Tenun Anna Mariana Diapresiasi Anies - Sandi

17 December 2017

Designer tenun dan songket Anna Mariana bernafas lega dan melepas senyum bahagia. Karyanya tenun berupa  cukin dan selendang diberikan khusus untuk dikenakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno beserta istri masing-masing, Fery Farhati dan Nur Asia  di tengah pemberian gelar adat 'Abang dan Mpok' dari Badan Musyawarah Betawi (Bamus) Sabtu 16/12. Acara penganugerahan itu digelar di Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan di tengah acara Festival Silat Tradisi Betawi.

 

“Alhamdulillah, akhirnya acara berjalan lancar ya! Padahal tadi sempat deg degan, karena acaranya di  out door  dan hujan turun dari sebelum magrib!” ungkap Anna.  Karya yang menjadi  pusat perhatian malam itu, adalah selembar cukin tenun Betawi  (selendang yang disematkan dipundak pria)  yang diserahkan kepada Abang Anies dan Abang Sandi.  Dan selembar selendang untuk dikenakan Mpok Fery Farhati dan Mpok Nur Asia . “Cukin dan kerudung warna hijau tua terbuat dari tenun jenis katun sutra Ende dengan motif  Monas dan Ondel-ondel ,” ungkap Anna Mariana yang sepanjang dua tahun terakhir ini, melahirkan dan mengembangkan  tenun dan songket Betawi, yang tak pernah ada di tanah Betawi. 

Usai acara  penganugerahan gelar adat, dihadapan wartawan Anies sangat mengapresiasi kerja Bamus yang memiliki ide membuat acara penganugerahan gelar adat Betawi.  “Selama ini Bamus menjadi garda terdepan di dalam menjaga, melestarikan dan mengembangkan budaya Betawi. Dan malam hari ini saya, Bang Sandi  dan isteri kami mendapat gelar Abang dan Mpok. Insya Allah kita akan terus bekerja sama. Banyak aspirasi aspirasi yang  disampaikan Insya Allah kita akan bahas semuanya. Supaya kita bisa mengembangkannya lebih jauh,” ungkap Anies kepada wartawan.

Sementara itu, Sandi menyebut Cukin yang baru diperoleh dalam anugerah adat ini sebagai karya yang keren.  “Saya baru tahu ada tenun khas di Betawi. Ini keren. Ini  dibuat oleh Ibu Anna Mariana!”  Dan Anies menyambung,  “Kita akan mempromosikan secara terus menerus kerja kreatif semacam ini.  Ini salah satu  bentuk pengembangan budaya Betawi  yang akan selalu kita dorong. Sebagai catatan, sejak dari masa kampanye pun salah satu janji kita adalah tentang pengembangan budaya Betawi, jadi memang  sejalan dan kita akan laksanakan bersama-sama.”

Anna Mariana menyebut karyanya malam itu memang  sengaja dibuat  khusus untuk Gubernur DKI Jakarta dan Wakil Gubernur DKI Jakarta beserta istri masing-masing. “Saya berharap  pemimpin  tertinggi Jakarta ini mau  dan terus mensupport, memperkenalkan dan mempromosikan keberadaan tenun dan songket Betawi.  Bersama Bamus, kami berencana mengembangkan pelatihan pengerajin tenun dan songket   di Setu Babakan,  agar  bisa terus lahir para pengerajin handal yang akan mengembangkan ini menjadi bagian  dari budaya tradisonal Betawi atau Jakarta.” tutur Anna Mariana. XPOSEINDONESIA/NS Foto : Dudut Suhendra Putra dan Muhamad Ihsan


More Pictures

Last modified on Sunday, 17 December 2017 10:13
Login to post comments