Mendikbud Sambut Baik Film Kartini

04 June 2015

Produser Robert Ronny  (Legacy Pictures) dan sutradara Hanung Bramantyo (Dapur Film) berkolaborasi menggarap film "Kartini". Film ini dirancang beredar pada hari Kartini, 2016.

"Kartini adalah pahlawan pendidikan. Ia bukan musuh nyata seperti  halnya Cut Nyak Dien, tapi kesetaraan gender dan perlawanan terhadap kebodohan," ungkap  Hanung,  saat diselenggarakan diskusi Kartini dan Bangsa yang Mandiri di kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, Senin (1/6).

Acara diskusi tersebut juga dihadiri  Anies Bawesdan (Menteri Pendidikan dan Kebudayaan),   Hadi Prayitno (Perwakilan Pihak Keluarga RA Kartini),  Robert Ronny (Produser), Meutya Hafid (Anggota DPR Komisi VI)

Sementara itu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan menyambut baik pembuatan film Kartini. Anies berharap, film ini tak hanya jadi tontonan biasa. Tapi juga memberi pesan positif dan inspirasi bagi setiap orang yang menyaksikan.

Menurut Anies, banyak film yang mengisahkan tentang masa lalu dan kadang memberi pesan tidak relevan dengan hari ini. “Seperti ada film zaman dulu yang memberi pesan untuk tidak menggunakan kekerasan. Padahal kekerasan di jaman itu wajar, bagian dari bentuk perlawanan," ujar Anies.

 "Saya berharap pesan yang terkandung di film Kartini sesuai eranya. Selain itu kembali mendorong penggunaan kekuatan kata-kata yang memiliki dampak dahsyat, dan yang terakhir Indonesia adalah negara Bhineka, Kartini diharapkan bisa dinikmati oleh semua masyarakat," tutur Anies Baswedan.

Selanjutnya, Anies memberi kebebasan pada Hanung untuk menuangkan pemikiran ke dalam film. Dengan tetap berharap, film ini mengedepankan nilai-nilai otentik sejarah.

"Perjalanan hidup Kartini bisa menjadi pelajaran menarik bagi generasi kini," kata Anies. Seperti kita tahu, Kartini wafat di usia 25 tahun. Sepanjang hidupnya, ia memiliki pikiran dan gagasan yang menurut Anies, “melampaui berbagai era hingga sekarang," kata Anies.

Sementara itu, menurut Hanung, film Kartini masih dalam proses penulisan naskah. Dan syuting  film baru akan dimulai pada bulan Desember 2015 di Jawa tengah dengan bintang utama  Dian Sastrowardoyo.

Menurut Hanung,  ia akan membangun rumah Kartini di masa itu. “Saat ini rumah asli masih ada tapi sudah banyak berubah dan nggak mungkin untuk dirombak," ujar Hanung Bramantyo. XPOSEINDONESIA/NS  Foto Dudut Suhendra Putra

More Pictures



 

Last modified on Thursday, 04 June 2015 06:00
Login to post comments