Harry Murti Berjuang Membangun Ekosistem Baru

21 September 2018

Setelah puluhan tahun fokus berkarir sebagai drum maker (pada  Harry's Drum Craft) dan mengelola Jakarta Drum School, menggelar rhythm and groove music camp dan mensupport banyak artist untuk show maupun rekaman, kini  Harry  Murti melangkah dengan impian baru.

 

“Saya ingin berkarya untuk legacy saya. Karena tabungan masa depan seorang seniman itu  adalah karya. Jadi…ada beberapa lagu karya saya dan belum sempat direlease,” katanya suatu hari dalam wawancara di Kemang, Jakarta Selatan.

Menurut Harry, dua tahun belakang ini, ia banyak melakukan jamming dengan sejumlah musisi. “Kadang saya main drum, di lain band main bass, kadang synthesizer,” ungkapnya tergelak.

Di tengah suasana itulah,  sering  terjadi sharing tentang banyak hal di dunia musik,  “mulai dari ide pembuatan lagu, proses kreatif,  industri musik, recording dan segala macam!” ungkap pria kelahiran 22 Oktober 1969 ini

Dari  perbincangan dengan rekan-rekan musisi itulah,  Harry menyadari ternyata banyak karya-karya hebat di sekitarnya, yang  belum mendapat  kesempatan direlease.

“Saya kemudian punya ide, rasanya oke juga kalau bikin semacam ekosistem kecil di lingkungan yang saya kenal, kemudian kita angkat karya-karya tersebut melalui jamming dan show-show kecil,  sambil kita memperkenalkan diri,” ungkap pria bernama lengkap Raden Mas Harimurti Koentjoro ini. “Setelah melewati beberapa show, saya baru sadar ini  adalah movement dari sebuah ekosistem kecil di lingkungan saya, dan saya sadari pernah menjadi cita-cita yang terpendam!”

Harry Murti kemudian memberi nama kegiatan ini dengan Harry Murti Project (HMP). “Kini sedang dalam proses pembuatan album dengan musik yang multigenre dan berkolaborasi dgn temen2 yang saya anggap cocok bermusik dan berinteraksi!” kata Harry  yang akan muncul bersama anggota HMP di pentas International Indie Festival yang akan berlangsung di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang, pada 27 September hingga 7 Oktober 2018 mendatang.

Menyinggung ekosistem yang dibangunnya, menurut Harry, kegiatan yang disusunnya cukup beragam, antara lain ada diskusi, workshop juga mengumpulkan ide dari karya-karya  yang sudah ada, kemudian membuat aransemen musik baru dari hasil kolaborasi

Harry berharap, karya yang ada dan dimainkan dalam HMP akan menjadi semacam 'etalase'.  “Andaikata ada produser atau penyelenggara acara yang berminat bekerja sama, mereka bisa  secara langsung terhubung dengan si musisi tanpa terikat dengan HMP. Di lain sisi bisa juga di 'bundling' dengan HMP. Jadi bebas-bebas  saja!

Namun, Harry mengingatkan untuk masuk ke ekosistem ini memang harus saling mengenal dan saling respect terlebih dahulu.  Karena,  ia sangat percaya segala sesuatu yang berkaitan dengan ide-ide kreatif butuh proses. Karena menyatukan  influence musik,  “pasti perlu edukasi, perlu wawasan, understanding dan skill” ujarnya sungguh-sungguh.

Belum lagi hal-hal yang bersifat mental dan komitmen, “Kita tentunya harus punya pandangan visi dan misi yang sama, saling respect dan professional!”

Dalam membangun ekosistem ini, Harry mengaku tidak akan pernah menjanjikan sesuatu kepada rekan-rekan yang  bergabung. 

“Karena dalam berkarya tidak ada yang pernah tahu,  apakah akan berhasil,  bisa menjadi hits atau terkenal. Tetapi teman-teman selalu saya ingatkan, bahwa sesungguhnya karya itu adalah 'Anak Jiwa'.  Jadi kita harus memperhatikan kualitas produksi rekaman, baik  dari segi sound,  komposisi, dan lain-lain, semuanya harus matang, berkualitas dan kereen! Karena sekarang  ini semua sudah open source, world wide...begitu di upload ke Youtube atau direlease  di digital platform, maka  satu dunia bisa membuka dan mendengar!”  XPOSEINDONESIA/NS Foto : Muhamad Ihsan


More Pictures

 

Last modified on Friday, 21 September 2018 13:30
Login to post comments

Music

July 13, 2013 0

Andi Auriec Menunggu Berkah ‘Sampai Mati’

Jika sekali waktu Anda berkunjung ke  Ancol Beach City...
July 27, 2013 0

Metalica Live in Jakarta

Metallica, akan manggung di Jakarta pada Minggu, 25...
July 27, 2013 0

“Best Song Ever” dari One Direction

Superstar global, One Direction merilis single terbaru...
July 29, 2013 0

Alicia Keys Manggung di Jakarta

Alicia Keys terkenal di dunia musik sebagai pelantun...