Ada Kategori Religi Islam dan Nasrani di AMI 2017

14 October 2017

Anugerah Musik Indonesia (AMI) Award 2017, akan kembali digelar dan ditayangkan  secara live via RCTI pada 16 November mendatang.  Penyelenggaraan AMI yang ke 20 pada tahun ini, menurut Ketua Umum Yayasan AMI, Dwiki Dharmawan, mengangkat tema #MusikTanpaBatas, sejalan dengan perkembangan musik di era digital.  “Dunia  musik sekarang bergerak secara semakin dinamis, melibas sekat dan batas,” kata Dwiki dalam   press conference Pengumuman Nominasi 20th AMI Award di XXI Lounge,  Plaza Senayan, Jumat (13/10/2017).

 

Dwiki  juga melihat, industry musik  hari ini memang   bergerak lebih kreatif dalam berkarya dan terutama lagi, dalam cara mendistribusikan musiknya. Hal tersebut berdampak positif, dengan makin banyaknya talenta  baru yang bermunculan dalam blantika musik. Dan mereka langsung melejit lbahakan ke tingkat internasional ewat berbagai platform digital.

Seiringi dengan berkembangnya dunia digital,  AMI pun melakukan hal yang sama. Pada tahun ini, AMI  melakukan   terobosan besar dengan memperkenalkan sistem pendaftaran secara online. Sistem tersebut berbeda dengan periode sebelumnya, yang melakukan pengisian formulir dengan cara konvensional.

”Karena itu, penghargaan AMI tahun ini akan melibatkan hal tersebut, baik dari segi penilaian hingga voting. Kami berharap dengan perbaikan kerangka kerja secara menyeluruh, maka semua proses dapat dijalankan secara fair, transparan, dan berintegritas. Sehingga hasilnnya dapat dipertanggungjawabkan kepada publik," ungkap Dwiki Dharmawan).

Di luar soal digitalisasi pendaftaran, penilaian dan voting, AMI juga mencoba melakukan beberapa perombakan dalam   hal kategorisasi Penganugerahan. “Tahun ini, kami menghadirkan kategori baru, yaitu Anugerah Untuk Musik Religi,” kata Buddy Ace, juri kategorisasi AMI Awards.

"Religi ini kan ada yang pop. Kasidah itu masuk dalam kategori pop. Ada yang Melayu, ada yang jazz. Macam-macam, bahkan ada yang dance. Sampai musik gaya Gigi," terang Budi di acara temu pers di Jakarta, belum lama ini.

Namun tahun ini baru musik Islami dan Nasrani yang akan mewarnai AMI Awards 2017. Ada dua sub kategori yang dimasukkan, yaitu Karya Produksi Lagu Berlirik Spiritual Islami dan Karya Produksi Lagu Berlirik Spiritual Nasrani.

Untuk tahun-tahun depan, juri kategorisasi akan mengusahakan membuat kategori agama dengan sub kategori lima agama besar  yang ada di Indonesia. "Kita punya lima agama besar di Indonesia. Tentu saja akan ada lima sub musik religi dalam kategori religi," papar Buddy.

Berikut nominasi untuk  Karya Produksi Lagu Berlirik Spiritual Islami adalah  Fatin - Ketika Tangan dan Kaki Berkata,  Haddad Alwi & Shifa Feat. Fadly - Demi Sang Nabi,  Opick - Allah Bersamamu,  Slank - D O A, Wali - Salam 5 Waktu

Sementara Karya Produksi Lagu Berlirik Spiritual Nasrani adalah  Amelia Ong - Have Yourself A Merry Little Christmas, Angel Pieters - Kunyanyi Haleluya, Franky Kuncoro Feat. Sidney Mohede - Kemenangan terjadi Disini/Engkau Raja, Gisel - Indah Pada Waktunya
Joy & Jelita Tobing - Merry's Boy Child - O Come, All Ye Faithful.  XPOSEINDONESIA/NS Foto Muhamad Ihsan


More Pictures

Login to post comments

Music

July 13, 2013 0

Andi Auriec Menunggu Berkah ‘Sampai Mati’

Jika sekali waktu Anda berkunjung ke  Ancol Beach City...
July 27, 2013 0

Metalica Live in Jakarta

Metallica, akan manggung di Jakarta pada Minggu, 25...
July 27, 2013 0

“Best Song Ever” dari One Direction

Superstar global, One Direction merilis single terbaru...
July 29, 2013 0

Alicia Keys Manggung di Jakarta

Alicia Keys terkenal di dunia musik sebagai pelantun...