Film Zeta : Zombie Pertama di Indonesia.

12 May 2018

Ini film tentang zombie yang sangat berbeda dari film sejenis  yang mulai banyak dibuat di Indonesia. Zombie di film ini dibuat berdasarkan riset mendalam yang  diproduksi oleh Swan Studio, di bawah komando Syaiful Wathan (Catatan Akhir Sekolah (2005) hingga film Make Money (2012).

 

Penulisan cerita yang dilakukan sendiri oleh sang sutradara perempuan bernama Amanda Iswan, (biasa dipanggil  Mandy),  didahului dengan riset   mendalam tentang asal muasal timbul dan berkembangnya Zombie yang bisa menjangkiti manusia. Mulai dari asal muasal penyakit, cara hidup amoeba parasitnya, sampai cara penyakit itu menjangkiti manusia.

"Semua berbasis ilmu pengetahuan, kemudian saya selaraskan dalam drama aksi, yang membuat pesan ceritanya bisa sampai ke penontonnya," ujar Mandy di Plaza Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (11/5/2018). Pada akhirnya konsep ini menghasilkan Zeta berbeda dengan film Zombie kebanyakan.

"Di Indonesia emang udah mulai banyak film-film bertema zombie, tapi Zeta beda karena menggunakan research. Penyakit zombienya jelas. Mulai cara dia menjangkiti manusia, sampe bagaimana orang orang bisa terinfeksi (zombie) dan bergerak," ujar lulusan Quinnipiac University, School of Communications Hamden, Connecticut AS dengan major Film, Video and Interactive Media (2012-2015)

Film Zeta bercerita tentang seorang remaja bernama Deon (Jeff Smith) dan ibu kandungnya, Isma (Cut Mini), yang terjebak di sebuah apartemen. Sementara di luar apartemen, wabah zombie tengah menjangkit manusia.

Zeta dibintangi oleh Dimas Aditya, Cut Mini Theo, Jeff Smith, Edo Borne, Willem Bevers, Joshua Pandelaki dan lainnya.

Meski bertema tentang Zombie, Mandy mengaku tetap menyisipkan pesan, tanpa berpretensi menggurui penonton.  "Semua manusia punya ego, tapi hati hati. Don’t let that ego blinds you from seeing what really needs to be done in a certain situation. Misal, ibu berantem sama anaknya. Terrus tiba tiba si ibu sakit parah. Tapi sang anak menolak untuk ngurus ibunya, karena egonya yang masih marah dan ngga bisa maafin," terang Mandy.

Referensi film Zeta  sendiri diakui Mandy  tetap datang dari sejumlah film Hollywood.  "Salah satu inspirasinya dari serial The Walking Dead. Walaupun settingnya tentang zombie apocalypse. Meski demikian masalah utamanya tetep dateng dari konflik manusianya sendiri," katanya.
 
Dengan kedalaman riset yang baik, sehingga menghasilkan cerita yang baik pula, dan penyutradaraan yang pas, serta dukungan pemain yang total, Mandy berkeyakinan, film Zeta  menjadi film thriller pertama di Indonesia tentang “monster”.

"Biasanya kalau di Indonesia, film bertema serius seperti ini genrenya drama-komedi. Tapi kalau Zeta itu thriller dengan sedikit bumbu scifi," pungkas Mandy. XPOSEINDONESIA Foto Dudut Suhendra Putra

More Pictures

Login to post comments

Film

September 26, 2018 0

‘Something in Between’ Drama Percintaan Penuh Teka Teki

“Bagaimana mungkin sesuatu yang tidak pernah kita alami,...
September 24, 2018 0

Aruna dan Lidahnya: Makanan lezat dan Obrolan Bermutu

Film ‘Aruna dan Lidahnya’  yang disutradarai Edwin adalah...
September 14, 2018 0

Liku Liku Wujudkan Cinta Masa Remaja dalam Film Belok Kanan Barcelona

Starvision kembali merilis film dengan tema percintaan...
September 4, 2018 0

Della Perez Gantikan Mendiang Jupe di Film Jejak Cinta.

Rumah produksi Trazz Production dan Scene Film menggelar...