Bersinergi untuk Kebangkitan Lombok & NTB

05 September 2018

Pada 9 Agustus lalu, Komunitas Biduan, Iluni UI, Musik Bagus Day, KitaBisa, Kolase dan Citos menggelar acara berjudul “Konser Kemanusian untuk Lombok” dan menghimpun dana lebih dari Rp 3 Milyar, berupa uang tunai dan non tunai.

 

“Ini pertama kali pertemuan atau kolaburasi yang terjadi dari Komunitas Biduan dengan rekan-rekan Iluni UI yang dari  dunia akademik, kemudian juga ada pemerintah  dalam hal ini Kementerian Sosial  dan juga orang-orang dari dunia bisnis,” kata Glenn  Fredley  dalam press conference yang digelar di Citos, (4/9) dan dihadiri  Triawan Munaf (Kepala Bekraf),  Agus Gumiwang Kartasasmita (Mentri Sosial), Arief Budhy Hartono (UI),  Kadri Mohamad, Adib Hidayat, Aning Katamsi, Yuni Shar dan sederet penyanyi lainnya

Menerut Glenn, sinergi ini patut terus dikembangkan dan dikerjakan terutama pasca terjadinya gempa.  “Misalnya, soal menangani trauma healing;  bagaimana memulihkan trauma setelah gempa. Ini kalau dilakukan lewat seni,  kerja samanya bisa akan sangat menarik!” lanjut Glenn Fredley.

Konser kemanusiaan yang telah digelar di Citos 9 Agustus lalu itu mengumpulkan sekitar 50 penyanyi dan musisi antara lain RAN, Andien, Dira Sugandi, Yuni Shara, Rossa, Once, Kikan, Tompi, Armand Maulana, Dewa Budjana, Kadri, Aning Katamsi, Ian Antono dan didukung  penuh oleh DSS Sound.

“Artis yang bisa tampil dan manggung banyak,  tapi kalau  ngak ada yang  nyumbang bagaimana ini?” kata Kadri Mohamad yang dikenal sebagai penyanyi juga lawyer yang tergabung dalam Komunitas Biduan, menceritakan awal mula  rencana konser ini dibuat.

“Akhirnya saya  coba  kontak  teman-teman  pengusaha dari Iluni UI, juga Ibu  Menteri  Keuangan Sri Mulyani,  karena itulah  bisa banyak yang mau nyumbang. Ada yang 50 juta, 100 juta! Dan malam konser digelar terkumpul 2,4 M, sebelumnya dari Kitabisa.com yang dikelola Adib Hidayat sudah terkumpul 300 juta. Belakangan  banyak yang  ikut  dan mau bergabung menyumbang,” kata Kadri.

Karena  sebagai seniman tidak bisa mengelola uang, Kadri menyebut, kegiatan pelaksanaan soal keuangan itu diserahkan ke UI. “Jadi kami Cuma nyanyi sama memanggil wartawan saja. Sampai kemudian  tercetus ide mendirikan Bale Nusa Lombok (BANULO),” ungkap Kadri

Banulo sendiri adalah sebuah upaya membangun hunian sementara di Lombok untuk 50-100 rumah. Selain itu menyediakan hunian sementara (Huntara) dan pusat komunitas, yang dilengkapi dengan teknologi penyediaan listrik dan air yang tepat guna, pendampingan Psikososial dan Psikoedukasi juga menjadi prioritas. Obat dan pelayanan medis untuk warga dilaksanakan oleh dokter spesialis dan dokter umum. Selain itu, juga disediakan dapur umum yang menyediakan makanan untuk 1.000 pengungsi setiap hari.

Jangan Cuma Lombok

Sementara itu, Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita mengapresiasi acara tersebut. Bahkan ia menilai pengumpulan dana lewat acara itu berhasil menarik simpati publik. Ia secara langsung kemudian mengumumkan tambahan dana senilai Rp100 juta, sehingga menggenapkan angka bantuan menjadi Rp3,1 miliar.

“Saya, bagian dari pemerintah, mengucapkan banyak terimakasih partisipasi yang sudah ditunjukkan. Telah menggugah banyak pihak, bahu-membahu membantu saudara-saudra kita di NTB khususnya Lombok. Saya dengar, saat ini terkumpul dana Rp 3 Milyar dan hari ini ada tambahan dana lagi sebesar Rp100 juta. Jadi 3,1 ya,” tambah Agus.

Agus menyinggung daerah yang terkena bencana tidak hanya di Lombok, tetapi daerah sekitarnya. Agus sendiri sudah berkunjung sebanyak tiga kali ke Lombok.

"Yang di Sumbawa hanya 2/3 dari Nusa Tenggara Barat (NTB),  tapi ketika masuk di sana kerusakan yang saya lihat itu sama rusak seperti Lombok," papar Agus.

Agus berharap, saluran bantuan nanti tidak hanya tertuju hanya pada Lombok, tetapi turut pula disalurkan pada korban daerah sekitar Lombok dan Bali yang turut terkena bencana gempa.

Penggalangan dana masih berlanjut dalam Homecoming UI yang diadakan 14 Oktober 2018. XPOSEINDONESIA/NS Foto Muhamad Ihsan

More Pictures

Last modified on Thursday, 06 September 2018 17:00
Login to post comments

Music

July 13, 2013 0

Andi Auriec Menunggu Berkah ‘Sampai Mati’

Jika sekali waktu Anda berkunjung ke  Ancol Beach City...
July 27, 2013 0

Metalica Live in Jakarta

Metallica, akan manggung di Jakarta pada Minggu, 25...
July 27, 2013 0

“Best Song Ever” dari One Direction

Superstar global, One Direction merilis single terbaru...
July 29, 2013 0

Alicia Keys Manggung di Jakarta

Alicia Keys terkenal di dunia musik sebagai pelantun...