Ironman 70.3 Melambungkan Popularitas Bintan ke tingkat Dunia

12 July 2018

Ajang olahraga ‘manusia super’ Ironman 70.3  segera digelar di Pulau Bintan, Kepulauan Riau (Kepri) Sabtu dan Minggu 18-19 Agustus 2018 mendatang.

 

Event ini merupakan salah satu ajang berkumpulnya atlet lari, sepeda, dan renang dengan peserta datang dari 52 negara. Jumlah atlet   yang sudah tercatat kurang lebih 1.500 (dewasa) dan 300 (anak-anak) yang akan mengikuti Ironkids Fun Run.

Seperti tahun lalu, kompetisi Ironman tahun ini dipusatkan di Plaza Lagoi sebagai pusat pengembangan pariwisata yang berada di Teluk Lagoi, kawasan Bintan Resort.  Panitia mengaku telah mempersiapkan acara lebih matang  agar penyelenggaraan acara berjalan lancar.

“Kita telah membuat kemajuan utahun ini. Arena lari akan berubah sedikit. Bentuk arena renang juga akan berubah karena kalau kita kembali ke tahun lalu paparan sinar matahari membuat navintuk gasi dan orientasi jadi sulit. Arena sepeda juga telah berubah untuk meminimalisir kemacetan di jalan,” kata CEO MetaSport Nathalie Marquet, dalam press conference Ironman 70.3 Bintan  di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, kantor Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Rabu siang (11/7/2018).

Tampak hadir dalam press conference ini antara lain Menpar Arief Yahya, Kadispar Bintan, Luki Zaiman Prawira, General Manager PT Bintan Resort Cakrawala (BRC) Abdul Wahab, Direktur PT Indofood Sukses Makmur Tbk. dan Andy Wibowo atlet profesional Indonesia yang sudah beberapa kali mengikuti Ironman 70.3 Bintan.

Dalam lompa spektakuler ini, para atlet  dirancang akan berenang sejauh 1,2 mil (1,9 km) di air yang tenang dan jernih dengan pemandangan dasar laut yang indah. Kemudian dilanjutkan dengan bersepeda di jalanan Bintan yang mulus dan lebar sepanjang 56 mil (90 km). Diakhiri dengan lomba lari dalam 3 lap sepanjang 21 km. 

“Total jarak yang dialui atlet adalah 70.3 Km untuk swimming, bike, marathon,” kata  Nathalie Marquet.

Ironman 70.3 Bintan dijadikan sebagai ajang kualifikasi Ironman Dunia sebelum mencapai ironman World Champion yang akan berlangsung di Nelson Mandela Bay, Afrika Selatan pada 1 – 2 September 2018 mendatang.

Penyelenggaraan event internasional ini diakui Kadispar Bintan Luki Zaiman Prawira mampu  memperkuat posisi Bintan sebagai destinasi sport tourism kelas dunia.

Luki menyebut Bintan merupakan salah satu pulau dan kabupaten di Kepulauan Riau yang dihuni sebanyak 160ribu jiwa. “Pada 2017 jumlah wisatawan mancanegara yang datang meningkat 20.51persen dibanding tahun 2016. Dan  pada 2018 terdata jumlah wisatawan mancanegara yang datang sekitar Januari-Juni naik lagi sekira 27 persen dibanding tahun lalu," jelas Luki

Bintan terus menerus makin menarik wisatawan, terbukti  beberapa hari lalu Bintan mendapat kunjungan perdana dari kapal pesiar, yang rutin berlabuh di sana setiap pekan. Kapal pesiar tersebut menurut Luki mengangkut sekira 1.500 wisatawan mancanegara dalam sekali perjalanan.

Menurut Luki pembangungan  dan pengembangan Bintan sesuai dengan arahan Menteri Pariwisata Arief Yahya.  “Kini Bintan memiliki pelabuhan ferry internasional sebagai pintu masuk wisatawan mancanegara.  Tidak cukup sampai di situ saja, dibangun pula marina yacht, yang bisa dilabuhkan lebih dari 100 yacht di Bintan selama 1 tahun. Bintan pun rencananya akan membangun bandara internasional yang pada 2020 selesai dibangun dan segera beroperasi.”

Sementara itu, dalam sambutannnya Menteri Arief Yahya, mengatakan, penyelenggaraan Ironman 70.3 di Bintan ini secara langsung membawa dampak pada peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia yang tahun ini ditargetkan 17 juta wisman, di mana sekitar 3 juta wisman di antaranya diproyeksikan akan masuk melalui Great Batam/Bintan.

Dalam pandangan Menteri Arief, penyelenggaraan event sport tourism internasional seperti Ironman 70.3 Bintan ini memiliki direct dan indirect impact.  Direct impact  sendiri terlihat pada kedatangan wisman sebagai peserta dan para supporter-nya yang akan membelanjakan dollarnya di Bintan, sedangkan indirect impact-nya adalah akan muncul pemberitaan luas  tentang acara ini ke mancanegara. “Gencarnya pemberitaan semakin memperkuat posisi Bintan sebagai destinasi sport tourism  kelas dunia,” kata Menpar Arief. XPOSEINDONESIA/NS Foto Dudut Suhendra Putra

More Pictures

Last modified on Thursday, 12 July 2018 04:02
Login to post comments