Parade Lagu Daerah, Indah Didengar, Indah Dilihat

14 December 2013

Taman Mini Indonesia Indah (TMII)  menggelar  Parade Lagu Daerah  tingkat Nasional 2013 (6/12). Acara  bagus ini  dibuat TMII sebagai sarana memperkenalkan karya cipta  para musisi daerah, serta memberi ruang  kreatif kepada pencipta  lagu, pemusik serta penyanyi daerah agar lebih kreatif dan lebih dapat dikenal masyarakat luas.

Acara ini  ini sekaligus juga dirancang untuk menemukan potenis  seni musik dan suara dari seluruh  penjuru provinis di Indonesia.

Para peserta yang masuk ke final antara lain adalah wakil dari Provinsi: Jawa Tengah, Papua, DKI Jakarta, Kalimantan Timur, D.I Yogyakarta,  Sumatra Utara, Sumatra Selatan, Banten, Jambi, Aceh, Lampung, Maluku, Sumatra Barat, Kalimantan Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Barat, dan Sulawesi Tengah.

Para finalis ini tampil  bukan hanya dengan lagu yang indah, namun juga dengan kostum yang semarak. Meski ada kesan modern dalam desain pakaian yang dikenakan,   namun gurat garis  desian tradisi terlihat tetap kuat.

Sayangnya,  acara bagus semacam ini kurang mendapat promosi. Andai saja bisa ditayangkan di TV swasta  dan ditayangkan secara Nasional, kita bisa mendapat tontonan yang bukan hanya baik dan indah, namun juga meningkatkan kecintaan terhadap  budaya lokal.

Dewan Juri  yang terdiri dari Prof Dr. Rahayu Supanggah, Bens leo, Elsa Sigar, Nobert W. Tun dan Djoko Gombloh menilai 17 lagu dengan beragam bahasa, sesuai asal daerah masing-masing. Dan   inilah pemenangnya:

  1. Pencipta Lagu Terbaik  dari Jawa Barat atas nama Wahyu  Roche dengan lagu berjudul “Parahyangan Lembur Urang”,
  2. Penata Musik terbaik  Hendro Novi Prabowo lewat lagu “Jawa Timurku, Jaya Luar Biasa (Jawa Timur).
  3. Penyanyi Terbaik  dari  Maluku atas nama Elsanita Tomasouw, Jacky Patirulan, Melis Gubaici
  4. Juara Umum  Maluku berhal mendapat Piagam Penghargaan dari Direktur Utama TMII dan Piala Bergilir dari Menteri Pariwisata  dan Ekonomi Kreatif RI dan mendapat uang tunai sebesar Rp 10.000.000,- XPOSEINDONESIA/Nini Sunny Foto : Yuri Rahadian/ Addo Gustaf   

More Pictures

 

 

Last modified on Sunday, 15 December 2013 01:47
Login to post comments

Music

July 13, 2013 0

Andi Auriec Menunggu Berkah ‘Sampai Mati’

Jika sekali waktu Anda berkunjung ke  Ancol Beach City...
July 27, 2013 0

Metalica Live in Jakarta

Metallica, akan manggung di Jakarta pada Minggu, 25...
July 27, 2013 0

“Best Song Ever” dari One Direction

Superstar global, One Direction merilis single terbaru...
July 29, 2013 0

Alicia Keys Manggung di Jakarta

Alicia Keys terkenal di dunia musik sebagai pelantun...