Dengan Wisata Adrenaline Menggapai Air Biru

09 August 2017

Jika sekali waktu Anda berkunjung ke Bangka Selatan. Mampirlah ke Danau Kaolin yang berada di Desa Air Bara Kecamatan Air Gegas Kabupaten Bangka Selatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Ini adalah salah satu spot  menarik di Bangka Selatan. Sebuah danau dengan air berwarna biru dikeliling pasir putih seperti Kristal.

 

Tempat ini  sedang jadi favorite masyarakat, selain untuk foto bisa pula dimanfaatkan untuk berenang. Yang mengejutkan, danau ini adalah sebuah tambang Timah  illegal yang sudah  lama ditinggalkan dan tak dioperasikan lagi dan  kini beralih fungsi menjadi destinasi wisata.

Untuk sampai ke danau Kaolin, banyak cara bisa ditempuh.  Jika Anda dari Pangkal Pinang menggunakan kendaraan pribadi roda empat, Anda harus menempuh perjalanan sekitar dua jam perjalanan dan bisa melintas melalui desa Nibung Bangka Tengah. Jika naik kendaraan umum bisa lebih lama lagi. Bisa jadi lima jam Anda baru sampai ke Desa Air Bara. Dari sini perlu 30 menit lagi untuk mencapai bibir danau.

Sejak Februari lalu, Dinas Pariwisata Bangka Selatan bekerja sama dengan Kelompok Sadar Wisata Gerbang Selatan mengupayakan alternative penggunaan kendaraan lain yakni dengan menaiki sepeda motor Trail sewaan  dari  Desa Bara.

“Ini jadi seperti wisata adrenaline. Kalau sampai bibir danau kan memang tidak bisa pakai mobil, jadi bisa digunakan sepeda motor!” kata Kholid Idham yang mengantar XPOSEINDONESIA sampai bibir danau. Kholid juga tercatat sebagai ketua Kelompok Sadar Wisata Gerbang Selatan.

Rute sepanjang 1,5 km kami tempuh lumayan berat. Sepanjang 30 menit dengan motor  Suzuki Trail, kami lewati jalan berbatu, berpasir  putih juga genangan air.  “Sebetulnya ada dua jalur track untuk sampai ke Air Biru. Yang kita lalui tadi track yang relative lebih mudah. Track lain jaraknya lebih jauh juga lebih ekstrem. Karena melewati perkebunan, berlumpur dan  penuh batu batuan!” ungkap Khalid sambil menyebut Tarif menggunakan motor trail  dihitung per jam sekitar Rp 50.000,-

Wisatawan yang mahir mengendarai motor trail diijinkan mengendarai sendiri, “dengan syarat, lulus test drive kita dulu ya,” ujar Kholid Idham. XPOSEINDONESIA/NS Laporan dan Foto : Dudut Suhendra Putra.

More Pictures

Last modified on Wednesday, 09 August 2017 11:49
Login to post comments