ACI mulai Syuting Di Makassar

12 December 2017

Film drama percintaan bernuansa religi  berjudul  Assalamualaikum Calon Imam (ACI) yang diadaptasi dari whattpad dan novel karya Ima Madaniah memasuki proses syuting yang mengambil lokasi di Makassar. Santi Muzhar, selaku produser film dari rumah produksi Prized Productions Film menyebut ACI pantas dibuat, “Lantaran  sebelum jadi novel, versi whattpadnya sudah dibaca 3,7 juta orang,” ujarnya anthusias pada Muhammad Ihsan  dari XPOSEINDONESIA di Makassar.

Film ACI  berkisah tentang cinta. Tapi bukan cinta buta. Ini cinta yang semata karena Allah. Semua keputusan diambil demi ridha Allah. Fisya dan Alif adalah contoh sepasang kekasih yang cintanya tumbuh seiring waktu karena meyakini bahwa Allah akan membukakan jalan bagi mereka yang yakin.

“Kalau melihat animo pembaca  wattpad sudah sebanyak ini, sangat layak untuk difilmkan. Ceritanya bagus dan lengkap.  Ada percintaan, ada nuansa religi, ada kemasan komedi juga. Dan mudah-mudahan bisa jadi keren,” ungkap Santi yang menyebut dalam ACI  termuat unsur edukasi di bidang kedokteran. “Setidaknya selain bisa jadi tontonan menghibur,  film ini juga memuat unsur edukasi. Meski ACI tidak kami buat untuk menggurui,” kata Santi.

Alasan Makassar dipilih sebagai lokasi syuting menurut  Santi karena  daerah ini memiliki potensi amat besar baik sumber daya manusia maupun sumber daya alam. “Dan pangsa pasar film religi juga besar di sini!” tutur Santi yang  juga menyebut mendapat bantuan pula dari Pemerintah Daerah. “Hubungan kami  luar biasa. Kita sampai dapat pemakaian Rumah sakit besar, juga karena bantuan Pemda. Kalau syuting di tempat lain mungkin susah ya,  banyak orang lalu lalang. Jadi bantuannnya luar biasa. Beberapa pemain Makassar termasuk Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo ikut main sebagai cameo,” kata Santi.

Findo Purwono yang ditunjuk sebagai sutradara,  menyebut akan menggarap film  ACI dengan tidak lari terlalu jauh  dari whattpad maupun  novelnya.  “Apalagi versi novel sudah punya fans. Kita sangat hati-hati sekali dalam mengembangkan skernario. Karena biar bagaimanapun, mereka ingin film dari novel yang dicintainya tidak begitu jauh larinya. Tapi kami akan coba padatkan cerita dan mengembangkan  bagian-bagian tertentu!”

Tercatat sebagai pemain  film ini antara lain Natasha Rizki, Miller Khan, Andi Arsyil, Leroy Osmani, Rheina Ipeh, Hessel Steven, Defwita Zumara, Merdi Octavia.

Sang sutradara, Findo memutuskan pemeran wanita, wajib sudah berhijab.  Dan Natasya  dinilai sudah cukup berpengalaman. “Inti sebagai sutradara bagaimana saya memoles  acting para pemain, agar  dramatik  cerita bisa keluar dari acting mereka.  Jadi bukan hanya cantik atau ganteng, tapi juga  harus punya inner beauty, inner acting juga harus kelihatan smart-nya!” kata Findo.

Natasya Rizky yang dipercaya sebagai  Fisya dan menjadi pelakon utama   mengaku tertarik bermain dalam film ini  karena bernuansa drama religi, “Setelah aku baca skripnya, aku merasa ini bagus sekali,” kata Natasya.

Menurut Natasya, film ini berkisah tentang seorang cewek yang menyukai sama cowok tapi   bertepuk sebelah tangan. Akhirnya dia menemukan cinta  yang lain. “Film ini bukan menggambarkan pacar atau pasangan saja,  tapi juga membicarakan cinta  kepada orang tua karena Allah. Ini menarik. Karena biasanya drama religi itu biasanya selalu berhubungan dengan  pasangan aja!”

Sementara Miller  Khan  (Alif) mengaku tertarik bergabung  dalam film ini memang  karena cerita yang meledak di whattpad dan novel. “Setelah baca sinopsisnya saya merasa makin tertarik lagi Karena saya menemukan drama religi  di sini berbeda pada umumnya. Ada komedinya namun dramanya tetap kuat.

Miller yang berdiam di Makasssar untuk syuting sepanjang lima hari mengaku menghadapi cukup banyak tantangan saat menjalani syuting. “Gue kan bukan dokter, harus berperan sebagai dokter. Dan karakter tokoh utama yang  wise juga bijaksana itu sangat berbeda dengan keseharian saya yang pecicilan!”

Lantas bagaimana kisah Alif dan Fisya dalam film? Sabar. Syuting baru saja dimulai. Rencana tayangnya  tentu akan dibuka tahun depan, ya. XPOSEINDONESIA/NS Foto Muhamad Ihsan

More Pictures

Last modified on Tuesday, 12 December 2017 04:11
Login to post comments