Karya Anna Mariana untuk IMFW 2019 dan Ukraina

10 October 2019

Ada dua pekerjaan besar yang dikerjakan perancang tenun dan songket  Anna Mariana pada bulan Oktober ini. Pertama menggelar  pameran dan fashion show  tunggal di tengah ajang Indonesia Modest Fashion Week (IMFW) 2019,  di Plenary Hall Jakarta Convention Center.  Kedua, membuat kegiatan yang sama di Ukraina, Eropa Timur pada 15 dan 16 Oktober 2019.

IMFW 2019 : Konsep Spektakuler

Pada  IMFW Anna  Mariana   akan  menggelar show tunggal pada 19 Oktober 2019,  menampilkan 60 koleksi  busana terbaru. Yang terdiri dari  30 busana atas karyanya   sendiri, dan 30 lainnya  merupakan rancangan karya  Sasya dan Quita, puteri kembarnya yang mulai berkiprah sebagai perancang busana di bawah label House of Marsha by Sasha dan House of Marsha by Quita. 

Kedua puteri Anna mengeluarkan rancangan busana  untuk kaum milenial dari tenun dan songket.  Quita menampilkan kain Jawa seperti lurik Jepara  sementara Sasha mengeluarkan kain motif Bali.

Karya busana Anna sendiri memperlihatkan ragam busana hijab modern trend 2020. “Semuanya  dikemas dari kain tenun etnik dengan beragam corak dari  sejumlah kawasan di  Nusantara.” kata Anna dalam press conference IMFW di Aljazeerah Restaurant, 10/10/2019.  

Menurut Anna,  konsep fashion show di IMFW 2019 ini sengaja dibuat spektakuler,  “Merupakan gabungan antara fashion show, pertunjukan tari dan music live yang kesemuanya  tetap  dalam kerangka  nuansa islami!” 

Pemanggungan seluruh busananya di IMFW 2019 tersebut  digarap dalam  konsep  spektakuler berdurasi 60 menit.  Tema utama dari fashion show bertumpu Persatuan, Kesatuan dan Kebinekaaan. 

“Karena itu kita perlihatkan beragam  jenis kesenian  yang ada dalam tradisi  kita.  Pada saat opening, di panggung nantinya akan muncul tarian  yang memperlihatkan Rama Shinta, Gatot Kaca, Hanoman, Anak-anak pelajar dan mahasiswa mengenakan busana daerah, juga ada shalawatan, seni budaya bernafaskan islam yang ada di Nusantara juga budaya lokal khas Betawi, Bali Jawa, Kalimantan, Sulawesi dan Papua,” kata Anna yang juga akan menampilkan Muse  Bunga Jelitha Ibrani, (Puteri Indonesia 2017).

Menuju ke Ukraina Untuk Promosi Budaya Indonesia

Di tengah kesibukan mempersiapkan karya untuk pertunjukan di IMFW 2019,  secara bersamaan Anna Mariana  menggelar cat walk lain di luar negeri,  yakni di Ukraina,  Eropa Timur. 

“Kegiatan ini terlaksana berkat kerja sama  dua negara,  dengan tujuan untuk memperkuat hubungan bilateral RI – Ukraina. Kami akan membuat malam Indonesia.” kata Linda Kartika Dewi, Wakil Ketua Umum  Rumah Kreasi Indonesia Hebat (RKIH)  sebagai koordinator acara.

Anna  yang duduk sebagai sebagai Bendarhara Umum  dan Ketua Bidang Expo Luar Negeri di RKIH sudah menyiapkan 60 busana untuk ditampilkan dalam  fashion show  di  tengah acara Festival Indonesia 2019 di Kharkiv, Ukraina  pada 14-17 Oktober 2019.  

“Selain untuk meningkatkan promosi budaya, pariwisata dan produksi Indonesia dan citra positif Indonesia di Ukraina. Kami diundang untuk mengelar pameran dan fashion show sekaligus mengadakan meeting B to B,” kata Anna.

Anna yang akan membawa Bunga Jelitha Ibrani, (Puteri Indonesia 2017) sebagai Muse dalam fashion show  di Ukraina itu,  juga akan membawa sejumlah produk fashion House of Marsya by Anna Mariana dan Brand RMD (Raden Mas Dicka, putranya) yang memproduksi pakaian khusus pria bernuansa songket dan tenun.

Di samping itu   diberangkatkan  pula produk lain; seperti   produk kerajinan,  furniture, home decor, juga kopi Bali,  produk bidang Agro dan perkebunan yang dikelola suami  Anna, yakni H. Tjokorda Ngurah Agung Kusumayudha yang familiar dipanggil dengan Bang Tjoke itu.

“Kegiatan ini adalah  bentuk kerja  nyata kami  dalam mempromosikan dan mengembakan tenun dan songket ke luar negeri. Agar wastra tradisi tenun dan songket ini tidak punah,”  tutur Anna yang masih terus berjuang  menunggu ditandatangani serta disahkannya Hari Tenun dan Songket Nasional oleh Presiden RI Joko Widodo. XPOSEINDONESIA – Foto Muhamad Ihsan

More Pictures

 

Last modified on Thursday, 10 October 2019 20:25
Login to post comments