IDPFEST 2017 : Lebih Seru, Informatif dan Kompetitif

24 March 2017

Ekki Soekarno dan Indonesian Drummers (ID) untuk kedua kalinya menggelar “Indonesia Drum dan Perkusi Festival (IDPFEST) 2017” di Teater Kecil Taman Ismail Marzuki (TIM) Jakarta. Acara akan diadakan sepanujang empat hari dari 30 Maret - 2 April 2017.

 

Ekki menjanjikan kegiatan tahun ini lebih semarak dibanding tahun lalu. “Akan ada penampilan Barongsai, yang sarat dengan unsur perkusi. Mereka menggelar performance  di arena luar Teater Kecil,” ujar Ekki dalam press conference yang digelar  di Teater Kecil, 22 Maret 2017.

Penyelenggaraan (IDPFEST) 2017 akan menampilkan pameran dari berbagai hal yang menyangkut drum dan perkusi. Ada pameran sekolah musik, pameran drum juga perkusi Indonesia yang lebih lengkap,  “Antara lain ada pameran perkusi Indonesia dari Gambang Kromong, Kolintang, Gamelan Jawa, Gamelan bali, Gamelan Sunda,” ungkap Ekki.

Ekki menjelaskan, kegiatan ini juga sekaligus untuk mendata alat musik sekaligus pelaku yang berkecimpung dalam instrumen drum maupun perkusi. “Kalau drum sebetulnya sudah banyak orang kenal dan banyak yang belajar drum. Tapi untuk pengenalan perkusi Indonesia masih kurang. Mereka hanya tahu beberapa saja. Karena itu kami anggap perlu menggelar acara Bincang Wacana Perkusi Indonesia!” suami dari Soraya Haque ini menerangkan.

Selain itu, yang paling menarik dalam IDPFEST 2017 adalah diselenggarakannya dua jenis kompetisi, yakni Kompetisi Drum dan Kompetisi Kolaburasi Drum dengan Perkusi. Dalam kompetisi drum, peserta  dibagi dalam tiga klasifikasi usia, yakni Anak (usia 6-12 tahun), Remaja (13 – 20 Tahun), Dewasa (21 tahun ke atas).

Sedangkan untuk Kategori Kompetisi Kolaburasi Drum dengan Perkusi tidak ada batasan umur. “Namun persyaratan peserta yang tampil adalah minimal harus dua orang. Satu untuk pemain drum dan satu untuk perkusi!” kata Ekki

Menurut Ekki  peminat yang ingin bergabung cukup banyak. Target  awal sebetulnya hanya 20 peserta untuk anak-anak, 10 peserta untuk remaja dan 10 peserta untuk  dewasa. “Namun sampai hari ini, untuk kompetisi anak sudah terdaftar 30 lebih. Mereka tidak bisa lagi kami masukan sebagai peserta kompetisi. Tapi, kami siapkan panggung, di mana mereka bisa unjuk kebolehan.”

Para peserta  yang mengikuti kompetisi, menurut Ekki,kebanyakan datang dari luar Jakarta. “Hanya 10 persen dari Jakarta. Sementara 90 persen datang dari berbagai daerah, yakni Samarinda, Bengkulu, Riau, Yogya, Lampung, Nunukan. Dan mereka datang ke Jakarta atas biaya sendiri!” ujar Ekki. Niat besar itu, menurut Ekki, karena para peserta ingin mengeksplore kemampuan di ajang even  yang dianggap sudah bertaraf nasional.

Panitia IDPFEST sudah merancang acara dengan cermat. Misalnya, ketika para peserta kompetisi selesai naik panggung, dan juri kemudian mengadakan rapat, pada saat itulah disusun sejumlah penampilan dari cabang IDP di beberapa daerah. “Di tengah itu, kita juga akan berbagai pengetahuan tentang perkusi. Misalnya Gambang Kromong dari Betawi itu terdiri dari apa saja, Gongnya apa saja, bunyinya seperti apa,’ ujar Ekki sambil menyebut penyelenggaraan ini tidak memungut tiket alias gratis.

Dalam daftar acara, sejumlah musisi tenar dari instrumen drum dan perkusi, sudah terjadwal tampil. Misalnya, Gilang Ramadhan, Inang Noorsaid,   Keenan Nasution, Rini Asmara,  Benny Mustafa & Bintang Indarto, Teddy Sujaya, Six Balaks 3 drummer dan 3 perkusi (Rama Moektio,  Rere Grass Rock , Bounty ramadhan, Jalu G Pratidina,  Adi Prasojo, John Arief)

Bukan hanya  musik dan perkusi yang muncul dalam IDPFEST, tapi juga Fashion Show yang diiringi live performance dari Perkusi. “Acara ini digelar di hari ketiga pada pukul 19.00 WIB. Kostum yang akan ditampilkan serba bernuansa Indonesia dengan model dari Abang None Jakarta!” ujar Ekki menutup percakapan. XPOSEINDONESIA/NS Foto : Muhamdad Ihsan

More Pictures

Login to post comments

Music

July 13, 2013 0

Andi Auriec Menunggu Berkah ‘Sampai Mati’

Jika sekali waktu Anda berkunjung ke  Ancol Beach City...
July 27, 2013 0

Metalica Live in Jakarta

Metallica, akan manggung di Jakarta pada Minggu, 25...
July 27, 2013 0

“Best Song Ever” dari One Direction

Superstar global, One Direction merilis single terbaru...
July 29, 2013 0

Alicia Keys Manggung di Jakarta

Alicia Keys terkenal di dunia musik sebagai pelantun...