110 Peserta Ramaikan Festival Kuliner Nusantara di Sumenep

16 July 2018

Demi terus mengumandangkan pariwisara sebagai leading sector, Pemerintah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur menggelar berbagai event, salah satunya Festival Kuliner Nusantara (FKN) yang diselenggarakan dari 14-15 Juli 2018 di Sumenep. Event yang baru pertama kali digelar ini menghadirkan beragam kuliner ikon nusantara.

Abuya Busyro Karim, Bupati Sumenep, mengatakan, Pemerintah Kabupaten memang berkomitmen menjadikan pariwisata sebagai sektor utama. Tahun ini Kabupaten Sumenep memiliki 39 event dengan sekala nasional dan internasional.

“Festival Kuliner Nusantara ini selain untuk memperkenalkan juga memperkuat Gastronomi khas Sumenep ke tingkat level nasional dan dunia, sekaligus untuk meningkatkan kesejahteraan para pedagang UMKM,” ujar Abuya Busyro saat meresmikan Festival Kuliner Nusantara (FKN) di Sumenep.

Perlu diketahui, Sumenep memiliki kuliner khas di antaranya Soto Sabrang, Kaldu Kokot, Campor, Nasi Pocong, Bakdaba, Korket, Ote Ote dan lain lain.

Menurut Abuya Busyro, upaya untuk memperkenalkan kuliner Sumenep ini pernah dilakukan sebelumnya  yakni pada tahun 2014 melalui event Pesta Rakyat 10.000 piring Campor yang mendapat pengakuan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

Menurut pengamatan Abuya, saat wisatawan berlibur, biasanya akan  menghabiskan 40 persen yang dibelanjakan untuk makanan. Dari kondisi ini 50 persen pendapatan restoran diperoleh dari wisatawan.

“Degan data itu, artinya masyarakat Sumenep harus memaksimalkan kuliner. Terlebih lagi pada tahun 2018 ini merupakan tahun kunjungan wisata Sumenep atau Visit Sumenep 2018,” ungkap sang Bupati Sumenep.

Sementara itu, Bambang Heriyanto, Ketua Penyelenggara FKN sekaligus Kepala Dinas Pertanian Pangan Tanaman Pangan, mengatakan, FKN 2018 ini memang merupakan bagian dari kegiatan untuk mensukseskan Visit Sumenep 2018.

Event ini diikuti oleh 110 peserta kuliner dari Sumenep dan berbagai daerah Indonesia, dengan menyajikan menu kuliner khas Sumenep, Makassar, Padang, dan Timur Tengah. Menurut pantauan di lapangan, event ini dikunjungi lebih dari 1000 orang selama dua hari penyelenggaraan.

Dalam penyelenggaraan FKN pertama ini, disuguhkan beberapa kegiatan lain seperti demo dan lomba memasak dengan dewan juri Ririn Marinka dari Master Chef Indonesia, Lomba mewarnai, workshop kuliner, Famtryp dan city tour dari 200 travel agent, ditutup dengan nonton bareng final piala dunia 2018 bersama Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi. XPOSEINDONESIA/NS Foto : Fatoer

More Pictures

Last modified on Monday, 16 July 2018 13:52
Login to post comments