Hodgepodge Superfest 2018 : Ajang Meningkatkan Wisman

05 September 2018

Festival musik multi-genre Hodgepodge Superfest 2018 bakal diselenggarakan di Allianz Ecopark Ancol, Jakarta Utara, Sabtu dan Minggu (1 & 2 September 2018).

 


Ada 16 nama kelompok musik internasional dan lokal yang dirancang akan tampil tersebar di empat panggung yang tersedia, yakni  Supermusic Stage, CBN Stage, Ecovention Stage, Kapal Api Grande Stage

Pihak penyelenggara Hodgepodge Superfest  yakni Java Festival Production yang berkolaborasi dengan Super Music, telah mengundang sejumlah nama band besar  yang dipastikan  tampil sebagai penghibur,  meski durasi persiapan penyelenggaraan  ini sendiri terhitung sangat pendek.

"Bulan April kami memulai konsep lalu langsung melakukan approach baik ke musisi juga ke sponsor," ujar Direktur Utama Java Festival Production, Dewi Gontha ditemui di Hotel Borobudur, Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (31/8/2018).


Meski punya nama besar dan sudah sukses berpuluh kali menyelenggarakan Java Jazz Festival, Dewi mengaku agak kelimpungan juga  dalam mengundang musisi dan apalagi sponsor untuk acara barunya ini.

“Namun kebetulan memang sudah rezeki kami, ternyata  banyak juga musisi yang mau dan siap tampil. Bukan cuma The Libertines, juga All Time Low dan musisi lainnya," sambung Dewi sambil menyebut sederetan nama yang akan memeriahkan ajang ini, yakni The Libertines, August Alsina, Lemaitre, Day Wave, Sundara Karma, Vancouver Sleep Clinic, Swim Deep, Marteen, Jess Connelly, Didirri, Soundwave, The Tree$$ dan masih banyak lagi

Menurut Dewi Gontha, pihaknya memang  terbantu dengan sponsor-sponsor yang sudah tahunan bekerja sama, seperti dengan BNI,  asuransi Avrist dan lain-lain.


Pihak sponsor sendiri melihat  ajang festival musik seperti yang dibuat Java Festival, adalah sebuah tempat tepat untuk memasarkan dan mendekatkan diri ke pada pasar, selain bertaraf internasional, secara  segmentasi  acara ini sangat pas untuk kelompok anak muda.

“Ajang Hodgepodge Superfest  adalah sebuah kesempatan bagi kami untuk memperkenalkan Avrist sebagai brand  insurance yang simple. Karena itu di tiap acara semacam ini, kita berupaya membuka booth yang menarik,   sehingga anak milenial mau mampir dan kita bisa memberi edukasi tentang insurace. Kita tinggal  bilang ke mereka kita  punya aplikasi, jadi kalau mau beli insurance lebih gampang. Itu pengaruh ke industry asuransi.

Avrist sendiri selama bekerja sama ddengan Java Jazz memiliki kampanye paling menarik, yakni melindungi seluruh penonton, crew juga musisi yang tengah berada di dalam arena kegiatan.Menurut  Makki Ibrahim Kusuma, Direktur PT Avrist Insurance, keikutsertaaan Avrist dalam acara begini, tidak  dengan ekspektasi   untuk langsung mendapat premi.

“Ekspektasi kita dari sisi branding. Ini sebuah acara internasional. Kami ingin memperkenalkan kepada kaum milenial bahwa Avrist adalah sebuah insurance yang sangat simple.”

Meningkatkan Wisman

Sementara itu, Kementerian Pariwisata yang menjadi mitra sponsor acara ini menyebut HodgePodge Super Fest 2018, diharapkan dapat menambah jumlah kunjungan wisatawan mancanegara dan wisatawan nusantara. Sehingga target kunjungan wisman dan wisnus dapat tercapai di tahun ini.

Menurut Menpar Arief Yahya, Indonesia memiliki dua keuntungan menjadi tuan rumah perhelatan ini.

Pertama, dampak langsung (direct impact), menarik wisatawan baik nusantara maupun mancanegara hadir di Jakarta.

"Kedua, dampak tidak langsung, yaitu memberikan nilai berita lebih bagi media memberitakan musisi-musisi dunia tampil di Indonesia," kata Menpar Arief Yahya.

Selain itu, agenda musik seperti ini menurut Menpar membuat para wisatawan bisa berulang-ulang mengunjungi Indonesia.

"Media value lebih besar. Selain itu, repeat visitors bisa 60 persen datang lagi, bagi mereka yang sudah tiba di Indonesia. Dalam waktu kurang dari setahun, mereka datang lagi," pungkas Menpar Arief Yahya.XPOSEINDONESIA/NS Foto: Muhamad Ihsan

More Pictures

Login to post comments

Music

July 13, 2013 0

Andi Auriec Menunggu Berkah ‘Sampai Mati’

Jika sekali waktu Anda berkunjung ke  Ancol Beach City...
July 27, 2013 0

Metalica Live in Jakarta

Metallica, akan manggung di Jakarta pada Minggu, 25...
July 27, 2013 0

“Best Song Ever” dari One Direction

Superstar global, One Direction merilis single terbaru...
July 29, 2013 0

Alicia Keys Manggung di Jakarta

Alicia Keys terkenal di dunia musik sebagai pelantun...