Rencanakan perjalanan ke Lombok seefisien mungkin

31 October 2013

Setelah Bali, banyak orang mulai tergila-gila dengan Lombok. Tempat tersebut menjadi surga bagi mereka yang memburu pantai indah dan alam bawah laut. Senggigi, Kuta, Gili Trawangan  yang mampu menyihir wisman untuk datang dan kembali lagi ke Lombok.

Bagi yang belum pernah ke Lombok, urusan transportasi dan akomodasi menjadi hal yang memusingkan. Masalahnya, semua pasti ingin mendapatkan berwisata dengan uang yang seminim mungkin serta efisien dalam hal waktu. Salah perhitungan, bisa jadi uang banyak melayang tanpa banyak obyek wisata yang dikunjungi.

Tersedia beragam moda transportasi ke Lombok, ada jalur darat dengan bus serta jalur udara dengan pesawat. Langkah pertama, Anda harus menempuh perjalanan dari kota asal menuju Lombok terlebih dahulu sebelum akhirnya ke wilayah lain.

Banyak yang berpikir bahwa dengan jalan darat lebih efektif dan hemat. Tapi ternyata tidak. Jika naik bus dari Jakarta misalnya, biayanya mencapai Rp.400.000 dan waktu tempuhnya bisa dua hari! Sangat tidak efektif. Bila berasal dari kota-kota yang jaraknya jauh dari Lombok, lebih baik menggunakan pesawat.

Biaya pesawat dari Jakarta ke Lombok adalah sekitar Rp.700.000,- dengan waktu tempuh hanya 1,5 jam. Anda akan mendarat di Bandara Internasional Lombok di Kabupaten Lombok Tengah. Dari sini, Anda tinggal memutuskan apakah mau menggunakan taxi bandara atau Damri Bandara Lombok ke Senggigi. Tarif taksi dari bandara ke Senggigi adalah sekitar Rp.135.000-Rp.160.000 dengan biaya bandara tambahan sebesar Rp.17.500,- dengan lama perjalanan sekitar 50 menit. Menggunakan bus DAMRI, biaya yang dibutuhkan adalah sekitar Rp. 25.000,- dengan lama perjalanan antara 2 – 2,5 jam.

Berbagai angkutan umum seperti bemo, ojek, dan taksi tersedia untuk berkeliling Senggigi. Cidomo atau Andong juga bisa digunakan untuk menempuh dalam jarak dekat. Biaya angkutan umum di Senggigi tergolong murah yaitu sekitar Rp.5.000,- samp[ai Rp.10.000,- dalam jarak dekat. Bluebird dan Express adalah dua operator taksi yang banyak ditemukan di Senggigi.

Bicara soal penginapan di sekitar Pantai Senggigi, biayanya bervariasi. Untuk hotel melati, ada yang hanya Rp.75.000,-/ malam sementara hotel berbintang mulai Rp.250.000,-/ malam tergantung jenis kamar dan lokasi yang dipilih.

Sebisa mungkin, rencanakan semua destinasi wisata yang hendak dituju sehingga tak membuang waktu. Di Lombok, bagi anda yang tertarik untuk berselancar atau diving bisa ke Senggigi, Kuta atau Gili Trawangan. Kalau anda tertarik melihat kehidupan suku Sasak, anda bisa ke Desa Sade yang letaknya tak jauh dari Bandara Internasional Lombok.

Untuk ke Gili Trawangan, anda bisa menyewa perahu boat seharga Rp. 200.000,-. dari pantai Senggigi. Jika mau lebih murah lagi anda bisa menuju pelabuhan Bangsal dan langsung membeli tiket perahu motor seharga Rp.10.000,- tujuan Gili Trawangan. Perahu akan berangkat jika jumlah penumpang minimal 20 orang. Ini merupakan alternatif termurah yang dapat dipilih. Lama perjalanan menuju Gili Trawangan sekitar 45 menit dari Dermaga Bangsal.

Untuk akomodasi di Gili Trawangan, anda dapat saja go show mencari penginapan yang tersebar di tiap sudut. Tapi jangan coba-coba pada saat weekend ataupun pada masa-masa pelancong mancanegara memenuhi tempat ini dipertengahan tahun. Lebih baik, booking penginapan terlebih dahulu dari tempat asal kalau memang bermaksud menghabiskan waktu beberapa hari disini. Biaya menginap sangat bervariasi mulai Rp.200.000,-/  malam.

Oke, selamat mencoba….( XPOSE INDONESIA / Ibonk )

More Pictures

Last modified on Thursday, 31 October 2013 12:39
Login to post comments