Setia Band : Loyal dengan Melayu di Album Baru

01 October 2017

Setia Band  (Charly  van Houten (vokal) dan Pepeng (gitar) merilis album baru berjudul 'Bintang Kehidupan". Video klip  dengan judul sama, sudah dipublish oleh label mereka, Trinity Optima Production di Youtube sejak 26 Januari 2017, dan mendulang view lebih dari 2 juta. 

‘Bintang Kehidupan’ sendiri sebuah lagu yang sangat popular lewat suara almarhum Nike Ardila dan diadaur ulang  Setia Band dalam melodi yang tak jauh berbeda  dengan aslinya. Charly menambahkan kesan Melayu, pada  beberapa part lagu.

“Lagu ini nggak dikemas aneh. nggak Melayu-Melayu banget. Pop aja. Paling hanya diubah sedikit-sedikit, tapi butuh meditasi ngubahnya, butuh dua bulan mikirnya" kata Charly sambil tertawa  saat ditemui di peluncuran album Bintang Kehidupan di kawasan Blok M, Jakarta Selatan, Kamis (28/9/2017). tertawa.

Ide mendaur ulang lagu "Bintang Kehidupan" muncul dari Trinity Optima Production. Baik Charly maupun Pepeng mengakui,  mendaur ulang lagu legendaris itu menjadi gampang-gampang susah. Lantaran almarhumah Nike Ardila membawakan lagu itu secara luar biasa.  “Daur ulang  terasa gampang,  karena sudah ada contohnya, Ya gampang kalau cuma sekadar nyanyi. Tapi aku pengin nyanyi yang enggak merusak nilai-nilainya, dan itu susah.”

Selain ‘Bintang Kehidupan’, album yang memuat 12 lagu  ini  memuat delapan lagu  lain yang juga pernah popular seperti 'Gerimis Mengundang' (Slam), 'Demi Waktu' (Ungu) hingga lagu 'Gugur Bunga' (Ismail Marzuki). Sisanya  lagu baru  karya Setia Band berjudul ‘KUA’  dan ‘Antara Cinta Kita Berdua’.

“Album ini memang merupakan remake lagu-lagu lama. Kita yakin Charly bisa membawakan nuansa dan karakter baru ke dalam lagu ini," kata Mhala selaku A&R dari Trinity Optima Production dalam rilis yang dibuat Trinity.

Sebagai singel pertama, Charly dan Pepep memilih lagu 'Ngumpul-Ngumpul'  yang merupakan lagu daur ulang milik produser musik NSG (Nutya Surya Gemilang). Lagu  yang aslinya bernuansa rap  itu berubah jadi  Melayu dengan tambahan lirik di beberapa bagian.

Menurut Charly lagu ini dipilih jadi andalan karena liriknya memiliki muatan sederhana dan sering ditemui oleh masyarakat. "Apalagi masyarakat sudah enggak asing lagi mendengar kata Ngumpul-ngumpul. punya duit atau enggak, yang penting kumpul," kata Charly.

Untuk peredaran alabum ini Trinity dan Setia band menggandeng Alfamidi sebagai distributor resmi untuk menjual CD album Bintang Kehidupan. "Industri musik sudah banyak berubah. Tapi, kami masih optimis ada penggemar bagi karya-karya musik anak bangsa. Itu kenapa tiap tahun, penjualan CD di gerai kami selalu mengalami peningkatan,” ungkap Pradana Suganda selaku Direktur dari PT Sinergi Karya Optima. XPOSEINDONESIA/NS Foto : Muhamad Ihsan

More Pictures

Last modified on Sunday, 01 October 2017 13:57
Login to post comments

Music

July 13, 2013 0

Andi Auriec Menunggu Berkah ‘Sampai Mati’

Jika sekali waktu Anda berkunjung ke  Ancol Beach City...
July 27, 2013 0

Metalica Live in Jakarta

Metallica, akan manggung di Jakarta pada Minggu, 25...
July 27, 2013 0

“Best Song Ever” dari One Direction

Superstar global, One Direction merilis single terbaru...
July 29, 2013 0

Alicia Keys Manggung di Jakarta

Alicia Keys terkenal di dunia musik sebagai pelantun...