Harmoni 8 : Siap Menggoyang Jepang dengan Dangdut

08 May 2017

Pada Juli 2016  Musik Hana Midori membentuk group vokal remaja bernama Harmoni 8,  terdiri dari 6 remaja perempuan dan 2 remaja  pria. Mereka rata-rata penyanyi berkualitas karena semuanya adalah pemenang sekaligus 10 besar dari seleksi Festival Lagu Anak Nusantara 2012 yang diadakan oleh Kemendikbud dengan Bens Leo sebagai Ketua Panitia. Harmoni 8 sendiri beranggotakan : Muhammad Sofyan (Adek), Jesica Reitanya (Chika), Anastasya Aleta (Aleta), Adinda Sharfina (Adinda), Ardra Putra Dwiyudha (Ardra), Nabila Mutiara Triyandari (Nabila), Moza Legitara (Moza) dan Mika Keiko (Mika). 

Dan pada Mei 2017, Yen Sinaringati  selaku Produser Eksekutif sekaligus Ibu Asuh Harmoni 8, meriliskan album  pertama  untuk mereka. Album yang musiknya digarap Roedyanto Wasito ini berisi 9 lagu yang terdengar  enak di telinga juga “danceable”,  di antaranya  bertajuk ‘Dalam Kelembutan Pagi’, ‘Sahabat’, ‘Kugapai Bintang’, ‘Kamu’, ‘Bintangku’, ‘Kala Berpisah’ (Wakaretakunai), ‘Kitto’, ‘Menggapai Waktu’ dan ‘Dangdut Asyik’ (Goyang Aw).

Pengamat  musik Bens Leo  memuji kehadiran album ini. “Terlebih karena salah satu lagu di album ini diciptakan oleh salah satu personelnya. Yaitu lagu ‘Menggapai Waktu’, ini sesuatu yang spesial, dimana untuk anak seusia itu sudah mampu mencipta lagu dan diijinkan direkam untuk industri musik nasional," ujar Bens Leo memuji kemampuan Muhammad Sofyan (Adek ).

Menurut Yen Sinaringati, konsep seluruh lagu dalam Harmoni 8  diarahkan sebagai musik pop remaja yang “danceable” dan dapat dinikmati remaja sampai dewasa. Karena itu ia beralasan sangat pas memunculkan lagu  lama  yang diaransemen ulang bertajuk  ‘Kamu’ dan ‘Dalam kelembutan Pagi’ dalam  deretan lagu-lagu yang direkam. “Ini salah satu cara menggaet pendengar dewasa,  sekaligus mengulang memori mereka yang pernah mengalami hits lagu itu, termasuk orang tua dari personil Harmoni 8!” kata Yen.

Roedyanto selaku Music Director memuji  semangat dan kemampuan menyanyi sekaligus menari dari Harmoni 8.  “Saya akui anak-anak ini sangat hebat.  Untuk rekaman, dalam satu sift  mereka bisa  rekaman tuntas dua lagu. Yang di luar ekspektasi saya, mereka juga bisa menyanyi acapela ketika tampil show di kabin pesawat Citilink saat penerbangan Jakarta-Denpasar. Saya bisa bilang mereka produk unggulan. Semoga  ke depan, kemampuan yang seperti mereka  ini bisa menjadi standard untuk anak-anak remaja  yang ingin masuk recording maupun  terjun di dunia live show.”

Sebagai sebuah kelompok vocal, Harmoni 8 beruntung  dipertemukan dengan ibu asuh mereka Yen Sinaringati. Nama inilah yang gigih dan terus ‘berdarah-darah’ dalam menkonsep dan mengawal  kelompok vocal ini. Yen pula yang gigih mengatur latihan, mencari kostum dan terus menerus mempromosikan keberadaan penyanyi remaja ini.  Dari tahun 2016-2017  lebih dari 15 panggung nyanyi dibukakan Yen untuk anak-anak ini.  “Kami mencarikan panggung  di berbagai tempat. Dari mal, kabin pesawat Citilink hingga pentas internasional sekelas Java Jazz!” katanya.  “Kalau tidak begitu, sayang potensi mereka tidak dimanfaatkan terlebih usia mereka terus bergerak!”

Khusus untuk album baru Harmoni 8, Yen juga merencanakan promo album ini  bisa hingga ke Jepang. Kebetulan dalam album ini termuat lagu berbahasa  Jepang berjudul ‘Kitto ‘yang ditulis Yen bersama Mayumi, sahabatnya. Mendengar rencana itu,  Adek sebagai komandan dari kelompok vocal ini  langsung berujar, “Kami   siap diberangkatkan ke mana pun. Kami berharap publik di Jepang bisa menerimanya lagu kami.  Kami akan menggoyang Jepang dengan membawakan lagu berirama dangdut progresif,”  ucap Adek sambil menyebut  “Goyang Aw”  sebagai lagu dangdut jagoannya di album ini. XPOSEINDONESIA/NS Foto : Muhamad Ihsan


 

Media

Harmoni 8 - Dalam Kelembutan Pagi
Last modified on Monday, 08 May 2017 10:16
Login to post comments

Music

July 13, 2013 0

Andi Auriec Menunggu Berkah ‘Sampai Mati’

Jika sekali waktu Anda berkunjung ke  Ancol Beach City...
July 27, 2013 0

Metalica Live in Jakarta

Metallica, akan manggung di Jakarta pada Minggu, 25...
July 27, 2013 0

“Best Song Ever” dari One Direction

Superstar global, One Direction merilis single terbaru...
July 29, 2013 0

Alicia Keys Manggung di Jakarta

Alicia Keys terkenal di dunia musik sebagai pelantun...