50 Wisman Ethiopia Terbang Perdana ke Indonesia

23 July 2018

Panorama Destination (PT. Destinasi Tirta Nusantara Tbk.) menyambut wisatawan mancanegara (wisman) dari Afrika setibanya di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Jakarta dari Addis Ababa, Ethiopia. Ini merupakan penerbangan langsung (directflight) pertama dari Ethiopia ke Indonesia, membawa wisman Afrika untuk menjelajahi Indonesia bersama Panorama Destination. 

”Kami sangat antusias untuk memasuki pasar Afrika. Potensi dan pertumbuhan ekonomi Ethiopia saat ini cukup besar dalam beberapa tahun terakhir. Kami melihat ini sebagai awal pengembangan pariwisata Indonesia di Afrika. Ini juga merupakan maskapai Afrika pertama yang terbang ke Jakarta," sebut Ricky Setiawanto, Director of Business Development Panorama Destination

Hal lain yang diakui oleh Ricky terkait dengan kedatangan group tur perdana tersebut adalah bahwa sejak empat tahun lalu cukup agresif membidik pasar wisman asal Afrika ini. Pihaknya melakukan kerjasama dengan beberapa wholeseller setempat. “Saya rasa cukup pantas dan ini juga sesuai arahan pemerintah untuk mencari market baru. Selama ini market kami sebesar 70% datang dari Eropa,” jelasnya. 

Ricky melanjutkan, untuk benua Afrika, Afrika Selatan masih merupakan pasar dengan potensi terbesar dengan alternatif penerbangan reguler yang cukup banyak seperti dari maskapai Qatar, Emirates, Singapore Airlines. Menurut Ricky, sejauh ini Bali memang masih menjadi destinasi utama, tetapi dia optimistis ke depan wisman Afrika akan merambah destinasi lain. 

“Ini baru permulaan, setidaknya sudah ada penerbangan langsung ke sini. Saya percaya dengan efek bola salju, tinggal kitanya di sini memberikan pelayanan yang baik sehingga tamu yang datang jangan sampai complain,” tandasnya.

Menjawab pertanyaan mengapa memilih Bali, Ricky Setiawanto menjawab bahwa sejauh ini Bali memang masih menjadi pilihan utama para wisman, tak terkecuali wisman Ethiopia ini. “Mereka sendiri yang meminta untuk ke Jakarta untuk wisata belanja lalu ke Bali. Mereka taunya cuma Bali. Inikan baru permulaan. Setidaknya sudah ada penerbangan langsung ke sini. Pasti ada efek bola salju, tinggal kita berikan pelayanan yang baik saja,” ungkapnya. 

Progres awal kerjasama Ethiopian Airlines dan Panorama Destination sebagai tur operator di Indonesia untuk program Ethiopian Holiday mereka ini adalah tibanya 50 wisatawan dari Ethiopia. Dari jadwal yang ada, kelompok ini akan menghabiskan total delapan hari di Indonesia, mengunjungi berbagai lokasi wisata di Jakarta dan Bali. 

Kesepakatan yang telah ditandatangani oleh kedua perusahaan tersebut berlaku sepanjang dua tahun ke depan, dengan kehadiran tiga penerbangan mingguan yang menghubungkan Addis Ababa dan Jakarta. 

Menyambut kedatangan group tur perdana tersebut, hadir pula Duta Besar Republik Demokratik Federal Ethiopia, Admasu Tsegaye. Dalam pandangannya, ia sangat menyambut baik kerjasama ini. “Harapannya bisa meningkatkan hubungan bilateral baik dalam hal perdagangan, dan persahabatan diantara Indonesia dan Ethiopia,” ujarnya di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Sabtu (21/7). 

Ia juga menyebutkan, bahwa Indonesia Indonesia dan Ethiopia punya banyak kesamaan dalam banyak hal termasuk perekonomian kedua negara yang sama-sama sedang tumbuh. 

Pendapat serupa juga disampaikan oleh Zebiba Miftah selaku Area Manager Indonesia Ethiopian Airlines, “Saya antusias sekali. Selama ini Ethiopian Airlines sudah terbang ke Asia Tenggara seperti Manila, Singapura, dan Kuala Lumpur. Senang sekali akhirnya bisa dapat izin terbang langsung ke Jakarta,” ungkapnya.

Panorama Destination terus berusaha untuk mencapai targetnya tahun ini, dengan membawa lebih banyak wisman ke Indonesia dan ASEAN. Perusahaan terus menjajaki pasar baru dan melakukan pengembangan secara regional, menawarkan layanan terbaik dan pengalaman unik kepada dunia. – XPOSE INDONESIA / AM

More Pictures

 

Login to post comments