Muthia Yufada Rindu Peran Kecil & Berjuang Bikin Road Movie di Musi Banyuasin

17 June 2017

Muthia Yufada isteri  dari Dodi Reza Alex Nurdin, Bupati Musi Banyuasin (Muba) Sumatera Selatan terlihat  bersama rombongan Indonesian Movie Week (IMW) yang diselenggarakan di Zagreb  dan Split Kroasia, 2-7 Juni 2017. “Saya  ikut serta bersama rombongan film ‘Gending Sriwijaya,” ungkap Thia dalam sebuah pertemuan di sebuah café yang bersebelahan dengan  bioskop Kino Tuscanac, di Zagreb, Kroasia, tempat penyelenggaraan  acara IMW. Film ‘Gending Sriwijaya’ yang disutradarai Hanung Bramantyo diketahui merupakan  hasil kerja Putar Film Production bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan pada  2013 dan Thia muncul beberapa saat di dalam film tersebut.

Thia yang pernah berkarir sebagai jurnalis di Metro TV, satu angkatan  dengan Najwa Shihab ini, mengaku sudah  dua kali  terlibat dalam pembuatan film yang mengangkat tema tentang Sumatra Selatan. “Satu film Sumsel yang lain adalah  ‘Pengejar Angin’. Saya munculnya juga tidak banyak sih,” ungkap Thia tentang film produksi 2011 yang  disutradarai Hanung Bramantyo.

Ia  mengaku senang bersosialisasi dengan orang-orang dari dunia kerja film. Thia suka dengan semangat  dan jatuh cinta dengan komunitas film. “ Karena itu, saya  selalu berusaha mendekatkan diri dengan komunitas ini. Kalau ada kesempatan, saya minta pada teman-teman  untuk main. Meskipun hanya sebagai cameo. Eh, sebutan cameo itu untuk actor yang sudah punya nama ya. Pokoknya main hanya muncul beberapa saat!” ujarnya meluruskan pemakian istilah cameo.

Berharap mendapat peran, meskipun tidak banyak itu karena Thia sadar dirinya  memang bukan sebagai actor, “Tentu  saya nggak bisa main-main. Kalau mau  nyemplung sungguhan di sini. Saya harus betul betul menggali, ikut sanggar dan belajar yang betul, lewat sekolah acting misalnya. Saya  sadar, terlebih melihat posisi saya sekarang sebagai seorang ibu dan isteri, saya tidak punya kapabilitas sebesar itu. Tapi  saya  tetap ingin ada di situ! Mungkin karena saya kangen kamera kali ya,” ujarnya tergelak.

“Namun, peran  untuk film meskipun kecil,  tetap  tidak bisa bertolak belakang dengan citra sebagai isteri dan ibu, terlebih dengan posisi  suami saya yang bekerja untuk pemerintah daerah. Ini tetap harus dihormati!” ujarnya tegas.

Sebagai isteri seorang Bupati,  kegiatan Thia  sendiri terhitung padat.  Ia bertindak sebagai menjadi ketua Tim Penggerak Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (TP  PKK) di Muba. “Buat saya perjalanan tahun 2017 ini  relatif lebih nyaman. Karena saya sudah semakin kenal lapangan, kenal permasalahan juga issue2nya. Jadi tinggal tanjap gas,’ tutur Thia sambil menyebut Festival Sriwijaya, Muba Expo dan Festival Randik akan menjadi event besar di tahun 2017 yang melibatkan partisipasi Muba. “Namun “target utama kita, tentunya Muba  harus berparitisapi sebesar besarnya dan mengambil  manfaat dari pelaksanaan Asian Games tahun 2018.”

Sebagai  Ketua TP PKK, Thia menyebut pemberdayaan perempuan di Muba berlangsung dengan baik. “Sebagian besar produk-produk hasil Muba dikerjakan perempuan, misalnya kerupuk kemplang,  tenun, ikan salai. Semua itu yang bikin perempuan," ungkapnya bersemangat.

Thia pun berinisiatif  meningkatkan kualitas dan target PKK di Muba dengan menjalin kerja sama dengan IWAPI  Jakarta yang akan membuka program perempuan di  tingkat ASEAN. “Di  ASEAN ada program untuk perempuan seperti women empowerment, mereka melakukan peningkatan dan pemberdayaan  produk atau program yang dilakukan oleh perempuan di daerah-daerah.  Saya ingin Muba terlibat  di dalam program ASEAN itu!” ujar Thia yang berputra dua orang.

Meski sibuk menggerakkan kemajuan kaum perempuan di daerahnya, ketika disinggung tentang kemungkinan untuk  memproduksi film sendiri, Thia mengaku tertarik.  “Saya ingin membuat film jenis roadmovie. Konsep ceritanya sudah ada, tinggal menunggu kesempatan dan dana!” ungkap perempuan cantik 42 tahun  yang terlihat muncul di film ‘Kalam Kalam Langit’. XPOSEINDONESIA/Nini Sunny dari Zagreb. Foto; Herman Wijaya dan NS

More Pictures

Last modified on Saturday, 17 June 2017 02:48
Login to post comments