Jakarta Melayu Festival, dari Melayu Untuk Bangsa

12 August 2017

Jakarta Melayu Festival (JMF) yang digelar kali ketujuh ini akan dilaksanakan pada 19 Agustus 2017 mendatang di Ancol Beach City, Jakarta Utara. Konser dan pameran budaya Melayu tersebut selain untuk memeriahkan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke 72, juga ditujukan untuk kota Jakarta yang akan segera mengusung pemimpin baru makanya diangkat tema Jakarta Maju Bersama.

Untuk JMF 2017 kali ini beberapa pengisi acara sudah siap untuk menaklukkan panggung musik Melayu paling akbar ini seperti Erie Suzan, Shena Malsiana, Tom Salmin, Takaeda, Febrina, Kiki Ameera, Maxi, The Serdangers Combo, dan Konsentra Sumut. Kalau kita perhatikan, cukup banyak penyanyi lintas genre yang terlibat dalam festival JMF kali ini.

Seperti biasa para musisi Melayu pun turut memeriahkan event ini seperti Hendri Lamiri (Biola), Butong (Accordion), Fahad Munif (Gitar Oud), Saleem Abdullah (Keyboard), dan dipimpin oleh Anwar Fauzi selaku Music Director. Yang cukup special kali ini adalah dengan adanya kolaborasi pemain saxofon dari Amerika yaitu Danny Lerman.

Pada konferensi pers yang digelar pada 11 Agustus 2017 kemarin di bilangan Menteng, Jakarta Pusat, turut hadir dua tokoh yang tidak pernah absen memberikan supportnya mulai dari JMF pertama hingga ke tujuh ini yaitu, Anies Baswedan dan Ferry Mursyidan Baldan. Keduanya cukup respek dengan munculnya para generasi muda masyarakat Melayu yangikut dilibatkan untuk mengangkat budaya ini. Anies menyebutkan bahwa Generasi muda adalah motor utama untuk melestarikan budaya Melayu.

Ungkapan senada juga disampaikan bang Ferry, sapaan akrab Ferry Mursyidan Baldan yang menyebutkan bahwa Melayu tidak bisa dipisahkan begitu saja dari bangsa Indonesia. “Bahasa yang kita pakai sekarang ini sebagai bahasa persatuan adalah bahasa Melayu. Bahasa Melayu dan budayanya adalah sebuah penampakan yang santun. Jadi tidak salah kalau seandainya kita harus terus merawat budaya Melayu agar tidak hilang dimakan zaman,” ungkapnya.

Terkait dengan hal diatas adalah usaha dari Geisz Chalifah selaku Promotor JMF dengan  menunjuk Nong Niken bertindak sebagai Produser Pelaksana. Niken banyak melakukan kolaborasi kaum muda lintas genre sebagai wama baru yang ditawarkan JMF 2017. Lewat keterlibatan kaum muda Melayu ini, semakin  membuktikan eksistensi musik Melayu telah diterima oleh kaum milenial masa kini.

Tak hanya mengabarkan akan melangsung festival ini saja, acara yang digelar kemarin tersebut juga menyempatkan untuk melaunching album Melayu bertajuk “Hikayat Cinta Negeri Melayu” yang berisi kumpulan sembilan lagu melayu. Kebanyakan merupakan lagu Melayu lama yang di aransemen ulang oleh Anwar Fauzi.

Salah satu Iagu merupakan karya Geisz Chalifah bertajuk ‘Hikayat Cinta Negeri Melayu’ diberikan untuk melengkapi album ini untuk kemudian menjadi mars JMF. Para pengisi lagu-lagu Melayu didalam album tersebut diantaranya Nong Niken, Darmansyah, Butong, Kiki Ameera, Tom Salmin, Febrinaa, dan Sulis.

Album ini kabarnya... merupakan sebuah langkah untuk mengisi belantika musik Indonesia yang berakar pada budaya negeri dengan aransemen kekinian yang dapat diterima oleh seluruh kalangan baik remaja maupun dewasa. Sayangnya pihak media tidak dapat merinci seperti apa lagu-lagu yang ditawarkan karena cuma dipertontonkan sampul albumnya saja.

Semoga Festival Musik Melayu & Launching Album Melayu tersebut menjadi bukti keseriusan dari komunitas Melayu untuk tetap berkarya ditengah gelombang globalisasi yang menggerus tradisi budaya negeri. – XPOSE INDONESIA/ AM FOTO: Muhamad Ihsan

Normal 0 false false false IN X-NONE X-NONE

Last modified on Saturday, 12 August 2017 09:06
Login to post comments

Music

July 13, 2013 0

Andi Auriec Menunggu Berkah ‘Sampai Mati’

Jika sekali waktu Anda berkunjung ke  Ancol Beach City...
July 27, 2013 0

Metalica Live in Jakarta

Metallica, akan manggung di Jakarta pada Minggu, 25...
July 27, 2013 0

“Best Song Ever” dari One Direction

Superstar global, One Direction merilis single terbaru...
July 29, 2013 0

Alicia Keys Manggung di Jakarta

Alicia Keys terkenal di dunia musik sebagai pelantun...