Pantai Indrayanti Lukisan Maha Indah di Selatan Jawa

02 September 2013

Pantai Indrayanti  terletak kawasan kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Tepatnya berada di kawasan pantai Sundak, kecamatan Tepus Gunung Kidul Yogyakarta. Meskipun ini tergolong pantai baru,  namun kawasan ini sudah sangat ramai. Apalagi bila waktu liburan tiba. Jalan menuju kawasan ini dipastikan selalu macet karena terlalu banyak kendaraan menuju ke Pantai.

Kawasan ini  memiliki pantai berpasir putih dan terumbu karang yang khas. Bebatuan karang kokoh yang mengapitnya, dengan perbukitan di sebelah utara membuat pantai ini unik dan menawarkan pesona alam menawan. Bahkan di luar musim kemarau, pepohonan hijau di sekelilingnya yang menyuguhkan kombinasi warna kontras, dengan pasir putih serta lautan biru, membuat pantai ini nampak seperti lukisan indah yang menenangkan jiwa.

Dulu pantai Indrayanti kalah tenar dengan pantai di sekitarnya, seperti pantai Baron maupun pantai Kukup, Pantai Krakal, Pantai Drini, Pantai Sepanjang maupun Pantai Sundak. Tapi saat ini Pantai Indrayanti sudah menjadi objek wisata nomer wahid di Kabupaten Gunung Kidul.

Pantai ini  mempunyai konsep yang berbeda dengan pantai-pantai lain di Gunung Kidul, DI Yogyakarta. Pengelola pantai mencoba memberikan sentuhan modern untuk menarik para pengunjung. Ini terlihat dari penataan lokasi pantai serta sarana yang disediakan.

Pantai Indrayanti = Pantai Pulau Syawal

Penggunaan nama Pantai Indrayanti sebelumnya menuai polemik. Sebenarnya Indrayanti bukanlah nama pantai ini, melainkan nama pemilik cafe dan restoran. Namun karena nama Indrayanti yang terpampang di papan nama cafe dan restoran pantai, akhirnya masyarakat menyebutnya  dengan nama Pantai Indrayanti.

Sedangkan pemerintah Gunung Kidul memberi nama Pantai Pulang Syawal. Namun Indrayanti jauh lebih populer dan lebih sering disebut  ketimbang Pulang Syawal.

Keterlibatan pihak swasta dalam pengelolaan kawasan ini memiliki peran penting, dan memberi dampak positif. Berbeda dengan pantai-pantai lain yang agak kotor, sepanjang garis pantai Indrayanti terlihat bersih dan bebas sampah. Ini  disebabkan karena pengelola yang sangat tegas dan tak segan-segan menjatuhkan denda sebesar Rp 10.000,-  untuk tiap sampah yang dibuang wisatawan secara sembarangan.

Karena itulah Indrayanti menjadi pantai yang sangat nyaman dikunjungi.  Pengelola Pantai juga menyediakan beberapa jetsky.  Anda dapat menyewa untuk menikmati keindahan alam sekitar. Anda juga dapat menyewa payung yang juga telah disediakan, dengan biaya Rp 20.000 untuk digunakan sepuasnya.(Dudut Suhendra Putra)

Baca berita terkait : Bagaimana Menuju Lokasi Pantai Indrayanti?

More Pitcures

Last modified on Monday, 02 September 2013 08:24
Login to post comments