Ferry Mursyidan Baldan merilis buku ‘10 tahun Setelah Chrisye Wafat’ di Bandung

02 April 2017

Dua hari setelah merilis buku ‘10 Tahun Setelah Chrisye Wafat, Ekspresi Kangen Penggemar', di Jakarta 30 Maret 2017, Ferry Mursyid Baldan menyelenggarakan kegiatan yang sama  di Bandung, 1 April 2017. “Teman-teman di Bandung banyak yang protes karena mereka tidak diundang dalam acara peluncuran buku ini di Jakarta,” ujar Ferry  dalam pidato sambutan di Saute Family Resto di jalan Ladoya Bandung. “Di malam ini pun belum semua teman terundang,” katanya sambil meminta maaf.

Selanjutnya,  penggemar fanatik Chrisye ini menerangkan, buku yang baru dirilisnya ’10 Tahun Setelah Chrisye Wafat, Ekspresi Kangen Penggemar’ sengaja dipersiapkan dalam memperingati 10 Tahun wafatnya Chrisye. “Hampir setiap tahun, sejak 2008  saya selalu memperingati hari wafat Chrisye. Kumpul dengan teman-teman  seperti ini,  sambil mendengarkan dan menyanyikan lagu-lagu Chrisye!”

Ferry menyebut, “penerbitan buku setebal 348 halaman ini adalah   bagian dari menghidupkan kenangan, mengisi ruang kosong yang ditinggalkan almarhum,” ungkap pria kelahiran Jakarta 16 Juni 1961 ini. 

Setelah Ferry turun dari panggung,  sahabat dekatnya, Adjie Esa Poetra, seorang seniman dan pemilik sekolah vocal, memberi sambutan atas rilisnya buku tersebut. Adjie melihat langkah yang dilakukan Ferry dalam penerbitan buku ini sebagai langkah baik dan peduli terhadap kebudayaan dan kesenian. “Meskipun intepretasinya baru melalui Chrisye, tetapi beliau telah memberi inspirasi pada masyarakat Indonesia, untuk selalu melakukan gerakan kebudayaan.” 

Menurut pandangan Adjie, Indonesia memerlukan sepuluh orang yang memiliki sikap semacam Ferry Mursyidan Baldan. “Bayangkan, jika melakukan gerakan kebudayaan secara bersama, berarti kita melakukan olah nurani. Jika seorang  tokoh nasional seperti Kang Ferry melakukan gerakan kebudayaan, berarti menularkan kepada masyarakat Indonesia untuk selalu menggunakan  nurani. “ ungkap Adjie.

Selanjutnya, Adjie mengatakan, “karena selalu menggunakan nurani, Kang Ferry selalu santai menghadapi banyak peristiwa yang datang dihidupnya. Ketika ia dicurangi dan tidak lagi menjadi anggota DPR, misalnya, ia  tetap santai wae. Ia santai dalam penampilan tetapi sangat serius  dalam berpikir.” 

Khusus untuk penerbitan buku ini, Adjie memuji penggarapannya yang serius dan lux. “Wajar kalau Kang Ferry serius mengapresiasi seorang  Chrisye, karena karya karyanya sangat berbeda dengan orang lain. Karya Chrisye sangat kontemplatif, tulus dan kalau bicara musik kreatif, ia juga mencerdaskan manusia, dan mencerdaskan  bangsa.” Lebih lebar Adjie mendoakan Ferry suatu hari bisa  menjadi Presiden Republik Indonesia. “Kalau beliau jadi presiden, Indonesia pasti lebih berbudaya. Indonesia  pasti berhati nurani. Polemiknya tidak  menghalalkan segala cara.” Ungkap Adjie yang disambut tepuk tangan riuh para undangan.

Lebih dari 50 orang hadir dalam  acara yang dikonsep dengan sederhana namun bersahaja. Ada sebuah band yang memainkan dan  menyanyikan lagu-lagu Chrisye. Beberapa tamu yang diketahui bersuara indah diundang untuk naik panggung.  Misalnya Nabila  Salma dan Anindita Dwimutia  dua keponakan Ferry sendiri atau Sabila Chaitra Janitri.  Nama yang paling buncit disebut ini adalah anak asuh dari Adjie. Dengan suara jenih dan indah, Sabila menyanyikan lagu yang pernah dipopulerkan Chrisye berjudul  ‘Sabda Alam’. “Saya  berlatih lagu ini sepanjang dua minggu,” kata Sabila yang pernah masuk TV lewat La Academia Junior dan  The Voice Kids Indonesia!” XPOSEINDONESIA/NS Foto Dudut Suhendra Putra, Muhamad Ihsan

More Picture

Last modified on Monday, 10 April 2017 09:42
Login to post comments

Music

July 13, 2013 0

Andi Auriec Menunggu Berkah ‘Sampai Mati’

Jika sekali waktu Anda berkunjung ke  Ancol Beach City...
July 27, 2013 0

Metalica Live in Jakarta

Metallica, akan manggung di Jakarta pada Minggu, 25...
July 27, 2013 0

“Best Song Ever” dari One Direction

Superstar global, One Direction merilis single terbaru...
July 29, 2013 0

Alicia Keys Manggung di Jakarta

Alicia Keys terkenal di dunia musik sebagai pelantun...