Pekan Museum Tekstil 2015 : Pameran Ragam Songket Nusantara

19 August 2015

Pekan Museum Tekstil  (PMT) merupakan agenda tahunan  yang diselenggarakan di Museum Tekstil Jakarta,  yang saat ini berada di bawah managemen Unit Pengelola Museum Seni  Jakarta, menyatu dengan Museum Wayang dan Museum Seni Rupa & Keramik di kota tua Jakarta.

 


Tahun 2015 ini,  PMT mengangkat pameran unggulan bertajuk  Ragam Songket Nusantara & Tradisi Tenun Serupa” atau “ Indonesian Songket & Similar Weaving Traditions”. Sejumlah acara disusun antara lain: pameran kain tenun, peluncuran buku berjudul  “Floating Threads” ditulis Judi Achjadi diterbitkan Sriwijaya Pustaka Indonesia”, Bazar Wastra & buku,  Diskusi Tenun, Workshop Tenun Dasar dan membatik gratis, serta pentas kesenian dan musik.

Kegiatan ini  sengaja dibuat dengan tujuan agar bisa meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap keberadaan Museum Tekstil, sekaligus memberikan semangat kepada para pelaku di bidang wastra tenun (penenun, perancang mode, dan lain-lain) , agar lebih giat berkarya, memotivasi masyarakat luas untuk turut mendukung pelestarian dan pengembangan tenun Indonesia. Di samping itu, ajang ini diproyeksikan dapat m eningkatkan apresiasi masyarakat agat mau mengunjungi museum

Pameran menyajikan Tenun Songket Unggulan dan teknis serupa Nusantara koleksi Museum Tekstil, Museum Nasional, beberapa Museum Provinsi di Indonesia dan para kolektor tenun (Okke Hatta Rajasa, Georges Breguet dll).

Pameran berlangsung mulai 19 Agustus - 20 September 2015 bertempat di Gedung Utama Museum Tekstil.  Pembukaan pameran dilaksanakan Rabu 19 Agustus 2015 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI  Anies Baswedan, dihadiri Kepala Dinas Pariwisata & Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta Purba Hutapea, kolektor, pemerhati dan pencinta kain, akademisi, perancang busana dan sahabat museum. Pembukaan pameran juga disemarakkan dengan medley tari daerah : Gending Sriwijaya dan Tari Melayu.

Dalam upaya meningkatkan apresiasi publik untuk lebih mengenal koleksi yang dipamerkan, diselenggarakan beberapa kegiatan edukasi budaya :

1. Bincang Tenun pada hari Sabtu tanggal 22 Agustus 2015 pukul 10.00 s/d selesai;
2. Workshop tenun dan batik gratis bagi pelajar mulai tanggal 20 – 22 Agustus 2015;
3. Bazar produk tenun, buku dan kriya wastra lainnya.

Jadwal buka Museum Tekstil setiap hari kecuali Senin & libur nasional dari  pukul 09.00 - 15.00 WIB Tertarik ? Harga tiket masuk :  Dewasa Rp 5.000,- , Mahasiswa Rp 3.000,-, Pelajar Rp 2.000,- XPOSEINDONESIA Foto : Dok.

More Pictures

Last modified on Tuesday, 25 August 2015 10:33
Login to post comments