Lenovo Smartphone: Meningkatkan Kemampuan Developer Lewat Dicoding Academy

18 October 2016

Untuk mendukung pengembangan TheaterMax dengan teknologi virtual reality, Lenovo menggandeng platform pengembang lokal Dicoding untuk menatar para pengembang (developer) di Indonesia. Mendukung program tersebut, Lenovo mengemas pemberian  beasiswa senilai Rp. 100.000.000,- yang disalurkan untuk meningkatkan kemampuan 500 orang developer yang tergabung dalam Dicoding Academy.

Latar belakang program ini karena mereka cukup paham bahwa berhasil tidaknya pemanfaatan sebuah teknologi, khususnya teknologi smartphone. Semuanya tergantung pada kerjasama antara industri, perusahaan, pembuat aplikasi dan konsumen. Salah satu mekanisme untuk membangun sinergi tersebut adalah melalui peningkatan kapasitas dan keterampilan para pengembang lokal melalui program pendidikan yang tepat guna.

Lenovo bekerja sama dengan Dicoding, sebuah platform yang saat ini telah beranggotakan lebih dari 35,000 orang developer, untuk menatar para developer Indonesia dalam membangun aplikasi dan games Android yang menggunakan teknologi virtual reality (VR) seperti Lenovo VIBE K4 Note dan Lenovo VIBE K5 Plus.

"Kami sangat antusias dengan kolaborasi Lenovo-Dicoding pada beasiswa Program Pendidikan Lenovo karena sekali lagi menegaskan komitmen kami untuk membantu mengembangkan industri digital lokal yang kuat," tutur Adrie R Suhadi, Country Lead, Smartphone Division, Mobile Business Group, Lenovo Indonesia.

Setiap peserta dari masing-masing kelas, mendapat kesempatan untuk mempelajari materi pemrograman melalui sesi ulasan aplikasi bersama para pelatih Dicoding Academy. Kelulusan peserta ditentukan oleh kualitas kode yang di-submit sebagai bagian dari tugas akhir mereka. Seluruh kode yang masuk dinilai secara manual, langsung oleh tim yang expert di bidang tersebut.

Adapun kelas yang ditawarkan Dicoding Academy melalui Program Pendidikan Lenovo adalah:

-  Belajar Membangun Game Android HTML 5

-  Belajar Membangun Game Multi-Platform

-  Belajar Membangun Aplikasi Android Native Bagian I

-  Belajar Membangun Aplikasi Android Native Bagian II

Dalam kesempatan yang sama Adrie R Suhadi menambahkan bahwa  Lenovo telah memproduksi secara lokal semua smartphone Lenovo yang ditawarkan di Indonesia. Harapannya bahwa semakin banyak VR aplikasi dan game yang dikembangkan secara lokal, konsumen pun akhirnya dapat menggunakan aplikasi dan game smartphone lokal seri Lenovo VR mereka. XPOSEINDONESIA/AM.

More Pictures



 

 

 

 

 

 

 

 

 

Last modified on Thursday, 20 October 2016 07:39
Login to post comments