk mengambil paket sembako yang disiapkan panitia.

Jurnalis mempunyai  hubungan personal  yang kuat dengan narasumbernya. Ini pula yang sedikit banyak memudahkan kerja panitia  Gerakan Peduli Jurnalis, untuk melobi  para donatur yang sebagian besar adalah narasumber mereka. 

Seperti pada Selasa 12/5,  posko gerakan 'Peduli Jurnalis' dikunjungi  langsung oleh Wakil Ketua MPR, Fadel Muhammad beserta sang istri, Hana Hasanah yang juga merupakan pengurus Sahabat Kartini.

Dalam kunjungan ini, Fadel dan Hana menitipkan sejumlah donasi berupa beras, minyak goreng, sabun dan makanan kaleng.

"Alhamdulillah saya bisa melihat langsung dan menyerahkan bantuan ke Posko 'Jurnalis Peduli'. Saya percaya teman-teman wartawan juga bekerja keras untuk membantu sesama wartawan dan masyarakat. Semoga kebaikan ini menjadi berkah untuk semua," kata Fadel Muhammad.

Di hari yang sama, Gerakan ‘Peduli Jurnalis’ juga mendapat donasi berupa 20 dus bumbu masak  instan dan sabun cair dari PT. Sasa Inti. Donasi ini akan didistribusikan untuk tahap selanjutnya.

Hingga tahap ketiga ini, donasi yang terkumpul sudah tercatat lebih dari 40 donatur, baik atas nama individu maupun lembaga. Mereka antara lain, Bens Leo, Ferry Mursyidan Baldan, Leny Rafael,, Novi Rizki, Febi Febiola, Arzeti, Indah, Irma Darmawangsa, M150,  Gloskin,  Sahabat Kartini, Yayasan Bahira,  Fadel Muhammad  dan lain-lain

M Taufik selaku Pembina Yayasan Bahira menyebut, kegiatan berbagi dari Yayasan Bahira bukan hanya pada masa pandemi Corona (Covid-19) saja, bahkan sejak sebelumnya.

"Beberapa waktu lalu, kita datangi kampung nelayan di Muara Baru. Kondisi mereka sangat memprihatinkan. Kini,  perhatian kami terbagi juga untuk rekan rekan wartawan," ujar Taufik di Jakarta, Selasa (12/5).

"Tidak semua cukup secara ekonomi, dan tidak semua memiliki posisi bagus. Jadi saat ini kita tidak bisa pandang profesi. Wartawan pun banyak yang gajinya dipotong karena perusahaan tidak kuat menggaji penuh," papar M  Taufik yang juga Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta dari Partai Gerindra.

Selama masa pandemi Covid-19 ini, Yayasan Bahira dan Sahabat Kartini pimpinan Rani Anggraini Safitri juga membagikan nasi kotak, beras dan sembako pada masyarakat yang membutuhkan.

Ketua 'Peduli Jurnalis, Andi Arif mengaku  sangat bersyukur dengan terselenggaranya pembagian paket sembako tahap ketiga  di tengah bulan Ramadan ini. 

"Jumlah donasi yang kita siapkan bagi jurnalis terdampak Covid-19 juga terus meningkat setiap tahapannya. Mulai dari 75, 80, dan hari ini 100 jurnalis yang kita fasilitasi," ujar Andi Arif.

Andy menyebut, program ini masih akan berlanjut sampai beberapa hari jelang dan setelah Idul Fitri 1441 H. XPOSEINDONESIA/NS Foto : Dokumentasi Jurnalis Peduli

More Pictures

 

Last modified on Friday, 15 May 2020 10:47
Login to post comments