Pesona Teluk Hijau, Bak Perawan di Desa Terpencil Banyuwangi

18 April 2018

Banyuwangi di Jawa Timur, semakin cantik dan menjadi primadona untuk destinasi wisata di Indonesia. Banyak destinasi wisata terbaik  yang tersebar di  sini. Mulai dari Kawah Ijen, Baluran, Pantai Merah, Sukamade hingga Teluk Hijau (Green Bay). Dan nama terakhir  yang disebut ini menjadi salah satu pantai menarik untuk dikunjungi para traveler. Green Bay atau Teluk Hijau terletak di Desa Sarongan, Pesanggrahan.  Perjalanan menuju ke tempat ini pun terasa lumayan sulit.

 

Untuk mencapai ke Teluk Hijau, pertama Anda harus membuat rencana persiapan secara matang.  Seperti memesan tiket pesawat promo atau kereta di www.traveloka.com/tiket-pesawat, menyiapkan itienary perjalanan, mengatur jadwal hingga budget. Namun percayalah, setiap usaha yang maksimal pasti membuahkan hasil yang terbaik.

Dan satu-satunya rute terdekat menuju Green Bay adalah melewati Banyuwangi. Dari kota paling ujung di timur Jawa ini, Anda tinggal mengikuti rute Pesanggaran-Sarongan-Sukamade – rute yang sama ketika Anda menuju Taman Nasional Merubetiri.  Bahkan dari Banyuwangi Anda harus menempuh perjalanan sejauh 90 km lagi untuk bisa mencapai Green Bay.

Setelah tiba di desa Sarongan, Anda bisa melakukan trekking atau memilih naik perahu nelayan dari Pantai Rajegwesi. Namun, bila ombak dan angin kencang, sebaiknya Anda mencapai Teluk Hijau dengan berjalan kaki. Jalur trekking menuju ke Teluk Hijau walau naik turun bukit namun tetap bisa dilalui dengan menyenangkan. Anda perlu berjalan kaki sejauh 2 km melewati jalan setapak yang sedikit curam.

Melalui pantai Batu, di mana batu berserakan yang dipercaya bekas tsunami yang pernah terjadi di sini, Green Bay hanya tinggal berjarak 300 meter saja. Dan di situ terpampang lansekap nyaman dipandang mata. Hijau, jernih, dan menyegarkan.

Sejauh mata memandang, air laut di Green Bay didominasi warna hijau hingga bergradasi menjadi warna pirus. Fenomena ini dikarenakan alga hijau yang tumbuh di dasar laut yang akhirnya memantulkan warna hijau dari bawah.

Ombaknya juga tidak terlalu besar, sehingga memungkinkan wisatawan untuk bersantai sambil menikmati hangatnya air laut. Sementara pasirnya terasa begitu lembut dan sangat mudah menempel pada kulit manusia – maklum, Green Bay yang letaknya jauh di bawah Pulau Jawa ini memang memerlukan waktu yang tidak sebentar untuk mencapainya. Inilah yang membuat Green Bay bak seorang gadis perawan yang belum pernah terjamah. Lansekap indah yang masih sangat alami masih sangat terjaga meskipun namanya semakin populer dan mulai ramai dikunjungi wisatawan.

Untuk mencapai Green bay, lebih disaranakan menggunakan transportasi pribadi, karena jika menggunakan transportasi umum,  akan menghabiskan banyak waktu. Pindah dari satu terminal ke terminal lain, salah satu tranportasi di daerah ini bahkan memiliki batas waktu operasional. Sementara untuk menggunakan transportasi pribadi, membuthkan  budget yang memang sedikit mahal. XPOSEINDONESIA. Foto : Istimewa

Last modified on Wednesday, 18 April 2018 08:59
Login to post comments